0
11 manfaat vitamin dan mineral pada buah durian untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 11 manfaat vitamin dan mineral pada buah durian untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 11 manfaat vitamin dan mineral pada buah durian untuk kesehatan
link : 11 manfaat vitamin dan mineral pada buah durian untuk kesehatan

Baca juga


11 manfaat vitamin dan mineral pada buah durian untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat buah durian-.Buah duren atau durian memiliki julukan raja di raja dari segala macam buahan yang ada atau dalam bahasa inggris King of Fruit.Buah durian memiliki bentuk bulat tidak sempurna dengan duri-duri tajam di bagian kulit nya.Buah ini memiliki aroma yang sangat tajam hingga menusuk hidung.Buah durian merupakan buah faforit bagi para pencintanya.

Buah durian berasal dari daerah asia tenggara,Dibudidayakan untuk diambil buahan nya sebagai konsumsi.Pada dasarnya mengkonsumsi buah durian secara berlebihan tidak menyebabkan tensi darah menjadi tinggi,Melainkan buah durian ini kaya kan kandungan Nutrisi,yang mana jika kadar nutrisi dalam tubuh meningkat maka akan menyebabkan tensi darah dalam tumbuh meningkat pula.

manfaat vitamin dan mineral buah durian


Rasa buah durian sangat lezat serta bertekstur khas dan lembut.Bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman.Seperti,Jus buah durian,pancake durian,sambal durian dan masih banyak lagi.Buah durian sangat fenomenal karena kontroversi yang dihasilkan jika mengkonsumsi berlebihan untuk kesehatan.

Selain sebagai konsumsi,Buah durian juga banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia,Mulai dari batang,kulit buah hingga biji buah nya.Berikut ini manfaat-manfaat buah durian untuk kehidupan kita.

Berbagai manfaat buah durian untuk kehidupan manusia

Manfaat buah durian untuk kesehatan

Buah durian memiliki banyak kandungan vitamin,mineral serta gizi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia,Diantaranya sebagai berikut :


  • Energi 1,47 gr
  • Lemak 5,33 gr
  • Serat 3,8 gr

  • beberapa vitamin seperti

  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C

  • Mineral penting seperti 

  • Kalsium
  • Kalium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Zink 
  • Antioksidan 
  • Beta karoten

1.Manfaat energi pada buah durian
Energi merupakan kebutuhan utama untuk mahluk hidup,terutama bagi manusia.Energi berguna sebagai tenaga,kekuatan atau power untuk menunjang kehidupan setiap hari,Bayangkan jika kita hidup tampa energi pasti akan kacau balaw,Tubuh pastilah akan lemas tidak bertenaga,Hingga terjadinya berbagai penyakit yang tidak kita harapkan.

2.Manfaat lemak pada buah durian
Lemak yang dihasilkan oleh buah durian berguna sebagai sumber energi tubuh,Manfaat lemak lainnya yaitu untuk menjaga fungsi sel dalam tubuh,Menjaga fungsi otak,menyehatkan kulit serta membantu menyerap berbagai vitamin dalam tubuh.

3.Manfaat serat pada buah durian
Pada dasarnya tubuh manusia sarat akan kebutuhan serat yang harus dipenuhi.Serat berfungsi membantu menyehatkan saluran pencernaan.Serta bermanfaat pula untuk melancarkan BAB setiap hari.Serat juga baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan tubuh.

4.Manfaat vitamin A pada buah durian
Seperti yang kita ketahui,Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta bermanfaat pula untuk menjaga kesehatan otak,Menjaga daya tahan tubuh serta sebagai zat penangkal kangker alami.

5.Manfaat vitamin B pada buah durian
Tubuh membutuhkan vitamin yang mampu menunjang akan keberlangsungan system di dalam nya.Salah satu vitamin yang baik untuk tubuh ialah vitamin B,Vitamin ini berguna untuk perkembangan fungsi tubuh lainnya.Agar terjadi keseimbangan fungsi satu sama lain nya.

