0
Jenis rambutan dan segudang manfaatnya untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis rambutan dan segudang manfaatnya untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis rambutan dan segudang manfaatnya untuk kesehatan
link : Jenis rambutan dan segudang manfaatnya untuk kesehatan

Baca juga


Jenis rambutan dan segudang manfaatnya untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan.-Buah ini pastinya tidak asing untuk siapa saja terkecuali untuk anak anak yang masih balita.Saya yakin semua sudah pernah makan buah yang satu ini karena buahnya mudah didapat dimana saja,terutama di Indonesia,karena buah ini adalah salah satu jenis buah yang musiman sudah pasti pada saat musimnya datang akan dengan mudah kita jumpai dimana saja dan pastinya diserbu oleh para penggemar buah buahan.

Sekedar info saja mungkin ada yang memang belum tau ciri dari  buah rambutan ini seperti apa,buah ini sesuai dengan namanya yaitu rambutan kulitnya berambut,,bagian dalamnya yaitu buahnya bulat berwarna bening,untuk rasanya biasanya ada yang asam ada juga yang manis.didalamnya lagi ada biji yang berwarna coklat,keras.Saat belum matang buah ini berwarna hijau dan ,akan berubah menjadi merah ada juga yang kekuningan jika sudah matang.Buah ini memang banyak tumbuh di Indonesia hal ini dikarenakan tanaman dari buah rambutan ini hanya bisa tumbuh didaerah tropis seperti Indonesia.

Setau saya buah rambutan ini memiliki banyak jenis,berikut ini beberapa macam atau jenis rambutan yang namanya sering saya dengar dan  ada di Indonesia :

- Rambutan Rapiah : rambut dari buah ini pendek dan tebal,kebanyakan berwarna hijau mempunyai rasa yang manis,daging dari buah ini mudah dikupas atau dalam bahasa jawa nglotok.

- Rambuatan Kapulasan : hampir sama dengan jenis buah rambutan rapiah rambutnya,namun warnanya berbeda,jenis buah rambutan yang satu ini mempunyai warna merah kecoklatan,dengan rasa yang asam manis.

- Rambutan Garuda : buah ini banyak tumbuh di Kalimantan selatan,dengan ciri buahnya adalah memiliki rambut yang panjang dengan ujung berwarna kuning,buah ini lebih besar dari buah rambutan yang lain rasanya manis dan buahnya agak sedikit kering.

- Rambutan Antalagi : jenis ini memiliki rambut yang pendek dengan warna hijau kekuningan,rasanya sangat manis dan berbau khas,jenis ini adalah salah satu jenis rambutan terbaik yang ada di Indonesia.

- Rambutan Cimacan : rambut merah kekuningan,rasanya manis.buah ini berasal dari jawa barat,cianjur khususnya.

- Rambutan Binjai : rambut dari buah ini jarang tidak terlalau lebat,sedikit kaku memiliki rasa yang manis segar,dan banyak mengandung air daging buahnya,tidak salah jika banyak sekali yang suka dengan jenis rambutan yang satu ini.

Rambutan,buah berambut dan memiliki segudang manfaat untuk kessehatan


Selain banyak jenisnya ternyata buah rambutan ini juga memiliki banyak kandungan vitamin dan gizinya,dibawah ini adalah macam macam vitamin yang terkandung didalam buah rambutan:

-  Zat besi
- Vitamin B6 0.02 mg
- Vitamin B1 atau thiamine 0,013 mg
- Vitamin B3 atau niacine  1,352 mg
- Serat 0,9 mg
- Vitamin C 4,9 mg
- Energi 343 kj atau 82 kal
- Vitamin B2 atau riboflavin 0,022 mg
- Magnesium 7 mg
- Sodium 11 mg
- Kalsium 22 mg
- Mangan 0,343 mg

Bisa kita lihat banyak sekali kandungan vitamin dan gizi yang ada didalam buah ini,tentu saja vitamin dan mineral tersebut diatas banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.hemm,jadi tidak ada salahnya ya kita serbu buah ini pada saat musimnya nanti.Berikut ini beberapa alasan kenapa kita jangan ragu untuk makan buah rambutan:

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan


1. Mengobati dan mencegah penyakit pada pencernaan
Buah yang memiliki banyak kandungan serat akan sangat membantu kita dalam mengatasi masalah dengan pencernaan.nah buah rambutan ini adalah salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi,serat mampu menjaga dan membersihkan bakteri dan kuman kuman pada sistem pencernaan kita jadi kita bisa terhindar dari penyakit pencernaan misalnya saja diare atau susah buang air besar.

