0
Dragon fruits Si buah naga dan 9 manfaatnya untuk kesehatan (WAJIB BACA) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Dragon fruits Si buah naga dan 9 manfaatnya untuk kesehatan (WAJIB BACA), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dragon fruits Si buah naga dan 9 manfaatnya untuk kesehatan (WAJIB BACA)
link : Dragon fruits Si buah naga dan 9 manfaatnya untuk kesehatan (WAJIB BACA)

Baca juga


Dragon fruits Si buah naga dan 9 manfaatnya untuk kesehatan (WAJIB BACA)

ads disini
ads disini

Manfaat buah naga - Dragon fruits atau buah naga memang dikenal sebagai salah buah yang banyak memiliki manfaat untuk tubuh manusia,Karena di dalam buah nya banyak terdapat kandungan vitamin dan mineral yang beragam.Buah naga diperkirakan berasal dari amerika selatan,Tergolong kedalam jenis tanaman kaktus,Yang mana kita ketahui daratan amerika yang tandus dan kering banyak ditumbuhi berbagai jenis kaktus,salah satunya buah naga tersebut.

Tanaman kaktus sendiri bisa tumbuh di iklim yang kering,tidak memerlukan banyak air layak nya tanaman lain,Sama halnya dengan buah naga ini,dapat tumbuh di suhu iklim yang panas walaupun minim pasokan air,Buah naga berasal dari bunga buah nya,Yang mana bunga tersebut menyerap sumber air dari akar dan batang buah nya,Jika tidak rontok bunga buah tersebut yang nanti nya akan menjadi bakal buah naga yang bisa kita lihat dan kita konsumsi.

Buah naga juga memiliki banyak jenis,Mulai dari buah naga merah,buah naga putih hingga buah naga kuning.Sebenarnya masih banyak lagi akan tetapi 3 jenis buah tersebut yang umum kita temukan di pasaran.

Baca juga : Manfaat dari kulit,batang,daging buah naga merah

Buah dengan nama ilmiah Hylocereus undatus atau juga sering disebut pitaya ini memiliki bentuk bulat lonjong dengan kelopak kulit yang menonjol runcing di bagian luar nya,persis seperti sisik naga,serta memiliki rasa buah yang manis namun tidak terlalu manis.

Manfaat buah naga untuk kesehatan


Dalam tradisi cina buah ini dikenal sebagai buah dewa atau buah keberuntungan maka dalam acara-acara tertentu disana buah ini kerap disandingkan didekat patung dewa naga menurut kebudayaan cina,sehingga sampai sekarang buah tersebut dikenal sebagai buah naga.Bahkan jika kita lihat sekilas,bentuk tanaman buah naga yang merambat,meliuk-liuk dan melingkar layak nya sebuah naga yang sedang terbang berwarna hijau semakin menegaskan akan eksistensi asal muasal nama buah naga tersebut.

Terlepas dari morfologi dan mitologi buah naga,Buah yang satu ini juga banyak disukai orang karena manfaat nya yang baik untuk tubuh.Yang sudah sejak lama diyakini mampu mencegah berbagi penyakit kronis hingga mampu menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.Ada pun kandungan-kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah di dalam nya memang diperlukan tubuh manusia.Berikut manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh dan kandungan nutrisi didalam nya.

Baca juga : 11 Manfaat vitamin pada buah nanas 

Kandungan nutrisi buah naga per 100 grm

  • Air 87 gram
  • Protein 1,1 gram
  • Serat s0,71 gram
  • Kalsium 134,5 mg
  • Karbohidrat 11,5 gram
  • Fosfor 87 mg
  • Zat besi 0,65 mg
  • Vitamin B1 0,04 mg
  • Vitamin B12 sebanyak 0,05 mg
  • Vitamin B3 sebanyak 0,16 mg
  • Vitamin C sebanyak 9,4 mg

Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh

1. Menjaga kesehatan tulang
Buah naga banyak dikonsumsi para manula karena buah ini kaya akan kalsium organik yang baik untuk menjaga kesehatan tulang hingga gigi,Karena para manula atau lansia pada dasarnya membutuhkan banyak asupan kalsium agar terhindar dari penyakit osteoporosis atau gejala kerapuhan tulang,Maka tidak heran jika buah yang satu ini banyak dikonsumsi orang-orang lanjut usia.

