0
Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh
link : Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh

Baca juga


Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat buah kesemek-.Melihat buah kesemek sekilas seperti buah terong atau tomat sayur,Hanya warna dari buah kesemek ini orange cerah.Rasa buah kesemek manis dan sepet serta bertekstur sangat khas.Jika masuk kedalam mulut akan terasa lengket seperti ketela rebus.Tapi aroma buah kesemek sangatlah menggoda.

Buah dengan nama lain japanese persimmon dalam bahasa ilmiah nya diospyros kaki konon berasal dari dataran tiongkok dan menyebar dengan cepat ke negara jepang,Hingga kini bua kesemek sudah banyak kita jumpai di indonesia,Daerah penghasil buah kesemek terbanyak terletak di provinsi sumatra,lebih tepat nya sumatra utara daerah brastagi.Disana buah kesemek dapat kita temukan dengan mudah.

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh


Harga buah kesemek di pasar brastagi kisaran 20 ribu rupiah per kilo nya,namun harga tersebut dapat berubah sesuai musim,tergantung banyak atau tidak hasil panen buah kesemek yang ada disana.Buah kesemek bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman,seperti selai,sirup,manisan hingga bahan dasar pembuatan es krim.Sebelum proses pembuatan bahan makanan tersebut biasa nya buah kesemek di keringkan terlebih dahulu.

Berbicara manfaat buah kesemek untuk kesehatan memang sudah tidak asing,di negara-negara seperti jepang dan cina hingga malaysia,buah kesemek banyak dikonsumsi untuk di ambil manfaat nya.Karena dalam buah ini banyak terdapat kandungan vitamin seta mineral yang diantara nya sebagai berikut.

Kandungan nutrisi Setiap 100 grm buah kesemek


  • kalori 78 kkal
  • protein 0,8 g
  • lemak 0,5 g
  • karbohidrat 20 g fruktosa dan glukosa
  • kalsium 6 mg
  • vitamin A 2.710 SI
  • vitamin C 11 mg
  • vitamin B1 0,05 mg
  • Nilai Energi 320 kJ/100 g


Kandungan vitamin serta nutrisi di dalam nya bisa kita ketahui,jika buah kesemek layak dan wajib menjadi menu buah-buahan sehat yang harus kita makan.Menurut riset,mengkonsumsi buah kesemek satu buah dalam satu hari baik untuk kesehatan saluran pencernaan,karena buah ini kaya akan kandungan serat nya.Yang mana kita ketahui jika serat baik sekali untuk tubuh.Terutama untuk melancarkan BAB,serta mengatasi sembelit.Ada pula manfaat buah kesemek lain nya dibawah ini.

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh

1. Menjaga daya tahan tubuh
Terkadang kita sangat sulit untuk menjaga daya tahan tubuh,Padahal daya tahan tubuh hal utama untuk kesehatan kita,Bayangkan jika tubuh tidak memiliki daya tahan,pasti segala macam penyakit akan mudah datang.

Cara simpel menjaga daya tahan tubuh selain berolahraga dengan rutin,kita juga wajib minum air puting delapan gelas per hari dan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C.Buah kesemek salah satu buahan yang banyak mengandung vitamin C.Menurut informasi,vitamin C buah kesemek lebih tinggi dari buah semangka dan buah apel.

2. Mencegah penumpukan lemak
Manfaat buah kesemek lainnya ialah mampu mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh,Yang mana lemak menumpuk pada dinding arteri sehingga mengakibatkan aliran darah tidak lancar,atau sering disebut dengan pembekuan aliran darah,Hal tersebut bisa mengacu pada kesehatan jantung.

3. Mencegah penyakit kangker
Buah berwarna kuning terang ini dikaruniai senyawa likopen,yang mana senyawa likopen tersebut bertindak sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak tatanan sel-sel DNA sehingga tercetuslah penyakit kangker di dalam tubuh manusia.

4. Mencegah penyakit diabetes
karbohidrat fruktosa dan glukosa dalam buah kesemek sangat baik untuk para penderita diabetes jika dikonsumsi dalam batas normal,Kandungan senyawa tersebut di imbangi dengan vitamin lain nya mampu memberikan daya tahan tubuh lebih bagi para penderita penyakit diabetes.Saran kami selalu konsultasi kepada dokter ahli agar anda dapat mengetahui kadar gula darah dalam tubuh,Sehingga anda dapat mengontrol pola makan yang tepat untuk tubuh anda.

5. Menjaga kesehatan mata
Buah kesemek memiliki kandungan vitamin A yang tinggi,Dalam 100 grm buah kesemek bisa kita dapatkan setidak nya vitamin A 2.710 SI.Seperti yang sudah kita ketahui,vitamin A baik untuk kesehatan mata.Maka mengkonsumsi buah kesemek dengan rutin secara berkala mampu mencukupi akan kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata.

6. Sumber kalsium untuk tulang
Orang-orang tua di jepang banyak memilih buah kesemek sebagai buahan konsumsi mereka,Bukan tampa alasan,Karena buah ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi.Kalsium sendiri salah satu unsur penting untuk menjaga kesehatan tulang pada tubuh manusia.Maka tidak heran jika orang-orang lanjut usia di jepang gemar mengkonsumsi buah kesemek,Rupanya buah baik untuk kesehatan tulang.Sehingga mereka terhindar dari gejala osteoporosis.

7. Mengobati hipertensi
Buah kesemek muda memiliki rasa yang agak sepet dan di dalamnya terkandung senyawa tanin atau kaki,Yang mana senyawa tanin kaki tersebut baik untuk mengontrol tekanan darah didalam tubuh.Hingga menyembuhkan penyakit hipertensi.

Buah berwarna kuning ini memang menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan manusia,Di lihat dari ragam vitamin yang terkandung di dalam nya maka tidak heran jika buah kesemek menjadi salah satu buah unggulan dengan nilai jual yang tinggi,serta manfaat yang luar biasa banyak untuk kesehatan.

Sekian ulasan singkat mengenai manfaat buah kesemek untuk kesehatan kali ini.Semoga bermanfaat serta dapat menjadi informasi berguna untuk kita semua.

Baca juga : Manfaat buah kersen untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top