0
Manfaat minum air asam jawa untuk kesehatan (Sudah Teruji) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat minum air asam jawa untuk kesehatan (Sudah Teruji), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat minum air asam jawa untuk kesehatan (Sudah Teruji)
link : Manfaat minum air asam jawa untuk kesehatan (Sudah Teruji)

Baca juga


Manfaat minum air asam jawa untuk kesehatan (Sudah Teruji)

ads disini
ads disini

Manfaat air asam jawa - Minuman dari buah asam atau juga disebut asem sudah diketahui sejak lama akan manfaat dan khasiat nya untuk tubuh.Meskipun minuman ini terlihat sederhana namun kandungan vitamin yang beragam di dalam nya memberikan efek baik bagi tubuh.Untuk membuat nya juga cukup mudah.Serta banyak yang menyukai nya.

Minuman asam jawa pastinya dibuat dari buah asam,yang mana buah tersebut biasanya di kombinasikan dengan rempah-rempah lain nya seperti kunyit,kayu manis,daun sereh dan jahe untuk menambah cita rasa serta manfaat yang semakin luas.

Minuman asam jawa dikenal masyarakat setempat sebagai minuman penambah tenaga atau sebagai obat peredah batuk alami,yang secara tradisional sudah banyak digunakan masyarakat,umum nya di indonesia sejak dahulu kala.Bahkan sampai saat ini minuman berjenis ini sudah banyak dikemas menjadi salah satu minuman sari buah yang menyegarkan.

Cara membuat minuman air asam jawa dan gula merah yang enak

  • 2 sendok makan asam jawa
  • 1 batang Kayu manis
  • 1 batang Daun sereh
  • Satu ruas jahe
  • Gula jawa secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuatnya :
Pertama masak air hingga mendidih,kemudian kita Iris-iris gula jawa,Setelah air mendidih kita campur gula dan aduk hingga larut,Kemudian masukkan asam jawa,daun sereh,kayu manis dan jahe.Aduk hingga gula jawa menjadi larut.Jangan lupa tes rasa terlebih dahulu.

Jika sudah pas,Kita matikan kompor dan air rebusan asam jawa tadi kita saring dan bisa kita sajikan.
Cara penyajian nya beragam,bisa di waktu hangat atau dapat tambahkan es batu atau simpan dalam lemari es hingga dingin terlebih dahulu agar semakin segar sewaktu diminum.

Diketahui,di dalam buah asam terdapat berbagai vitamin diantaranya vitamin C,vitamin E,vitamin B , kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Beberapa senyawa organik penting lain yang tentunya baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat minum air asam jawa bagi tubuh sangatlah beragam yang bisa kita dapatkan,Dari rasa buah nya yang asam dan menyegarkan tentunya dapat membangkitkan semangat dan tenaga baru bagi tubuh hingga mampu mengembalikan ion dan elektrolit tubuh yang hilang maka tak heran minuman air asam ini menjadi minuman tradisional yang menyehatkan.Selain itu ada pula manfaat lain dari buah asam untuk tubuh sebagai berikut.

Manfaat minum air asam jawa untuk kesehatan

Manfaat minum air asam jawa untuk kesehatan

1. Mempercepat metabolisme
Buah asam mampu mempercepat metabolisme energi dalam tubuh,Rasa asam yang ditimbulkan mampu mengurai dengan cepat sari-sari makanan yang telah kita konsumsi dan mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Menjaga sirkulasi darah
Diketahui jika mengkonsumsi satu cangkir air asam jawa setiap hari mampu menjaga kebutuhan zat besi di dalam tubuh.Yang artinya jika kita rutin mengkonsumsi nya maka sel darah merah di dalam tubuh akan bekerja semakin optimal sehingga berdampak pada sirkulasi oksigen yang lancar dan berdampak pada sirkulasi darah yang sehat pula,Sehingga kita terhindar dari penyakit anemia,gejala kurang darah,tubuh yang lemah dan letih hingga lesu.

3. Menjaga berat badan
Selain itu buah asam juga banyak dimanfaatkan sebagian kaum hawa sebagai media untuk menurunkan berat badan atau diet.Yang mana buah asam biasanya diolah menjadi minuman sari buah yang bertujuan untuk menghancurkan lemak pada tubuh.Biasa nya minuman sari asam ini dikonsumsi di pagi hari agar semakin optimal hasilnya,Diketahui jika buah asam kaya akan serat yang baik untuk saluran pencernaan dan berfungsi pula untuk menghancurkan lemak yang menyumbat pada dinding arteri usus.

4. Anti-inflamasi
Kandungan senyawa didalam asam berupa minyak esensial yang dihasilkan oleh buah asam,diketahui mampu menghambat peradangan hingga nyeri pada persendian.yang bermanfaat untuk menjaga stabilitas otot syaraf dan struktur sendi,Disarankan dikonsumsi pasca pemulihan cidera ringan pada otot dan sendi.cocok di konsumsi bagi para atlet.Karena jenis minuman ini alamin dan menyehatkan.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Buah asam dikaruniai kandungan vitamin C yang tinggi serta berbagi vitamin lai nya,Yang secara keseluruhan membentuk jaringan antioksidan di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan kebal dari berbagai penyakit musiman seperti batuk,pilek,flue dan demam.Selain itu buah asam juga memiliki sifat antiseptik dan anti parasit dan antimikroba yang baik untuk saluran pencernaan.

6. Mencegah osteoporosis
Selain ulasan diatas rupanya buah asam juga kaya akan kalsium dan fosfor,Senyawa tersebut bermanfaat sekali untuk menjaga struktur kepadatan tulang hingga gigi,Sehingga berdampak pada kesehatan tulang yang nyata dan menjauhkan dari gejala penyakit osteoporosis atau perapuhan tulang.

Rasa asam yang dihasilkan memang sangat menyegarkan,Namun kita juga harus memperhatikan takaran konsumsi setiap hari,Minimal satu cangkir saja,Agar tidak ada masalah pada saluran pencernaan.Nah,demikian dulu ulasan singkat kali ini seputar air asam jawa dan manfaatnya.Semoga berguna dan menjadi wawasan baru untuk kita semua.

Baca juga : Manfaat minum jus alpukat dan cara membuatnya

ads disini

Posting Komentar

 
Top