0
8 Manfaat buah markisa bagi kesehatan ibu hamil Jangan dilewatkan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 8 Manfaat buah markisa bagi kesehatan ibu hamil Jangan dilewatkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 8 Manfaat buah markisa bagi kesehatan ibu hamil Jangan dilewatkan
link : 8 Manfaat buah markisa bagi kesehatan ibu hamil Jangan dilewatkan

Baca juga


8 Manfaat buah markisa bagi kesehatan ibu hamil Jangan dilewatkan

ads disini
ads disini

Manfaat buah markisa - Terbayang di pikiran kita rasa buah markisa yang satu ini,Buah dengan bentuk bulat dengan warna kulit yang beragam jika sudah matang,buah markisa ada yang berwarna kuning terang hingga ungu tua bintik hitam.Kedua jenis buah markisa tersebut memiliki rasa asam yang segar sedikit manis.Namun untuk buah markisa yang berwarna ungu cenderung lebih manis sedikit dibanding buah markisa kuning.Buah markisa berwarna ungu juga banyak tumbuh di dataran tinggi.

Tumbuhan tropis yang satu ini,tumbuhnya merambat,Biasa nya membutuhkan media untuk tumpuan nya,seperti di batang pohon serta tanaman tegak yang ada disekitar nya.Tahukah kamu jika buah markisa konon berasal dari benua amerika dan menyebar hingga ke asia tenggara,termasuk di indonesia.Kadang tanaman markisa bisa kita jumpai di semak-semak,hutan dan pekarangan rumah.Layak nya tumbuhan liar.

Manfaat buah markisa bagi kesehatan dan ibu hamil


Di indonesia sendiri buah markisa banyak dibudidayakan di daerah sumatra tepatnya di sumatra utara,Biasa dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan buah markisa medan.Di medan buah markisa dibudidayakan karena nilai ekonomi nya yang cukup baik,Karena buah yang satu ini banyak diolah menjadi bahan minuman segar,Seperti sirup markisa,es buah markisa,jus buah markisa,es krim buah markisa dan masih banyak lagi.

Rasa buah markisa yang segar,serta varian olahan nya yang beragam,menjadikan buah ini termasuk kedalam favorit bagi wanita hamil.Seperti yang kita tahu jika wanita hamil menyukai makanan atau buahan dengan rasa asam yang menyegarkan,Layaknya buah markisa yang satu ini.Rasa asam pada buahan dipercaya dapat menghilangkan rasa mual yang kerap muncul pada awal masa kehamilan.

Penelitian mengatakan,Jika di dalam buah markisa terdapat beragan kandungan vitamin,serta mineral yang beragam,Yang pastinya baik untuk kesehatan tubuh hingga baik pula untuk kesehatan kehamilan dan janin.Berikut kandungan nutrisi pada buah markisa yang patut anda ketahui.

Kandungan Nutrisi Buah Markisa Per 100 grm

  • Energi 97 Kcal 
  • Karbohidrat 23,38 g 
  • Protein 2,20 g 
  • Serat Diet 10,40 g 
  • Folates 14 mcg 
  • Niacin 1,500 mg 
  • Riboflavin 0,130 mg 
  • Thiamin 0,00 mg 
  • Vitamin A 1274 IU 
  • Vitamin C 30 mg 
  • Vitamin E 0,02 mcg 
  • Vitamin K 0,7 mg 
  • Kalium 348 mg 
  • Kalsium 12 mg 
  • Tembaga 0,086 mg 
  • Besi 1,60 mg 
  • Magnesium 29 mg 
  • Fosfor 68 mg 
  • Seng 0,10 mcg

Manfaat buah markisa bagi kesehatan ibu hamil

1. Meningkatkan sistem imun tubuh
Saat masa kehamilan berlangsung biasa nya daya tahan tubuh ibu hamil akan lemah,Terkadang rentan terserang berbagai penyakit.Maka dari itu ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan serta sayuran dan buahan segar untuk menjaga daya tahan tubuh mereka.Layak nya buah markisa yang satu ini.Dalam 100 grm buah markisa bisa kita dapatkan hampir 50 % vitamin C.Yang mana kita ketahui bersama.Vitamin C berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh manusia serta menjadi sistem imun alami bagi ibu hamil.

