0
10 Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh paling utama - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh paling utama, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh paling utama
link : 10 Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh paling utama

Baca juga


10 Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh paling utama

ads disini
ads disini

Manfaat buah salak - Buah salak salah satu buah musiman yang ada di indonesia,Keberadaan buah ini cukup mudah kita temukan di mana saja,Apa lagi jika sedang musim panen buah nya.Buah dengan nama ilmiah Salacca zalacca memiliki banyak varian dari salak pondoh,salak gula,salak bali dan masih banyak jenis lain nya.Pada umum nya yang membedakan hanyalah ukuran serta rasa buah nya.

Pohon salak bentuknya merumpun dengan duri-duri tajam dibagian batang nya,Jika memanen nya kita harus hati-hati karena duri tajam pada batang nya bisa melukai tangan,Pada musim panen yang berlimpah kebanyakan para petani mengolah buah salak menjadi berbagai olahan,dari manisan salak,sirup buah salak,keripik salak hingga kopi biji salak,Semua dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomi buah salak tersebut.

Manfaat buah salak untuk kesehatan


Terlepas dari itu semua itu buah salak rupanya banyak diminati masyarakat indonesia selain murah meriah juga manfaat nya yang tinggi,yang mana buah salak ini kerap dijadikan sebagai menu pencuci mulut setelah makan,Buah salak yang rasa nya manis serta tekstur daging nya yang renyah mengindikasikan jika buah ini kaya kan serat.sebagai mana telah dijelaskan pada tulisan sebelum nya jika serat memiliki banyak fungsi untuk tubuh manusia salah satu nya untuk kesehatan pencernaan.

Buah salak juga mengandung banyak vitamin dan mineral lain nya yang dibutuhkan tubuh,Diantara nya Air 86.4 g,Energi 368 Kcal,Protein 0.8 g,Total lemak (lipid) 0.4 g,Karbohidrat 12.1 g,Serat 0.3 g,Kalsium, Ca 38 mg,Besi, Fe 3.9 mg,Fosfor, P 18 mg,Vitamin B2 (Riboflavin) 0.2 mg,Vitamin C (asam askorbat) 8.4 mg .

Dan ada juga manfaat buah salak lain nya secara spesifik untuk tubuh dilihat dari mineral dan vitamin yang ada di dalam nya.Simak ulasan nya dibawah ini.

Manfaat buah salak untuk kesehatan

1. Menjaga stamina tubuh
Rasa manis pada buah salak yang khas merupakan sumber energi alami untuk tubuh yang bisa kita peroleh,Vitamin A yang ada lalu besinergi di dalam tubuh menyebabkan reaksi inflamasi terhadap kadar gula dalam tubuh dan mengubah nya menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

2. Menjaga fungsi mata
Buah salak,bagi sebagian orang dianggap memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata,yang mana beta-karoten pada buah salak baik untuk kesehatan mata,sama halnya pada buah wortel.Beta-karoten sejenis pigmen warna yang dihasilkan oleh buah yang biasa nya berwarna kuning,orange dan merah secara alami.

3. Menjaga kesehatan pencernaan
Salak memang baik untuk tubuh karena memiliki banyak kandungan nutrisi di dalam buah nya,Selain itu senyawa tanin yang dihasilkan oleh buah salak memiliki peran penting untuk organ pencernaan kita,Senyawa tanin ialah senyawa yang memiliki rasa pahit,kelat dan sepat yang biasa dihasilkan oleh buah atau sayur.yang berguna untuk mencegah gangguan pencernaan seperti diare.

4. Obat kekebalan tubuh
Manfaat lain nya dari buah salak ialah untuk kekebalan tubuh,dimana buah salak ini kaya akan vitamin C dan vitamin B2,sebagaimana kedua vitamin tersebut memiliki unsur antioksidan alami yang berpengaruh terhadap sistem imun tubuh manusia,Sehingga tubuh akan lebih kuat dan kebal dari berbagai penyakit.

5. Meningkatkan fungsi kognitif
Karena nilai gizi dan nutrisi buah salak yang cukup tinggi,maka buah salak mampu menjaga fungsi kognitif pada manusia yang diantara nya meningkatkan memori dan daya ingat jangka pendek.Buah salak juga baik dikonsumsi anak-anak untuk meningkatkan daya ingat mereka.

6. Mengontrol gula darah
Selain buah nya diketahui pula kulit buah salak mampu mempercepat proses regenerasi sel di dalam pankreas yang membantu mengontrol gula dan mencegah diabetes.Selain itu di dalam kulit buah salak ditemukan juga senyawa berjenis pterostilbene yang berperan sebagai antioksidan alami yang mempercepat proses penurunan gula darah,Keuntungan yang bisa anda peroleh jika mengkonsumsi buah salak ini sebagai media untuk diet menurunkan kadar gula darah tubuh.

7. Mencegah radikal bebas
Yang mana manfaat yang tertulis diatas,Buah salak juga memiliki peran penting sebagai antioksidan yang dibutuhkan tubuh,Komposisi vitamin dan mineral di dalam nya seperti Vitamin C dan B hingga kalsium dan zat besi merupakan faktor pembentuk antioksidan dalam tubuh manusia,Yang mana antioksidan tersebut mampu mencegah radikal bebas dari luar yang berusaha merusak jaringan sel di dalam tubuh.

8. Menyehatkan kulit tubuh
Ada lagi manfaat lain nya yang baik untuk tubuh kita,Rutin mengkonsumsi buah salak segar mampu memproduksi kolagen yang dibutuhkan kulit dari dalam serta mampu meregenerasi sel kulit agar tetap sehat.Proses ini biasa disebut dengan pencegahan penuaan dini.

9. Mencegah kanker
Buah dengan kulit bersisik ini diketahui kaya akan antioksidan yang tinggi,Sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh,Serta kaya serat dan zat besi,Keseluruhan mineral tersebut kemudian bersinergi di dalam tubuh menciptakan proses imunitas alami yang solid sehingga tubuh lebih kuat dan kebal dari radikal bebas yang mampu merusak sistem kekebalan tubuh yang memicu resiko terjadinya pertumbuhan sel kanker.Maka mengkonsumsi buah salak secara teratur dan rutin baik untuk pencegahan penyakit kanker secara alami.

10 . Pencegah anemia
Penyakit anemia merupakan penyakit yang kerap muncul dengan gejala pusing,mual hingga kurang stamina,Sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas tidak bertenaga,Untuk mencegah nya,Kita bisa memperbanyak asupan makanan yang kaya zat besi,Contoh nya pada buah salak ini.Selain itu mineral kalium yang terdapat pada buah salak mampu mempercepat penyerapan zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Buah salak memang banyak mengandung vitamin sama hal nya dengan buah lain nya,Kombinasi makanan yang bergizi sangat disarankan karena mengkonsumsi makanan bergizi mampu memperbaiki sistem kesehatan tubuh kita.Sekian manfaat buah salak untuk kesehatan diatas kali ini.semoga mampu memberikan informasi dan wawasan untuk kita semua.

Baca juga : Mengenal buah rukam dan 7 manfaat nya untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top