0
Mengenal buah rukam dan 7 manfaat nya untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal buah rukam dan 7 manfaat nya untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal buah rukam dan 7 manfaat nya untuk kesehatan
link : Mengenal buah rukam dan 7 manfaat nya untuk kesehatan

Baca juga


Mengenal buah rukam dan 7 manfaat nya untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat buah rukam - Satu lagi nih buah langka yang harus kita ketahui,Buah ini bernama rukam atau rukem dalam bahasa ilmiah nya Flacourtia rukam dengan ciri bentuk bulat kecil seukuran kelereng,Warna merah kehitaman jika matang,dan rasa buah nya manis serta asam dan sedikit sepat yang menyegarkan.

Buah rukam memiliki bentuk pohon yang tinggi kokoh,bisa sampai 15 meter lebih,dengan ciri batng pohon berduri serta daun nya yang lebar serta runcing.Buah rukam dulu sangat mudah dijumpai di hutan-hutan tropis di asia tenggara terutama di indonesia namun kini sudah cukup jarang karena tidak ada yang membudidayakan nya.

Mengenal buah rukam dan manfaat nya untuk kesehatan


Masyarakat daerah setempat biasa nya memanfaatkan buah rukam untuk dikonsumsi,Rasa buah nya memang menyegarkan umum nya disukai anak-anak,atau juga wanita dewasa,Buah nya bisa di jadikan campuran rujak bebek.karena buah rukam banyak mengandung air serta rasa manis asam yang khas.Maka cocok sekali di olah menjadi rujak bebek dengan campuran buahan lain nya.Atau jika ingin dikonsumsi secara langsung tidak masalah.

Cara makan buah rukam tergolong unik,bentuk nya yang bulat sedikit padat maka mengharuskan kita terlebih dahulu memutar-mutar buah ini di tangan atau di pijit-pijit terlebih dahulu agar daging buah nya menjadi lunak serta sumber air nya akan lebih banyak.Setelah itu baru dimakan secara langsung.Tehnik ini diyakini dapat mengurangi rasa sepat yang dihasilkan buah rukam tersebut.

Menurut analisis di filipina dalam buah rukam matang per 100 grm ditemukan kadungan nutrisi dan mineral sebagai berikut Air 77g, protein 1.7 g, fat A,D,E dan K 1.3 g karbohidrat 15 gr, serat 3.7 g, abu 0.8 g.Dengan nilai energi nya 345 kj/100 g.Tergolong buah yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi manusia dilihat dari kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam nya.

Manfaat buah rukam untuk kesehatan

1. Mengatasi diare dan disentri
Buah rukam muda dan daun rukam muda bisa anda jadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi diare,Cara ini banyak dilakukan masyarakat daerah setempat di asia tenggara,Cara nya cukup merebus daun rukam muda beserta buah nya yang masih muda,Kemudian air rebusan tersebut bisa kita minum untuk mengatasi diare dan disentri.Lakukan dengan rutin untuk penyembuhan.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Buah dengan nama latin Flacourtia rukam ini kaya akan serat,Yang mana serta baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan hingga mampu melancarkan BAB.

3. Menjaga berat badan
Buah dengan rasa manis,asam dan sepat ini jika di buat menjadi jus memiliki manfaat untuk tubuh,salah satu nya mampu mengikat lemak berlebih karena buah rukam kaya akan kandungan serat nya,Sehingga berpengaruh terhadap berat badan.

4. Menguatkan tulang
Kandungan mineral kalsium yang ada pada buah rukam mampu menjaga struktur kepadatan tulang di dalam tubuh,Yang mana mineral tersebut mampu memperkuat tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

5. Membersihkan rahim setelah melahirkan
Di asia tenggara umum nya filipina,Akar dari pohon buah rukam tersebut bisa digunakan sebagai ramuan herbal alami untuk membersihkan rahim pasca melahirkan,Akar pohon nya di rebus kemudian diminum secara rutin untuk membersihkan darah kotor pada rahim.

6. Menghilangkan rasa lelah
Mengkonsumsi buah rukam segar dipercaya mampu mengembalikan tenaga yang hilang setelah bekerja keras.Karena nilai energi nya 345 kj/100 g pada buah rukam matang.Sehingga baik untuk mengembalikan energi yang hilang.

7. Menjaga kesehatan mata
Di ketahui pula dalam buah rukam terdapat vitamin A,yang mana vitamin A memiliki fungsi sebagai vitamin kesehatan mata,yang mampu menjaga mata tetap sehat dan berbinar,selain itu daun rukam muda sering digunakan masyarakat asia untuk mengobati radang pada kelopak mata.

Demikian informasi kali ini mengenai buah rukam dan manfaat nya untuk tubuh,Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua,Pastikan semua informasi yang anda baca dicerna dengan cerdas,Karena pada dasar nya tulisan ini hanyalah bersifat informasi,Jika anda ada keluhan penyakit tertentu ada baik nya berkonsultasi kepada dokter ahli terlebih dahulu.Terima kasih telah membaca tulisan manfaat buah rukam kali ini.Sampai jumpa.

Baca juga : Manfaat buah rambusa untuk kesehatan yang patut kita ketahui

ads disini

Posting Komentar

 
Top