2. Untuk daya tahan tubuh
Buah naga yang segar ini sering di rekomendasikan banyak dokter untuk dikonsumsi,Alasan nya ?.buah naga dapat mempercepat penyembuhan pasca sakit,Karena di dalam buah naga terdapat nutrisi yang beragam yang mampu mempercepat kinerja sel-sel penyembuhan di dalam tubuh manusia.Selain itu buah naga juga kaya akan kandungan senyawa organik asam askorbat yang bertindak sebagai antioksidan alami untuk tubuh,Sehingga tubuh lebih kuat.

3. Pencegah kanker
Buah dengan nama ilmiah hylocereus undatus dipercaya dapat mencegah penyakit kanker,Karena buah naga merupakan buah yang kaya akan vitamin kompleks yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh,Selain itu buah naga juga dapat mencegah perkembangan radikal bebas yang merusak susunan sel dan DNA yang nantinya akan menyebabkan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

4. Sumber serat
Buah naga,selain enak dan banyak kandungan air nya juga kaya akan serat,Yang mana serat sangatlah dibutuhkan oleh tubuh,Serat memiliki peran sebagai pengikat lemak dalam usus,Sehingga berfungsi juga sebagai media detox alami,Selain itu serat pada buah naga juga baik untuk saluran pencernaan yang berfungsi melancarkan BAB setiap hari,Fungsi serat juga dapat mengontrol berat badan tubuh agar tetap ideal.
Baca juga : Buah pisang dan manfaatnya untuk kecantikan wajah
5.  Menjaga kesehatan kulit
Kulit tubuh merupakan hal terpenting yang harus dijaga,Untuk mendapatkan kulit yang bagus,bersih dan sehat banyak cara yang bisa kita tempuh,Salah satu nya memanfaatkan buah naga ini sebagai media untuk menjaga kesehatan kulit,Buah naga memiliki tekstur unik sedikit kasar sehingga cocok dijadikan sebagai lulur atau scrub untuk tubuh,Kandungan vitamin C nya mampu mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati serta melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet (UV) atau debu dan asap polusi kendaraan.

6. Mengontrol gula darah dalam tubuh
Rasa manis pada buah naga bukan dihasilkan dari glukosa,Maka buah yang satu ini dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh,Sehingga buah naga baik juga untuk menyembuhkan penyakit diabetes,rasa buah naga memang manis namun tidak terlalu manis jadi cocok untuk konsumsi para penderita diabet.Selain itu penderita diabetes wajib berkonsultasi kepada dokter agar paham akan nilai takaran gula yang dibutuhkan tubuh mereka.

7. Menjaga kesehatan mata
Mengkonsumsi buahan yang kaya akan kandungan vitamin A atau beta karoten memang baik untuk kesehatan mata,Terlebih lagi untuk anak,Karena dalam masa pertumbuhan anak,vitamin A selain baik untuk mata juga memiliki peran untuk perkembangan otak anak,Maka buah naga ini cocok juga dikonsumsi oleh anak.

8. Pembentuk sel darah merah
Sel darah merah tak lepas peran nya sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh manusia hingga pembentukan hemoglobin,Kedua proses tersebut akan lebih baik jika asupan zat besi di dalam tubuh tercukupi.Zat besi sendiri bisa kita dapat dari berbagai jenis makanan seperti sayuran hingga buah-buahan seperti buah naga yang satu ini.zat besi memiliki manfaat untuk tubuh,diantara nya mencegah anemia,mengontrol detak jantung hingga pembentukan jaringan sel di dalam tubuh manusia.

9. Menjaga fungsi syaraf
Kobalamin atau vitamin B12 yang terkandung di dalam buah naga memiliki manfaat untuk menjaga struktur syaraf dalam tubuh,yang berperan untuk menghilangkan rasa keram hingga mempercepat penyembuhan pasca cidera otot.

Demikian beberapa manfaat buah naga yang bisa kita peroleh untuk kesehatan tubuh kita,Semoga ulasan singkat ini mampu memberikan informasi yang anda butuhkan,Serta menjadi wawasan baru bagi kita semua.Tetap sehat dan terus berkarya

Baca juga : Manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan tubuh

ads disini

Posting Komentar

 
Top