0
Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan tubuh
link : Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan tubuh

Baca juga


Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat jambu mawar-.Buah jambu mawar atau banyak dikenal jambu kraton ini memiliki bentuk buah bulat dengan warna kuning mengkilap serta aroma yang harum semerbak seperti bunga mawar.Maka dari itu jambu kraton dalam bahasa lainnya sering disebut juga dengan jambu mawar.

Di beberapa daerah di indonesia jambu mawar memiliki nama yang beragam diantara nya. jambee iye mawar (Aceh.), klampok arum (Jawa.), kalampok aeng mawar (Madura.), nyambu ermawa (Bali.), kembes mawar, kembes walanda, kumpasa im baranda (Sulawesi utara), jambu jene mawara (Makasar.)

Buah jambu mawar sama halnya dengan buah jambu air lainnya.Hanya buah jambu yang satu ini terbilang langka dan sulit kita jumpai.Aroma harum yang dihasilkan oleh buah jambu ini memang begitu khas dan memikat.Rasa buah nyapun manis tetapi daging buah nya sedikit agak keras.Pada zaman dahulu buah jambu mawar merupakan buahan konsumsi anak-anak pada masa nya.Buah ini enak dimakan selagi segar atau baru dipetik dari pohon.

manfaat jambu mawar alias jambu kraton untuk kesehatan


Karena buah jambu mawar ini terbilang langka.Kini sudah mulai banyak yang membudidayakan bibit jambu mawar tersebut untuk dijual kembali.Buah jambu mawar memiliki bentuk pohon yang tidak terlalu tinggi.Media tanam pun bisa mengunakan pot atau di pekarangan rumah.Sehingga lebih efektif dan efisien.

Buah jambu mawar memiliki nilai ekonomi yang tinggi.Buah nya yang lezat serta aroma nya yang harum sedap jika di makan secara langsung atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman layaknya buah-buahan lainnya.Selain itu buah jambu mawar atau jambu kraton juga bisa dimanfaatkan sebagai penghias taman.Karena bentuknya pohon nya tidak terlalu tinggi,Warna buah nyapun kuning mengkilap cantik di pandang mata.Selain itu buah jambu mawar juga memiliki khasiat hebat untuk kesehatan tubuh,Diantaranya sebagai berikut :

Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan tubuh

1. Pemulihan rahim pasca melahirkan caesar
Di beberapa daerah di indonesia,biasa nya buah jambu mawar dikonsumsi para ibu pasca melahirkan caesar.Yang bertujuan untuk membersihkan rahim agar cepat segera pulih dan normal.Dalam buah jambu mawar terdapat senyawa atsiri yang menenangkan.Yang berfungsi melemaskan otot rahim pasca melahirkan.Sehingga pemulihan berlangsung dengan cepat.

2. Menjaga kesegaran mulut dan kesehatan gigi
Vitamin C yang tinggi serta serat buah yang lembut jika dikunyah akan merangsang produksi air liur dalam mulut,Sehingga bermanfaat untuk menjaga kesegaran mulut hingga memutihkan gigi secara alami.Tak heran jika buah jambu kraton menjadi buah faforit anak-anak pada zaman dahulu kala.

3. Aroma Terapi
Buah jambu mawar ini berkhasiat sebagai aroma terapi untuk tubuh dan otak.Aroma buah mawar yang harum terletak di bagian mahkota buah nya.Mahkota buah tersebut jika di olah dan di suling akan menghasilkan minyak Atsiri yang bermanfaat.Terutama untuk aroma terapi tubuh.Minyak atsiri bersifat menenangkan sehingga mampu membuat tubuh dan otak menjadi lebih rileks dan santai.

4.Mengatasi diare
Batang dan daun buah jambu mawar ini memiliki khasiat pula untuk mengobati diare.Sejak dahulu nenek moyang kita sudah memanfaatkan daun dan kulit batang nya sebagai obat tradisional.Terutama untuk pengobatan diare.Biasanya kulit batang dan daun nya direbus dengan air,Kemudian dicampur dengan gula jawa.Air rebusan tersebut yang digunakan sebagai obat diare alami.

Buah jambu mawar memang tidak begitu populer seperti buah jambu air dan jambu bol atau jenis jambu lainnya.Akan tetapi buah jambu mawar atau jambu kraton ini memiliki manfaat hebat pula untuk kesehatan tubuh.Tidak kalah hebat dengan buahan lainnya.Demikian ulasan singkat kali ini mengenai manfaat buah jambu mawar untuk kesehatan.Semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga : Manfaat buah jambu biji

ads disini

Posting Komentar

 
Top