0
10 Manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui
link : 10 Manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui

Baca juga


10 Manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui

ads disini
ads disini

Manfaat buah pir - Apa yang ada dipikiran anda jika mendengar kata buah pir untuk pertama kali,Apakah bentuk nya yang bulat lonjong,atau rasa buah nya yang manis atau pula cara budidaya buah pir tersebut?,Pastinya buah ini menurut saya sangat eksotis dari bentuk,rasa serta manfaat nya.Buah dengan Genus Pyrus Kerajaan Plantae Divisi Magnoliophyta Kelas Magnoliopsida Ordo Rosales Famili Rosaceae ini banyak diminati sebai menu pencuci mulut.

Rasa buah nya manis dan segar serta kaya akan air,Daging buah nya juga terbilang empuk tidak sekeras jambu biji.Di indonesia kita dapat dengan mudah menemukan buah pir yang satu ini,Buah pir banyak di jual di pasar-pasar tradisional bahkan swalayan hingga mini market terdekat.Harga nya cukup terjangkau untuk jenis buahan segar dan nikmat seperti ini.

Menurut sumber wikipedia,buah pir memiliki banyak jenis,setidak nya da 30 jenis buah pir dengan beragam bentuk serta rasa.yang tersebar luas di seluruh dunia,Namun di balik jenis nya yang beragam tersebut buah ini sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh serta kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi.Data dari USDA National Nutrient data base di dalam buah pir terdapat.

Manfaat buah pir untuk kesehatan


Kandungan nutrisi buah pir per 100 grm


  • Energi 58 Kcal
  • Karbohidrat 13,81 g 11%
  • Protein 0,38 g 
  • Serat 3,10 g 8%
  • Folat 7 mg 2%
  • Niacin 0,157 mg 1%
  • Pantotenat asam 0,048 mg 1%
  • Pyridoxine 0,028 mg 2%
  • Riboflavin 0,025 mg 2%
  • Thiamin 0,012 mg 1%
  • Vitamin A 23 IU 1%
  • Vitamin C 4,2 mg 7%
  • Vitamin E 0,12 mg 1%
  • Vitamin K 4,5 mg 4%
  • Kalium 119 mg 2,5%
  • Kalsium 9 mg 1%
  • Tembaga 0,082 mg 9%
  • Besi 0,17 mg 2%
  • Magnesium 7 mg 2%
  • Mangan 2%
  • Fosfor 11 mg 2%
  • Zinc 0.10 mg 1%


Buah pir memang diminati karena nineral dan vitamin nya yang tinggi dan beragan,jumlah vitamin c yang tinggi menjadi salah satu nya,di bawah ini tertulis beberapa manfaat buah pir yang isa anda baca dan anda simak,Agar lebih mengetahui kan manfaat nya yang begitu baik untuk tubuh.

Manfaat buah pir untuk kesehatan


1. Membasmi radikal bebas
Dilihat dari tabel diatas,Kandungan vitamin C dan A hingga mineral penting lain nya pada buah pir yang cukup tinggi bisa dikatakan buah pir baik untuk menangkal radikal bebas,Karena vitamin tersebut dengan sendirinya menjadi antioksidan alami di dalam tubuh,Secara bertahap akan membasmi radikal bebas di dalam tubuh,kemudian bersinergi di dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Sumber energi tubuh
Rasa manis dan air yang berlimpah pada buah pir baik sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh,Tubuh yang lelah setelah rutinitas padat atau setelah berolahraga akan banyak membutuhkan banyak cairan,Energi yang di hasilkan buah pir mampu mempercepat proses pengembalian tenaga serta membuat tubuh lebih cepat bugar.

3. Menyehatkan pencernaan
Mengkonsumsi buah pir 100 grm per hari bisa kita peroleh setidak nya 3,10 g atau 8 persen serat,Biasa nya 1 buah pir dengan ukuran sedang kandungan serat nya lebih banyak,Maka buah pir baik untuk mencukupi akan kebutuhan serat bagi tubuh kita,Karena pada dasar nya kebutuhan serta tubuh per hari ialah 21 sampai 38 grm.Sehingga mengkonsumsi buah pir sangat membantu akan kebutuhan serat harian tubuh.Serat sendiri berfungsi mempercepat proses penyerapan vitamin hingga melancarkan buang air besar setiap hari.

4. Mencegah penyakit jantung
Fungsi serat lainnya dalam buah pir ialah baik untuk jantung,Pada dasarnya jantung dan stroek di akibatkan penyumbatan aliran darah dalam arteri akibat lemak,Yang mana serat pada buah pir mampu mengikat lemak pada dinding arteri dan memusnahkan nya,Argumen ini di perkuat oleh data penelitian American Journal of Clinical yang menyatakan jika mengkonsumsi buah pir per hari mampu mengurangi gejala penyakit jantung hingga stroek.

5. Menjaga sistem aliran darah
Kalium yang terdapat pada buah pir mampu mengontrol tekanan darah hingga sistem sel darah,bekerja sama dengan zat besi sebagai penyuplai oksigen dan pembentuk hemoglobin.Sehingga terjadi kestabilan tekanan darah di dalam tubuh.

6. Baik bagi penderita gula darah
Buah pir yang kaya serat ini memiliki sifat indeks glisemik yang rendah,sehingga baik dijadikan camilan bagi para penderita diabetes.Perlahan tapi pasti sumber karbohidrat pada buah pir akan diserap perlahan oleh tubuh dan mampu mengendalikan gula darah di dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan tulang
Tulang menjadi salah satu masalah umum yang kerap terjadi jika usia mulai lanjut,Terkadang kepadatan tulang akan mengurang seiring waktu,Maka dibutuhkan beberapa asupan mineral tambahan seperti kalsium dan fosfor yang notabene nya baik untuk menjaga kesehatan tulang.Mineral kalsium dan fosfor tersebut bisa kita dapatkan pada buah pir dan jenis buahan lain nya.

8. Menjaga daya tahan tubuh
Sumber vitamin C yang tinggi pada buah pir berperan sebagai antioksidan alami yang memberikan efek kekebalan bagi tubuh,Sehingga tubuh mampu membuat sistem imun alami untuk mencegah berbagai macam penyakit.

9. Mengurangi gejala keram pada tubuh
Kalium yang ada pada buah pir memiliki fungsi untuk mengurangi gejala keram pada tubuh,Biasa nya keram kerap terjadi pada bagian kaki,pergelangan tangan hingga perut,Kalium yang bersifat basa sehingga mudah diserap tubuh,kalium juga mengontrol sistem saraf sehingga mampu mengurangi gejala keram pada tubuh.

10. Sumber asam folat
Folat pada buah pir berfungsi sebagai nutrisi penting dalam hal fungsi  DNA beserta sel terkait di dalam tubuh.Serta baik pula untuk menjaga kesehatan janin pada ibu hamil.Biasa nya ibu hamil banyak membutuhkan asam folat pada masa kehamilan,Karena mineral folat tersebut mampu mengurangi dampak bayi lahir cacat berupa fisik hingga mental.

Demikian ulasan kali ini mengenai manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh,semoga bermanfaat untuk kita semua.Konsumsi buah-buahan segar memberikan efek yang baik dalam jangka panjang,Maka mari kita biyasakan mengkonsumsi buahan dan sayuran sehat sejak dini.

Baca juga : Mengenal buah persik dan 5 manfaat nya bagi kesehatan tubuh (Wajib Tau)

ads disini

Posting Komentar

 
Top