0
10 Manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kecantikan, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia
link : 10 Manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia

Baca juga


10 Manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia

ads disini
ads disini

Manfaat buah kelapa.-Buah kelapa,pohonnya sering tumbuh dipinggir pantai dengan batang yang lurus menjulur keatas dan tinggi ini mempunyai nama latin cocos nucifera.Daun buah dan pohonnya bahkan sampai ke akar akarnya.Dibeberarapa daerah pedalaman di indonesia daun dari  pohon ini bahkan masih digunakan untuk membuat bilik rumah.Karena banyak manfaatnya untuk manusia itulah maka pohon ini sering disebut dengan pohon serba guna.

Pohon yang mempunyai daun tunggal dan bersirip ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan kita sehari hari batang daunnya sering kita sebut dengan lidi,sampai saat ini masih banyak sekali digunakan oleh para pembuat sapu lidi,dan hasilnya bisa kita gunakan sehari hari untuk menyapu halaman.daunnya yang masih muda disebut janur,gunanya sebagai pembungkus makanan seperti kupat ,bahan dekorasi diacara acara adat daerah.Daunnya yang sudah tua biasanya digunakan untuk membuat atap atau anyaman.

Manfaat dari akarnya juga banyak yaitu sebagai campuran untuk obat obatan herbal,selain itu bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat kerajinan tangan,banyak dijumpai hasil dari kerajinan tangan tersebut misalnya saja sebagai aksesoris yaitu gelang dan kalung.Karena akarnya yang kuat seringkali digunakan oleh manusia sebagai penangkal banjir dan sifat dari akarnya yang bisa menyerap banyak air.Hal ini mungkin alasan mengapa pohon kelapa banyak kita jumpai dipemukiman penduduk.

manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia


Daun dan akarnya yang mempunyai banyak manfaat,tak kalah juga dengan batang dari pohon kelapa ini.Tinggi dari pohon kelapa ini sekitar 30M. di dalam industri,batang pohon kelapa ini bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas,selain itu juga digunakan untuk membuat kusen dan pintu,atau furniture rumah yang lain.


Saatnya saya mengupas kegunaan dari buah kelapa ini,dimulai dari kulit luarnya dulu di pulau jawa kulit dari buah kelapa atau sering kita sebut dengan sabut kelapa.Sabut kelapa ini sering digunakan sebagai bahan dasar membuat sapu ijuk.Tidak hanya sapu ijuk,ada juga keset dan kerajinan tangan lain misalnya tas ataupun dompet.setelah sabut lalu kulit dari buah kelapa bagian dalamnya yaitu yang sering orang jawa sebut sebagai batok.Batok kelapa sering diolah menjadi sebuah bentuk kerajinan tangan misalnya gayung,celengan,asbak,dan hiasan rumah yang lain tidak ketinggalan  batok kelapa bisa dipakai menjadi arang.

Sebelum saya jelaskan tentang manfaatnya untuk kesehatan manusia,buah kelapa yang berwarna putih bersih ini didalamnya juga ada air yang  banyak manfaat dan kegunaannya untuk kehidupan kita sehari hari.Airnya bisa diminum langsung,karena air dari buah kelapa ini selain segar juga manis  tanpa harus kita tambah gula atau apapun sudah enak rasanya.Selain itu bisa menjaga kita dari dehidrasi dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh,kandungan vitamin C nya baik untuk wanita yang sedang hamil karena dapat mencegah mual dan gejala morning sick untuk wanita yang hamil di trisemester pertama.

Buah kelapa banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan kita sehari hari,selain menghasilkan santan yang bisa digunakan untuk dicampurkan kedalam masakan,buah kelapa juga besar manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia,antara lain:

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia


1. Menurunkan berat badan
Bagi yang mau menurunkan berat badan bisa mengkonsumsi buah ini karena kandungan serat dalam buah ini bisa menyehatkan pencernaan dan juga melancarkan bab sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa untuk menurunkan berat badan secara bertahap.

2. Untuk kesehatan rambut
Rambut adalah mahkota untuk para wanita,karena itu banyak hal dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut buah kelapa ternyata bisa mengatasi masalah itu.Santan dari hasil olahan buah kelapa ini bisa untuk menyehatkan dan menghitamkan rambut kita.selain santan,air dari buah kelapa ini bisa bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan akar dari rambut kita.

3. Menguatkan tulang pada tubuh kita
Air dari santan itu sendiri bermanfaat untuk kesehatan tulang kita selain itu juga untuk mengobati tulang yang keropos serta nyeri nyeri pada tulang.

4. Sebagai anti oksidan
Tubuh kita memerlukan anti oksidan agar kita tidak gampang terserang penyakit,karena aktifitas kita yang padat,pola makan yang tidak teratur,cuaca yang tidak menentu terkadang membuat tubuh kita gampang terserang penyakit.Hal ini bisa kita atasi dengan rutin mengkonsumsi buah kelapa ataupun air dari buah kelapa ini.

5. Membantu proses penyerapan kalsium pada tubuh
Buah kelapa yang sudah diolah menjadi minyak,yang sering disebut dengan minyak kelapa ternyata bisa membantu penyerapan kalsium terutama untuk balita,minyak ini sangat bagus dikonsumsi untuk balita,kegunaannya sebagai penyerap kalsium dalam tubuh membantu proses tumbuh kembang balita.

6. Banyak mengandung Vitamin
Didalam sistem metabolisme didalam tubuh kita memerlukan banyak vitamin pendukung untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan bisa beraktifitas.buah kelapa ini banyak mengandung vitamin untuk menunjang itu semua,sehingga sistem kerja dalam tubuh kita bisa terjaga dan bekerja dengan baik.

7. Menjaga kesehatan jantung manusia
Didalam minyak kelapa terkandung lemak jenuh yang befungsi untuk mengurangi penumpukan lemak didalam jantung kita sehingga mencegah terserang penyakit jantung yang membahayakan manusia.

8. Mencegah penuaan dini
Anti oksidan yang ada didalam buah ini menangkal radikal bebas yang bisa merusak kulit pada wajah dan tubuh kita,sehingga kulit kita tetap sehat,kencang,bercahaya dan tetap awet muda.

9. Menyehatkan gigi
Kalsium pada buah ini mampu mempertahankan kekuatan gigi kita jadi tidak mudah terkena sakit gigi ataupun rapuhnya gigi kita.

10. Menghilangkan ketombe pada rambut
Ketombe adalah sejenis penyakit pada kulit kepala kita rasanya yang gatal bisa mengganggu aktifitas kita sehari hari minyak kelapa yang dioles pada kulit kepala kita pada malam hari menjelang tidur dan bersihkan pada pagi harinya dengan keramas bisa mengatasi masalah ini.

Demikian beberapa manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia,semoga bisa berguna dan bermanfaat ya.

Baca juga : 10 Manfaat buah lobak putih untuk kesehatan tubuh

ads disini

Posting Komentar

 
Top