6.Manfaat vitamin C pada buah durian
Vitamin C pada buah merupakan sumber antioksidan alami yang baik untuk keberlangsungan kesehatan tubuh.Diantaranya sebagai penangkal radikal bebas,mencegah sariawan,mencegah penuaan dini serta pengoptimalan zat besi dalam tubuh.

7.Manfaat kalium pada buah durian
Kalium yang terdapat pada buah durian berguna untuk kesehatan tulang dan gigi,bekerja sama dengan natrium serta klorida yang mengatur fungsi aliran listrik dalam tubuh manusia,Selain itu kalium juga bermanfaat untuk ibu hamil,Karena kalium dapat mengurangi gejala kontraksi pada otot rahim.

8.Manfaat zat besi pada buah durian
Tubuh manusia membutuhkan asupan zat besi yang mencukupi,Karena zat besi sangaat penting untuk kehidupan manusia,Jika kekurangan zat besi biasanya tubuh akan merasa lemas dan akan menjadi malas untuk beraktifitas.Zat besi mempunyai manfaat untuk mengalirkan oksigen keseluruh tubuh,pembentuk hemoglobin,metabolisme tubuh,menjaga fungsi otak serta mencegah anemia.

9.Manfaat beta karoten pada buah durian
Beta karoten merupakan sejenis pigmen yang menghasilkan warna pada daun,kulit hingga warna buah dan sayuran.Mineral ini baik untuk memperbaiki sel dalam tubuh manusia.Selain itu beta karoten juga berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan,mencegah penyakit diabetes,meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh hingga melindungi tubuh dari radiasi sinar UV.( ultra violet ).

10.Manfaat kalsium pada buah durian
Kalsium merupakan mineral penting untuk menunjang kesehatan tulang.Kekurangan asupan kalsium, tubuh akan terserang penyakit osteoporosis atau penyakit perapuhan tulang.Maka sangat penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan kalsium pada tubuh.Kalsium bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti,buah,daging serta minuman.

11.Manfaat zink pada buah durian
Zink merupakan indikator reaksi kimia yang terdapat dalam sel tubuh manusia,zink juga bermanfaat sebagai sistem imun tubuh,membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh hingga mencegah sakit pada tulang.Selain itu zink juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan pada anak.


Manfaat kulit durian

Kulit durian biasanya dibuang begitu saja jika daging buah nya sudah kita konsumsi,Dengan sedikit berfikir kreatif sebenarnya kulit durian bisa kita manfaatkan lebih optimal lagi.Diantaran nya kulit buah durian bisa diolah menjadi bahan dasar sabun,Karena kulit buah durian berkhasiat menghilangkan bau tak sedap.

Kulit durian juga bisa di olah menjadi bahan bakar alami seperti briket kulit durian ,Cara membuat nya.Kulit durian dirajang hingga halus,kemudian dikeringkan dan dicetak menjadi bulatan sesuai selera.Dan jadilah briket dari kulit durian.

Selain itu kulit durian juga bisa dikonsumsi.Di daerah pekalongan tepatnya kabupaten pekalongan ada warganya yang membuat olahan manisan kulit buah durian.yang mana kini manisan kulit durian tersebut menjadi salah satu makanan khas oleh-oleh kabupaten pekalongan hingga kini.Dulu kulit durian yang dibuang begitu saja kini menjadi olahan makanan yang bernilai ekonomi tinggi.

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat buah durian untuk kehidupan kita,Semoga artikel ini dapat memberikan info dan wawasan untuk kita dan pastinya berguna dan bermanfaat.

NB :

Jangan mengkonsumsi buah durian secara berlebihan.Apa yang kita konsumsi berlebihan pasti memiliki efek buruk dan tidak bagus untuk tubuh.Maka konsumsilah buah durian secukupnya dan sewajarnya saja.

ads disini

Posting Komentar

 
Top