0
12 Manfaat jus mentimun dan cara membuatnya (No 4 menakjubkan) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 12 Manfaat jus mentimun dan cara membuatnya (No 4 menakjubkan), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 12 Manfaat jus mentimun dan cara membuatnya (No 4 menakjubkan)
link : 12 Manfaat jus mentimun dan cara membuatnya (No 4 menakjubkan)

Baca juga


12 Manfaat jus mentimun dan cara membuatnya (No 4 menakjubkan)

ads disini
ads disini

Manfaat jus mentimun - Mentimun atau ketimun ini sering kita temukan sebagai lalapan pendamping makan,Terlihat sederhana memang,Namun dibalik kesederhanaan tersebut tersimpan manfaat yang begitu luar biasa untuk kesehatan tubuh anda.

Sekedar menegaskan,Timun termasuk kedalam jenis labu-labuan,Tumbuhan penghasil buah yang bisa dimakan dan juga kaya akan kandungan air didalamnya.Mentimun memiliki sifat diuretik,efek pendingin dan juga pembersih,Tak heran jika buah yang satu ini banyak dimanfaatkan kaum wanita sebagai bahan pembersih wajah alami.

Bukan satu rahasia jika buah dan sayuran merupakan pendukung vitamin dan mineral alami untuk hidup yang lebih sehat,Sama halnya dengan vitamin yang ada pada jus mentimun yang satu ini,satu porsi jus mentimun bisa kita dapat mineral seperti vitamin K, silika, vitamin A dan klorofil.Tinggi serat,kaya vitamin C dan asam folat juga zat besi dan kalium.

Pada dasarnya mentimun yang kaya air memiliki rasa yang tidak begitu manis,cukup menyegarkan jika dimakan langsung atau juga diolah menjadi jus.Mengolah mentimun menjadi jus akan semakin segar jika kombinasikan dengan buah-buah berwarna lainnya,Selain menambah rasa dan aroma tentunya menambah manfaat baik untuk tubuh anda.

Ketahui juga : Manfaat buah timun suri untuk kesehatan

Sebelum membuat jus mentimun ada baiknya anda mengetahu beberapa manfaat nya,Berikut manfaat-mafaat jus mentimun yang bisa kita dapatkan berdasarkan vitamin dan mineral aktif yang ada pada buah tersebut,Tentunya manfaat ini akan lebih efektif jika anda barengi dengan olahraga teratur setiap hari.

Manfaat jus mentimun untuk kesehatan


1. Energi tambahan tubuh
Didalam jus mentimun terdapat vitamin B yang cukup berlimpah yang memiliki kegunaan untuk tambahan energi tubuh,Selain kaya air yang mampu menyegarkan tubuh dengan cepat,jus mentimun juga mampu mencegah dehidrasi dan juga sangat rendah akan kalori,Pastinya menyehatkan.


2. Menjaga kesehatan jantung
Jus mentimun yang dikombinasikan dengan buah apel kandungan polifenol dan flavonoid jauh lebih banyak dan jauh lebih tinggi,Hal ini berdampak langsung kepada kesehatan jantung anda,kedua senyawa tersebut jika masuk kedalam tubuh akan menjadi satu antiokidan yang kuat untuk menjaga kesehatan dan kinerja jantung anda.

3. Mencegah dehidrasi
Mentimun sendiri tergolong buah yang kandungan air nya 95% lebih banyak dibanding daging buahnya,Hal ini mengindikasikan jika mentimun mampu mencegah dehidrasi tubuh akibat kelelahan dan keringat berlebih setelah aktivitas rutin anda.Kandungan vitamin C pada mentimun juga memberikan manfaat dalam hal pemulihan tenaga dengan cepat.

4. Mencegah asma
Hal ini cukup menakjubkan,Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkap,Jika kadar Flavonoid pada jus mentimun mampu mengurangi dampak dan gejala asam bagi penderitanya.Konsumsi jus mentimun secara rutin akan memperkuat fungsi paru-paru dalam hal pencegahan penyakit asma.

5. Menjaga suhu tubuh
Jus mentimun yang bersifat dingin sangat efektif untuk menjaga suhu tubuh dari dalam,Minum jus timun pada cuaca panas sangat cocok sekali,Selain menyegarkan juga mampu menjaga suhu badan tetap stabil serta menjaga tubuh agar tidak terserang panas dalam.

6. Menjaga PH
Jus mentimun juga bermanfaat dalam menjaga PH tubuh tetap stabil,dan juga kaya serat yang baik untuk saluran pencernaan anda.Hal ini dikarenakan senyawa pektin dalam kulit mentimun yang begitu berlimpah.Wanita yang rutin konsumsi jus mentimun dapat terhindar dari gejala kanker rahim, kanker ovarium, kanker payud*ra dan kanker prostat.

7. Menyegarkan mulut
Mentimun yang kita konsumsi secara langsung akan membatu dalam hal pencegahan bau mulut tak sedap sama halnya dengan jus buah mentimun nya.Senyawa fitokimia yang ada pada mentimun mampu membunuh bakteri didalam mulut yang menyebabkan bau mulut tak sedap.

8. Menjaga kekuatan tulang
Buah dengan nama ilmiah Cucumis sativus sarat akan kandungan kalsium dan fosfor yang berlimpah,Sehingga jika kita rajin minum jus mentimun akan berdampak baik kepada kesehatan tulang yang lebih kuat dan juga terhindar dari gejala osteoporosis.Satu porsi jus mentimun mampu mencukupi akan kebutuhan nutrisi pada tulang anda.

