0
11 Manfaat vitamin pada buah nanas bagi kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 11 Manfaat vitamin pada buah nanas bagi kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 11 Manfaat vitamin pada buah nanas bagi kesehatan tubuh
link : 11 Manfaat vitamin pada buah nanas bagi kesehatan tubuh

Baca juga


11 Manfaat vitamin pada buah nanas bagi kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat buah nanas - Buah nanas merupakan buahan yang eksotis,Dilihat dari bentuk nya yang unik dengan duri kasar dibagian kulit luar nya disertai mahkota buah yang cantik bak raja atau putri.Buah nanas dan manfaat  nya memang sudah banyak di ketahui halayak umum,terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

Buah nanas konon dikabarkan berasal dari brasil,bolivia dan paraguay,yang termasuk tanaman dataran rendah dengan siklus masa panen 1 sampai 2 tahun setelah penanaman,tahukah kamu jika indonesia merupakan negara terbesar dalam hal ekspor buah nanas ke seluruh dunia hingga 50 negara lebih,Pertanian buah nanas terbesar di indonesia berada di lampung,dengan luas lahan hingga 33 ribu hektar lebih dengan kapasitas produksi 200 ton buah nanas perhari nya yang sudah di kemas dalam bentuk kaleng.

Manfaat buah nanas bagi kesehatan


Buah segar ini memang banyak peminat nya,di indonesia biasa nya buah nanas di olah menjadi minuman jus atau di jadikan campuran rujak,Rasa nya yang manis dan segar serta kaya akan serat sehingga buah nanas banyak peminat nya.

Selain enak di konsumsi,Buah dengan nama ilmiah Ananas comosus memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral di dalam nya,yang mana semua kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia,Berikut nutrisi yang terkandung dalam buah nanas, diantara nya sebagai berikut.

Kandungan nutrisi buah nanas per 100 grm
  • Energi: 52 kal
  • Protein: 0,4 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Fosfor: 11 mg
  • Zat Besi: 0,3 mg
  • Vitamin A: 130 IU
  • Serat: 0,4 g
  • Kalsium: 16 mg
  • Vitamin C: 24 mg
  • Karbohidrat: 13,7 g
  • Vitamin B1: 0,08 mg
  • Air: 85,3 g

Dilihat dari berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalam nya yang beragam maka tidak heran jika buah ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh,Ada pula manfaat buah nanas berdasarkan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam nya sebagai berikut ini.

Manfaat buah nanas bagi kesehatan

1. Sumber energi bagi tubuh
Energi merupakan kekuatan atau tenaga yang terdapat di dalam tubuh manusia,Yang diperoleh dari asupan makanan yang mengandung karbohidrat.100 grm buah nanas segar terdapat setidak nya kandungan energi 52 kkl.Yang mana dapat membantu asupan tambahan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.Mengkonsumsi buah nanas di siang hari mampu mengembalikan tenaga kita yang hilang dengan cepat serta membuat badan menjadi lebih bugar.

2. Sumber protein nabati untuk tubuh
Protein memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga fungsi sel di dalam tubuh hingga memperbaiki struktur jaringan sel yang rusak,Protein yang kita kenal ada dua macam yaitu protein hewani dan protein nabati yang mana protein hewani sering kita temukan dalam makanan seperti daging dan telur,sedangkan protein nabati terdapat pada sayuran,kacang-kacangan dan buah-buahan seperti buahan nanas yang satu ini.

3. Sumber lemak bagi tubuh
Pada dasarnya tubuh manusia membutuhkan lemak untuk penyerapan vitamin yang lebih cepat,Lemak pada sayuran atau buahan layak nya buah nanas ini merupakan jenis lemak yang sehat karena tidak menyebabkan kolesterol yang mana lemak sehat itu biasa disebut dengan lemak tak jenuh.Fungsi lemak tak jenuh tersebut baik untuk tubuh manusia yang di antaranya mampu memperbaiki jaringan sel yang rusak,mengatur suhu di dalam tubuh,produksi hormon hingga mencegah penuaan dini.

