0
7 Manfaat buah matoa dan sumber vitamin yang belum anda ketahui - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Manfaat buah matoa dan sumber vitamin yang belum anda ketahui, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Manfaat buah matoa dan sumber vitamin yang belum anda ketahui
link : 7 Manfaat buah matoa dan sumber vitamin yang belum anda ketahui

Baca juga


7 Manfaat buah matoa dan sumber vitamin yang belum anda ketahui

ads disini
ads disini

Manfaat buah matoa - Buah matoa itu apa sih?.Mungkin itu yang akan terlintas dipikiran kita jika belum mengetahui jenis buahan yang satu ini.Menurut data dari wikipedia,Buah matoa merupakan buah asli dari propinsi papua irian jaya.Yang konon sudah tumbuh sejak lama di hutan-hutan tropis yang ada disana.

Namun,Di beberapa propinsi di indonesia,Buah matoa ini bisa kita temukan pula,diantaran nya propinsi sumatra dan sulawesi.Buah dengan nama ilmiah Pometia pinnata memiliki bentuk pohon yang cukup tinggi serta daun yang rimbun.Banyak tumbuh di hutan yang masih alami dan liar.Bentuk buah matoa bulat oval seperti telur dengan warna kulit hijau kemerahan dengan bercak di setiap sisi nya.Rasa buah matoa sangat manis serta memiliki aroma khas.Mirip dengan buah rambutan berpadu dengan buah kelengkeng.

manfaat buah matoa


Kulit buah matoa sedikit renyah jika sudah matang,sehingga dapat dengan mudah untuk membuka nya,Daging buah nya putih mirip seperti rambutan dengan biji di dalam nya,Rasa buah nya seperti kombinasi buah kelengkeng dan rambutan aceh yang jika dikunyah sedikit renyah dan berair,Sehingga nikmat dan segar jika kita konsumsi layak nya buahan lainnya.

Buah matoa bisa digolongkan kedalam buah musiman seperti buah jenis lain,Karena keberadan buah ini cukup sulit untuk diperoleh harga dipasar cukup mahal,Bahkan sedikit sulit untuk mencari nya,Saat musim panen mungkin bisa kita temukan di pasar tradisional atau swalayan terdekat dikota anda tinggal.

Rasa buah serta aroma yang khas dari buah matoa tersebut banyak penikmat buah yang penasaran akan rasa nya,Sehingga memburu buah ini.Selain enak dan lezat di dalam buah matoa terdapat beberapa kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.Menurut penelitian salah satu universitas negeri di indonesia,Di dalam buah matoa terkandung vitamin sebagai berikut :


  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Vitamin E
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Kalsium 
  • Kalium
  • Karbohidrat


Vitamin dan mineral yang beragam tersebut diataranya baik untuk kesehatan tubuh manusia,Berikut ini ulasan singkatnya mengenai manfaat buah matoa untuk tubuh yang perlu anda ketahui.

Manfaat buah matoa untuk kesehatan

1. Meningkatkan kinerja otot/Masa otot
Buah dengan rasa manis alami yang kuat ini memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh,Yang mana karbohidrat tersebut akan diproses menjadi energi lalu di teruskan ke seluruh bagian otot tubuh manusia.Sehingga kinerja otot di dalam tubuh akan bekerja dengan optimal serta menjaga elastisitas otot agar tidak mudah cidera.

2. Mengobati panas dalam dan sariawan
Panas dalam disertai sariawan merupakan hal paling tidak menyenangkan,Tenggorokan sakit,bibir kering hingga bau mulut yang tidak segar.Buah matoa ini mampu mengatasi sariawan dan mencegah panas dalam,Mengapa begitu,?.Di dalam buah matoa terdapat kadungan vitamin C yang lumayan tinggi.Vitamin C baik untuk menjaga daya tahan tubuh serta mencegah panas dalam dan mengobati sariawan.

3. Mengatasi anemia
Rebusan daun matoa di beberapa daerah setempat digunakan sebagai media herbal untuk mengobati anemia,Atau penyakit kurang darah,Memang belum anda penelitian pasti akan kandungan senyawa dari daun tersebut,Namun daun buah matoa diyakini mampu mengurangi gejala anemia.

4. Mencegah osteoporosis
Kandungan kalsium pada buah matoa mampu mencegah osteoporosis,Gejala kerusakan tulang yang kerap muncul di waktu usia senja.Osteoporosis ini biasa terjadi terhadap orang lanjut usia yang mungkin di waktu muda kurang mencukupi akan kebutuhan vitamin untuk tulang mereka,Dengan rutin mengkonsumsi buah matoa,asupan vitamin untuk tulang akan terbantu,namum tetap diimbangi dengan tambahan makanan lain nya.

5. Menagkal radikal bebas
Kandungan vitamin C,E dan B serta mineral lainnya yang ada di dalam buah matoa merupakan antioksidan alami yang dihasilkan buah tersebut.Keberadaan antioksidan ini baik untuk tubuh manusia dikarenakan mampu menangkal radikal bebas jahat yang berusaha merusak daya tahan tubuh serta mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan gejala-gejala pertumbuhan sel kangker di dalam tubuh manusia.

6. Membasmi serangga
Selain dimakan buah nya,Kulit buah matoa juga kerap dijadikan obat pembasmi serangga seperti nyamuk,kecoa serta serangga lain nya.Dengan cara mengeringkan kulit buah matoa lalu membakar nya.asap dari pembakaran kulit matoa tersebut mengeluarkan aroma khas yang membuat serangga takut dan menjauh.

7. Baik untuk penderita diabetes
Rasa manis pada buah matoa terbilang unik,Manis nya itu tidak terlalu manis tetapi menggigit sekali dilidah,Usut punya usut rasa manis pada buah matoa tersebut sangat rendah kalori sehingga baik di konsumsi untuk penderita diabetes,Layak nya buah jagung yang rasa manis nya simpel tapi memberikan kesan.Akan tetap para penderita diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli agar tahu takaran kalori yang akan dikonsumsi setiap waktu.

Demikian informasi mengenai manfaat buah matoa kali ini.Semua informasi yang tersaji diatas hanyalah sekedar informasi untuk menambah wawasan kita semua.Jadi kita perlu cerdas dalam mencerna setiap informasi yang kita lihat dan baca.Sekian dan terima kasih

Baca juga : 8 Manfaat buah markisa bagi kesehatan ibu hamil Jangan dilewatkan

ads disini

Posting Komentar

 
Top