9. Obat sakit kepala alami
Cairan alami seperti elektrolit dan gula dalam jus mentimun sangat baik untuk mengembalikan nutrisi tubuh yang hilang,Yang efeknya akan mengobati sakit kepala yang anda alami,dalam hal mengobati sakit kepal sebelah atau migrain dan juga vertigo.

Baja juga : Gejala Dan Solusi Terbaik Pengobatan Migraine

10. Menjaga berat badan tubuh ideal
Jus ketimun selain kaya air juga kaya serat,Serat itu sendiri bermanfaat untuk menjaga saluran kesehatan pencernaan,Melancarkan BAB,mengatasi sembelit dan juga pengikat lemak dalam tubuh.Sehingga jus mentimun yang satu ini bisa menjadi alternatif menu jus sehat untuk diat anda dirumah.

11. Jus yang sehat bagi penderita diabetes
Kadar hormon yang ada pada jus mentimun merupakan penghasil insulin yang kuat di pankreas sehingga kadar gula darah di dalam tubuh dapat ditekan,Itu mengapa jus mentimun sangat bersahabat bagi para penderita diabetes,Rasa manis alamin pada mentimun sangatlah rendah kalori.

12. Menjaga kesehatan kulit
Satu porsi jus mentimun sangat berlimpah kandungan vitamin C,D dan A yang secara keseluruhan akan menjadi antioksidan aktif pembentuk jaringan kulit tubuh yang lebih sehat dan kuat,Vitamin C yang ada bermanfaat untuk pembentuk jaringan kolagen kulit kulit,Sehingga kulit tubuh menjadi lebih sehat,cerah,dan kenyal dari dalam.

Resep Dan Cara Membuat Jus Mentimun


1. Jus mentimun dan seledri

Bahan-bahan jus ketimun :
  • 2 buah mentimun
  • 1 ikat seledri
  • 1 gelas sirup melon (sudah dicampur air)
  • Es batu secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuat jus mentimun mix seledri :

1. Buah mentimun dan sayuran seledri kita cuci bersih,Lalu potong-potong.

2. Sediakan 1 gelas sirup rasa melon.

3. Siapkan blender,dan mulai kita haluskan semua bahan,Masukkan es batu,buah mentimun sayuran seledri,air putih secukupnya terakhir sirop melon.Haluskan hingga bahan tercampur rata.

4. Setelah halus,Jus mentimun campur seledri bisa kita sajikan.

2. Jus mentimun mix tomat dan pisang

Bahan-bahan jus :
  • 1 buah ketimun
  • 1 tomat buah ukuran sedang
  • 1 buah pisang ambon
  • 1 gelas susu kedelai
  • 2 sdm madu
  • Es batu secukupnya
Cara membauat jus mentimun mix tomat dan pisang :

1. Buah tomat dan mentimun kita cuci bersih dahulu,Lalu potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil.Untuk buah pisang,kupas kulitnya dan potong-potong.

2. Sediakan blender,Haluskan semua bahan dengan cara menghaluskan es batu terlebih,Setelah es batu hancur,Masukkan mentimun,tomat dan buah pisang serta madu.Haluskan kembali,setelah halus baru tuang susu kedelai sedikit demi sedikit agar tekstur jus tidak menggumpal.

3. Setelah halus,Jus mentimun campur tomat dan pisang bisa kita sajikan,Rasa jus yang satu ini cukup unik,Jika anda pencinta minuman jus buah ajib coba,karena rasanya mampu memanjakan lidah anda.Tentunya mnyehatkan.Karena kaya vitamin dan mineral baik didalamnya.

Baca juga : Manfaat minum jus buah pisang untuk kesehatan

3. Jus mentimun mix apel untuk diet

Bahan-bahan jus :
  • 2 buah mentimun
  • 1 buah apel merah 
  • 4 sdm madu
  • Air es secukupnya
Cara membuat jus mentimun campur apel untuk diet :

1. Semua buah kita cuci bersih terlebih dahulu,Potong-potong,Buah apel juga,jagan lupa buang terlebih dahulu biji buah apel yang ada.

2. Campur menjadi satu semua bahan kedalam gelas blender dan kita haluskan hingga benar-benar halus dan rata.

3. Setelah halus beri madu dan yoghurt tawar,Haluskan kembali,Dikira sudah cukup halus dan cukup kental,Jus mentimun mix apel sudah bisa kita konsumsi sebagai menu diet sehat alami dirumah.

Baca juga : Manfaat konsumsi jus buah apel bagi kesehatan

Beberapa resep jus mentimun diatas selain rasa yang enak tentunya mudah dibuat dirumah,tidak membutuhkan waktu yang lama,Sehingga sesibuk apapun anda,tetap bisa menjaga pola hidup sehat dirumah dengan cara rajin konsumsi minuman jus sehat.

Demikian artikel kali ini mengenai manfaat jus mentimun secara keseluruhan berdasarkan kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah tersebut.Semoga resep jus yang ada serta manfaatnya bisa berguna untuk kita semua.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Manfaat jus terong ungu dan belanda serta cara membuatnya

ads disini

Posting Komentar

 
Top