2.Mempertahankan daya tahan tubuh
Vitamin C adalah sumber vitamin yang banyak berpengaruh pada sistem imun dalam tubuh kita,bahasa kerennya adalah sebagai antioksidan,Anti oksidan mampu menangkal radikal bebas yang ada disekitar kita,sehingga kita tidak mudah jatuh sakit.

3.Menurunkan kadar kolesterol jahat 
Jika kadar kolesterol dalam tubuh kita tinggi ini akan sangat berbahaya ,karena kadar kolesterol yang tinggi akan menimbulkan plak pada lumen pembuluh darah, yang bisa merusak pembuluh darah.Plak yang berisi kolesterol adalah lemak dan komponen peradangan,plak ini bisa menempel di pembuluh darah mana saja,namun yang  paling di kawatirkan adalah jika menempel pada pembuluh darah jantung koroner dan pembuluh darah otak.Mengerikan!,sebelum itu terjadi lebih baik kita menjaga kesehatan kita salah satunya dengan memakan buah rambutan ini,karena buah ini mengandung flavonoid yang salah satu fungsinya yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4.Membantu program diet anda
Maasukan buah ini dalam kantung belanja anda yang sedang menjalani program diet,tau ga kenapa? buah ini mempunyai sukrosa dan fruktosa.apa tu sukrosa dan fruktosa? fruktosa dan sukrosa adalah gula alami yang dihasilkan oleh buah rambutan ini,jadi untuk pelaku diet,anda bisa makan buah ini tanpa takut gemuk,karena gula yang dihasilkan adalah gula alami.

5.Menyembuhkan penyakit anemia
Anemia adalah kurangnya sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah,gejalanya yaitu tubuh mudah letih atau lelah,tidak nafsu makan,wajah terlihat pucat,dan nafas pendek,sering kesemutan.Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah kurangnya zat besi,zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.Rambutan adalah salah satu buah yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi,makan buah ini akan mencegah kita terkena anemia.

6.Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Magnesum adalah sejenis mineral yang terkandung dalam buah rambutan ini yang mengandung kalsium.perannya dalam kesehatan tubuh kita adalah bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi.fungsi magnesium itu sendiri yaitu membantu mengatur kalsium dalam tubuh bersamaan dengan vitamin D.jadi kita akan terhindar dari penyakit tulang misalnya osteoporosis

7.Sebagai sumber energi
Ternyata rambutan mengandung karbohidrat,dan karbohidrat adalah sumber energi yang baik untuk tubuh.jika kita kekurangan karbohidrat maka tubuh kita tidak mempunyai energi yang cukup untuk aktifitas kita sehari hari.makan buah rambutan ini adalah penghasil karbohidrat yang baik dan alami.

8.Menjaga kinerja Ginjal dan Jantung
Buah rambutan mengandung sodium,sodium adalah garam alami yang dihasilkan oleh buah ataupun sayuran.Manfaatnya untuk tubuh adalah melancarkan sistem pencernaan,menyehatkan otot,mengontrol tekanan darah,melindungi jaringan otak dan mampu menjaga kinerja ginjal dan jantung.

9.Mampu mengeluarkan racun dalam tubuh
Mangan mampu mengeluarkan radikal bebas yang ada didalam tubuh,buah rambutan mengandung mangan sebesar 0,343 mg.Mangan sendiri merupakan mineral dari makanan yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

10.Mencegah penyakit beri beri
Beri beri adalah suatu penyakit yang kekurangan vitamin B1,gejalanya adalah adanya pembengkakan tergantung sistem mana yang diserangnya,sistem kardiovaskuar atau sistem saraf.beri beri sendiri terdiri dari dua jenis yaitu beri beri basah dan beri beri kering.Buah rambutan ini juga mengandung vitamin B1 jika anda memakan buah ini resiko terkena penyakit beri beri bisa dihndari.

Dari beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan yang tersebut diatas semoga bisa membantu dan berguana untuk siapa saja yang membacanya,terimakasih

Baca juga : 10 manfaat buah pir untuk kesehataan tubuh yang harus diketahui

ads disini

Posting Komentar

 
Top