4. Sumber fosfor yang dibutuhkan tubuh
Fosfor di dalam tubuh selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi rupanya memiliki peran lain di dalam tubuh manusia diantaranya ialah untuk menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat,menjaga fungsi otot dan otak manusia,pembentuk protein dalam tubuh hingga melancarkan saluran pembuangan urine yang dapat menyebabkan batu ginjal.Maka mengkonsumsi buah nanas secara teratur bisa kita dapatkan semua manfaat tersebut.

5. Sumber zat besi untuk tubuh
Istilah zat besi melekat kuat dengan penyakit anemia yang mana kita ketahui penyakit anemia merupakan gejala kurang darah yang kerap menghampiri sebagian orang,Fungsi utama zat besi sendiri ialah untuk pembentuk hemoglobin atau sel darah merah di dalam tubuh manusia,selain tiu zat besi juga memiliki fungsi sebagai pembentuk masa oto tubuh,metabolisme energi dan mengontrol tekanan suhu tubuh.

6. Sumber vitamin A untuk mata
Buah nanas juga dianugerahi vitamin A yang berlimpah,Setidak nya di dalam 100 grm buah nanas bisa kita dapatkan 130 IU Vitamin A.Umum nya vitamin A pada buah banyak dicari sebagian orang untuk mencukupi akan asupan vitamin yang dibutuhkan mata.Buah nanas bisa menjadi salah satu alternatif vitamin A yang baik setelah wortel dan buah lain nya.

7. Sember serat yang dibutuhkan tubuh
Selain vitamin dan mineral,Tubuh manusia juga membutuhkan serat yang cukup,yang mana serat memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan,Saluran pencernaan yang sehat merupakan indikator kesehatan lambung dan usus kita,Maka penting untuk kita mencukupi kebutuhan serat,Serat sendiri dapat kita peroleh dari berbagai jenis sayur dan buah layak nya buah nanas yang satu ini.Fungsi serta pada buah nanas mampu mencegah sembelit hingga melancarkan BAB setiap hari.

8. Sumber kalsium untuk tubuh
Buah nanas baik untuk tulang kita,karena buah dengan nama latin Ananas comosus ini kaya akan sumber kalsium nya,Yang diketahui dalam 100 grm buah nanas terdapat kalsium 16 mg.Kalsium merupakan mineral yang berperan sebagai metabolisme jaringan keras pada tubuh manusia seperti tulang dan gigi.Sehingga mengkonsumsi buah nanas dengan rutin dan teratur mampu mencegah osteoporosis ( gejala perapuhan tulang ).

9. Sumber vitamin C tubuh
Buah yang rasa nya manis,asam dan segar ini kaya akan vitamin C nya.Senyawa organik pada buah nanas ini merupakan antioksidan alami yang baik untuk tubuh manusia,Yang mana memiliki manfaat yang beragam seperti pembentukan jaringan kolagen pada kulit,menjaga daya tahan tubuh,penangkal radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel tubuh hingga mencegah penyakit kangker.

10. Sumber karbohidrat
Buah nanas memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi,Fungsi karbohidrat pada tubuh dapat mencegah terjadinya ketidak seimbangan proses oksidasi lemak tubuh sehingga menghambat proses metabolisme di dalam tubuh kita.Sehingga proses pembentukan protein yang dibutuhkan tubuh manusia akan terganggu.

11. Sumber vitamin B1 bagi tubuh
Senyawa organik pada buah nanas yang berupa Thiamin atau vitamin B1 ini memiliki peran sebagai pemecah lemak dan protein dalam tubuh yang ber sinergi dengan karbohidrat untuk mempercepat proses metabolisme.Yang mana vitamin B1 satu tersebut bermanfaat untuk menjaga fungsi otak,menjaga kesehatan syaraf hingga mengatur detak jantung agar aliran darah menjadi stabil.

Demikian 11 manfaat buah nanas berdasarkan sumber vitamin dan nutrisi yang ada di dalam nya,Semoga ulasan ini menjadi informasi dan wawasan serta ilmu untuk kita semua.

Baca juga : Buah mangga dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan

ads disini

Posting Komentar

 
Top