2. Sumber serat untuk tubuh
Tubuh manusia sarat akan kebutuhan serat yang cukup.Serat sendiri bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan.Saluran pencernaan yang baik dan sehat indikator untuk tubuh yang sehat pula.Serat pada buah markisa ini memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit dan susah BAB yang kerap terjadi saat kehamilan berlangsung.

3. Mencegah anemia
Satu lagi masalah yang sering terjadi pada masa kehamilan,Proses kehamilan yang terjadi akan merubah bentuk fisik ibu hamil,selain itu merubah hormon di dalam tubuh pula,Proses tersebut akan berpengaruh terhadap tekanan darah tubuh yang tidak stabil yang terkadang menyebabkan gejala anemia,Atau penyakit kurang darah.mineral zat besi yang terdapat pada buah markisa bisa menjadi solusi untuk mencukupi akan kebutuhan zat besi bagi ibu hamil,Sehingga terhindar dari gejala anemia tersebut.

4. Menjaga kesehatan tulang
Buah dengan nama ilmiah Passiflora edulis kaya akan kadungna kalsium dan fosfor yang maka kedua mineral tersebut baik untuk menjaga kesehatan tulang pada ibu hamil.Selain itu kalsium pada buah markisa bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit di bagian pinggang yang kerap muncul pada masa kehamilan.

5. Sumber asam folat bagi ibu hamil
Buah markisa dengan rasa asam manis dan segar ini selain cocok di olah menjadi minuman segar rupanya terdapat senyawa organik bernama asam folat.Yang mana asam folat tersebut terbentuk dari sekumpulan vitamin yang terkandung di dalam buah markisa.Asam folat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin nya.Mengapa demikian.?.Asam folat memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan janin hingga pembentukan janin,Kekurangan asam foalt berdampak tidak bagus pada kelahiran bayi yang mana bayi bisa lahir cacar mental dan fisik.Maka penting bagi ibu hamil untuk mencukupi akan kebutuhan asam folat selama kehamilan berlangsung.

6. Menjaga fungsi jantung
Jantung merupakan organ vital tubuh manusia,Tak terkecuali bagi ibu hamil,Maka dari itu penting untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan bekerja dengan optimal.Kandungan tembaga yang terdapat di dalam buah markisa merupakan sumber nutrisi terbaik untuk menjaga fungsi jantung hingga pembentukan sel darah.

7. Mengurangi gejala-gejala ringan pada masa kehamilan seperti :
Buah dengan rasa yang segar ini berkhasiat mengurangi gejala keram pada otot rahim,menjaga detak jantung agar tetap stabil,mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh pada masa kehamilan,meningkatkan intensitas darah sehingga terhindar dari anemia hingga mengurangi rasa mual pada awal kehamilan.

8. Menangkal radikal bebas
Kandungan berbagai vitamin serta mineral yang beragan di dalam buah markisa merupakan antioksidan alami yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas di dalam tubuh ibu hamil,Sehingga ibu hamil akan lebih sehat serta kuat dan terhindar dari berbagai serangan virus dan parasit yang kerap datang menyerang saat kehamilan berlangsung.

Demikian ulasan singkat kali ini mengenai manfaat buah markisa untuk ibu hamil,Dilihat dari manfaat nya maka tidak heran jika buah markisa ini banyak disukai ibu hamil,karena segudang manfaat hebat yang terkandung di dalam nya.Semoga ulasan ini menjadi informasi berguna serta dapat menambah wawasan baru untuk kita semua.

Baca juga : 6 Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang paling luar biasa

ads disini

Posting Komentar

 
Top