0
7 Manfaat buah nangka untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Manfaat buah nangka untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Manfaat buah nangka untuk kesehatan
link : 7 Manfaat buah nangka untuk kesehatan

Baca juga


7 Manfaat buah nangka untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat buah nangka untuk kesehatan.- Buah nangka adalah buah yang berwarna kuning keemasan yang didalamnya ada biji berwarna coklat dan keras.Buah ini sering kita jumpai dipasar pasar dan supermarket,biasanya sudah dikemas cantik dengan tempat seperti styrofoam yang dibungkus dengan plastik transparan sehingga terlihat isinya dan menggoda setiap mata yang melihatnya untuk membeli.

Buah ini memiliki bau yang khas,dengan rasa yang manis,selain itu buah ini juga memiliki getah yang mengakibatkan lengket jika memegangnya.Buah nangka ini bisa kita makan langsung ataupun kita olah atau untuk campuran makanan.banyak macam olahan yang bisa kita jumpai di pasar pasar misalnya saja keripik nangka,puding,agar agar.dan sebagai campuran di es buah atau es campur.

Karena baunya yang khas itu,buah ini sering kali dipakai untuk mencampuri beberapa olahan jajanan pasar,kadang juga dicampur dalam kolak.Buah yang banyak tumbuh di pekarangan rumah ataupun kebun ini berasal dari india dan menyebar kedaerah daerah yang beriklim tropis termasuk indonesia,meskipun banyak pro dan kontra disebagian masyarakat tentang bahayanya mengkonsumsi buah ini tapi tetap saja buah ini disukai oleh masyarakat kita karena rasanya yang manis dan segar.



Manfaat buah nangka untuk kesehatan

Bukan hanya buahnya yang sudah matang namun buah yang masih mentah juga bisa dimakan,dijawa khususnya buah nangka yang masih mentah atau disebut juga dengan tewel biasanya diolah menjadi masakan yang enak dan lezat bahkan menjadi salah satu simbol khas dari daerah tersebut,pasti sudah tau ya nama masakannya,namanya gudeg menjadi salah satu masakan khas dari kota yogyakarta.

Tidak hanya buahnya,bijinya juga bisa dimakan,di jawa biji dari buah nangka ini disebut dengan beton.cukup direbus dan dicampur dengan sedikit garam bagi yang suka asin,rebus kurang lebih 15menit lalu tiriskan,rasanya nikmat dan lezat dengan memakan  biji ini juga bermanfaat untuk kesehatan,misalnya saja bisa digunakan saat kita terganggu sistem pencernaanya.

Buah nangka juga banyak mengandung nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan  tubuh manusia,misalnya saja vitamin A,B,C serta kandungan mineralnya yaitu kalium,kalsium,fosfor dan seng.berikut manfaat dan kegunaan buah nangka untuk kesehatan manusia:

Manfaat buah nangka untuk kesehatan


1.Melancarkan sistem pencernaan
Nangka banyak mengandung serat yang bermanfaat membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan,mengkonsumsi buah nangka ini bisa membantu kita saat kita terserang penyakit susah BAB.jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini secukupnya saja,karena buah ini bisa menimbulkan gas pada perut.

2.Sebagai pembangkit energi pada tubuh
Terdapat banyak sukrosa dan fruktosa yang ada didalam buah nangka ini,jika mengkonsumsi 100gr buah nangka bisa menghasilkan 95 kalori.kalori bisa menciptakan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.penting sekali energi untuk kita beraktifitas sehari hari,karena itu cobalah mengkonsumsi buah nangka agar tubuh kita tetap segar dan full energi.

3.Menjaga sistem kekebalan
Banyaknya aktifitas dan kegiatan biasanya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita, tubuh jadi mudah cape dan akhirnya gampang terserang penyakit.Buah ini banyak juga mengandung vitamin C yang bisa menjadi antioksidan yang baik.Vitamin C ini bisa membantu kita menangkal radikal bebas yang membahayakan dan menyerang sistem kekebalan tubuh.

4.Mencegah terjadinya stroke  
Stroke adalah penyakit yang banyak menyerang manusia yang rata rata berusia diatas 40 tahun,karena fungsi otot yang sudah tidak bekerja dengan benar,mungkin karena kekurangan kalium.kalium adalah mineral penting yang berperan penting dalam banyak fungsi salah satunya adalah menjaga otot bekerja dengan benar.Nangka adalah penghasil kalium yang baik,jadi makan buah nangka bisa mencegah kita terserang penyakit yang menakutkan ini.

5.Mencegah Anemia
 Zat besi pada buah nangka dapat membantu kita mencegah penyakit yang satu ini,karena zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat kaitannya dengan jumlah darah yang diperlukan oleh tubuh.bila zat besi pada tubuh kita tidak seimbang maka yang terjadi kita bisa terserang anemia,kita bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi buah nangka yang menghasilkan zat besi.

6.Mencegah terjadinya pengeroposan tulang
Buah nangka juga penghasil kalsium yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang,ini biasanya sering terjadi pada usia diatas 50tahun dan juga pada atlet atlet yang banyak mengandalkan tulang sebagai tumpuan jika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi makanan penghasil kalsium maka tulang akan keropos dan susah untuk beraktifitas.

7.Menjaga kekuatan tulang dan gigi
Kandungan fosfor yang ada dalam buah nangka bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi,karena fungsi fosfor dan kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan pertumbuhannya.

Demikian beberapa manfaat dari buah nangka untuk kesehatan tubuh manusia,yang perlu diperhatikan adalah mengkonsumsi buah nangka ini sesuaikan kebutuhan kita jangan berlebihan terutama untuk penderita penyakit maag,karena buah ini menciptakan gas yang bisa menaikan asam lambung yang memicu maag.



ads disini

Posting Komentar

 
Top