0
Manfaat jus buah tomat dan cara membuatnya - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat jus buah tomat dan cara membuatnya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel jus buah, Artikel kecantikan, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, Artikel perawatan kulit, Artikel perawatan wajah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat jus buah tomat dan cara membuatnya
link : Manfaat jus buah tomat dan cara membuatnya

Baca juga


Manfaat jus buah tomat dan cara membuatnya

ads disini
ads disini

Manfaat jus buah tomat - Buah tomat dikenal akan manfaatnya karena mengandung banyak senyawa Lycopen didalam nya,apa itu Lycopen?,Lycopen merupakan pigmen berwarna merah yang ada dalam tomat,pigmen tersebut memiliki kandungan antioksidan.Sehingga buah tomat sangat menyehatkan bagi tubuh.

Dalam bahasa ilmiah buah berwarna merah ini disebut dengan Solanum lycopersicum masih tergolong keluarga Solanaceae,Tomat pada masa sekarang ini banyak digunakan sebagai campuran berbagai makanan dan bumbu,Selain itu juga banyak diolah menjadi jus dan selai.

Manfaat tomat jika diolah menjadi jus buah begitu hebat,Kandungan vitamin dan mineral aktif pada buah tersebut sangat kuat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan diketahui jika buah tomat banyak mengandung vitamin seperti A, C, dan K, dan juga sejumlah besar vitamin B6, folat dan thiamin.Selain itu terdapat beberapa mineral seperti potassium,mangan,magnesium,fosfor, dan tembaga.

Konsumsi jus tomat setiap hari sangat disarankan,Selain rasa yang unik dan enak jus tomat juga mampu memperkuat sistem imun tubuh,Sehingga tubuh tidak mudah sakit dan juga mencegah dari berbagi serangan bakteri dan virus.

Untuk mengolah jus tomat tidak begitu sulit,Anda juga bisa mencampur buah tomat segar dengan sayuran atau buah jenis lain,untuk menambah rasa serta aroma dan juga memperkuat vitamin dan mineral yang ada untuk mengatasi berbagi problem masalah kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat jus buah tomat secara keseluruhan berdasarkan kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah didalamnya,Dan juga cara mengolah jus tomat yang enak serta sehat.

Manfaat jus buah tomat untuk kesehatan


1. Baik untuk ibu hamil
Manfaat jus tomat sama halnya dengan manfaat buah lainnya yang baik jika dikonsumsi wanita hamil,jus tomat mengandung berbagi mineral penting yang dibutuhkan ibu semasa kehamilan,Seperti vitamin C,A,K serta B komplek dan juga asam folat.

Manfaat jus buah tomat dan cara membuatnya
Ketahui juga : Manfaat buah tomat untuk kesehatan ibu hamil

Keseluruhan vitamin tersebut mampu memperkuat jaringan tubuh ibu hamil agar terhindar dari berbagai macam masalah.Dan juga kehadiran asam folat yang berlimpah pada jus tomat menjadi mineral penting untuk kesehatan janin dan mencegah janin lahir cacat fisik dan hingga mental.

2. Pencegah kanker
Penelitian mengungkapkan konsumsi jus tomat rutin setiap hati mampu mengurangi gejala kanker pankreas sebanyak 30%.Hal ini di dukung oleh senyawa Lycopen yang ada pada jus tomat.Senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan aktif dan kuat untuk mencegah berbagai resiko kanker.Termasuk kedalam kanker paru-paru,kanker p*yudara dan kanker prostat.

3. Mencegah resiko penyakit jantung
Jus tomat yang kaya vitamin dan mineral seperti kalium, folat, dan kadar vitamin B6 yangada mampu mendukung kesehatan jantung dari dalam secara siknifikan,Di tambah lagi senyawa lycopen yang anda mampu memperkuat antioksidan tubuh sehingga berkaitan langsung dengan kesehatan jantung.Mineral-mineral tersebut jika masuk kedalam tubuh akan memperkuat kadar homosistein,Sejenis zat kimia yang baik untuk meningkatkan kinerja jantung.

4. Sumber serat tubuh
Jus tomat kaya akan kandungan serat,Hal ini sangat baik dalam hal pencegah masalah sulit BAB atau juga sembelit,Serat pada jus tomat sangat baik untuk kelancaran sistem pencernaan dalam usus,Dan juga mampu membersihkan kotoran di dalam usus besar dan berkhasiat juga dalam hal pencegah kanker usus besar.

5. Menurunkan kolesterol
Serat juga memiliki kemampuan lain untuk pencegahan kadar kolesterol di dalam tubuh yang berkaitan dengan LDL (Low-Density Lipoprotein) sejenis kolesterol yang berbahaya bagi tubuh,Maka dengan rutin konsumsi jus tomat kita dapat mencegah kolesterol di dalam tubuh.Dan juga sangat baik sebagai minuman diet sehat sehari-hari.

6. Menjaga kesehatan tulang
Selain kalsium dan fosfor di dalam jus tomat juga bisa kita dapatkan sejumlah vitamin K yang berlimpah,Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang berperan aktif untuk menjaga kesehatan tulang yang lebih kuat.vitamin K yang ada pada jus tomat ini memiliki kemampuan untuk mengaktifkan osteocalcin yang berguna untuk menjaga eksistensi kalsium di dalam tulang,sehingga tulang menjadi lebih kuat dan padat dan juga terhindar dari masalah osteoporosis.

7. Mencegah pembekuan darah
Di ketahui jika senyawa fitonutrien dalam jus tomat sangat ampuh dalam hal pencegahan penggumpalan darah di dalam sel trombosit tubuh,Hal ini sangat membantu kinerja fungsi jantung dan cegah resiko penyakit jantung,fitonutrien yang anda mampu menormalkan sel trombosit dalam tubuh akibat pembekuan darah.

8. Mencegah penyakit paru-paru
Manfaat tomat dikenal sebagai pencegahan emfisema yang timbul akibat kebiasaan merokok,Hal ini berkaitan langsung terhadap kesehatan paru-paru.

9. Menjaga kesehatan kulit
Vitamin dan mineral yang berlimpah pada jus tomat merupakan vitamin pendukung yang sempurna untuk kesehatan kulit yang lebih baik dalam jangka panjang,Mineral yang ada mampu mencegah bintik-bintik hitam pada wajah,mengobati jerawat dan juga mengurangi dampak penuaan dini akibat radikal bebas,Vitamin C yang ada juga memberikan peran terhadap pembentukan kolagen dasar jaringan kulit sehingga kulit tampak lebih kenyal dan cerah.

Ketahui juga : manfaat tomat untuk pelembab kulit wajah

10. Detoksifikasi tubuh
Konsumsi rutin jus tomat mampu membuang racun-racun tak berguna didalam tubuh,dan juga memperkuat mineral sulfur dan klorin dalam ginjal dan hati.Sehingga mampu membersihkan racun-racun yang tersisa di di dalam organ tersebut,Dana efeknya sangat baik dalam pemeliharaan fungsi ginjal dan hati.

Manfaat jus tomat untuk kesehatan memang tidak diragukan lagi,Diantaranya beberapa penjelasan yang ada diatas,Dengan cara mengolah tomat menjadi jus kita bisa memperoleh empat kali lipat vitamin dan mineral yang ada didalam buah tersebut.Berikut ini resep dan cara membuat jus tomat
jus sehat dan nikmat yang bisa anda buat sendiri dirumah.

Resep dan cara membuat jus tomat


1. Jus tomat original

Bahan-bahan jus tomat :

  • 4 buah tomat
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm gula pasir
  • Air es secukupnya

Cara membuat jus tomat :

1. Cuci bersih buah tomat,Gunakan tomat buah agar rasa jus tidak terlalu asam dan tekstur jus juga kental,Kemudian potong menjadi beberapa bagian baung bagian biji di dalamnya,Kita gunakan daging buah nya saja.

2. Sediakan blender dan campur semua bahan.

3. Haluskan hingga benar-benar halus dan rata,Setelah itu bisa kita sajikan.

2. Jus tomat wortel

Bahan-bahan jus :

  • 3 buah tomat
  • 2 buah wortel
  • 1/2 buah jeruk lemon
  • 3 sdm madu
  • Air es secukupnya

Cara membuat jus tomat wortel :

1. Pertama cuci bersih semua bahan,Potong-potong menjadi ukuran yang lebuh kecil,Jangan lupa wortel kita kupas dahulu dan buah bagian kulit nya.

2. Campurkan semua bahan kedalam gelas blender,Beri sedikit air dan haluskan,Jika sudah setengah halus beri perasan jeruk lemon dan madu.Lalu haluskan kembali.

3. Setelah halus bisa kita sajikan kedalam gelas saji dan jus tomat wortel sudah bisa kita minum,Jika suka manis bisa tambahkan madu lebih bayak.

3. Jus tomat mentimun

Bahan-bahan jus :

  • 2 buah tomat
  • 1 buah mentimun ukuran sedang
  • 1 sdm susu bubuk
  • 2 sdm yorghur tawar
  • Air secukupnya

Cara membuat jus tomat mix mentimun :

1. Cuci bersih semua bahan,Kupas mentimun dan potong-potong,Buah tomat belah menjadi beberapa bagian ambil daging buahnya saja.

2. Campur semua bahan kedalam blender termasuk,Tomat,mentimun,susu bubuk,yoghurt tawar dan air es secukup nya, Haluskan semua bahan hingga benar-benar halus.

3. Setelah halus,Tuang jus kedalam gelas saji dan jus buah tomat campur mentimun sudah bisa anda minum dan sajikan.

Itulah beberapa resep jus tomat yang segar dan sehat yang bis anda buat sendiri dirumah,Jadi setelah membaca artikel ini jangan ragu untuk rutin konsumsi jus tomat karena memang kaya akan manfaat hebat untuk kesehatan tubuh dari dalam secara alami.

Demikian ulasan singkat kali ini seputar manfaat jus tomat dan cara membuatnya,Semoga artikel yang telah kami tulis ini bisa menjadi informasi dan wawasan untuk kita semua,Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Manfaat jus mentimun dan cara membuatnya

ads disini

Posting Komentar

 
Top