0
13 Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh (PALING LENGKAP) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 13 Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh (PALING LENGKAP), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 13 Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh (PALING LENGKAP)
link : 13 Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh (PALING LENGKAP)

Baca juga


13 Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh (PALING LENGKAP)

ads disini
ads disini

Manfaat buah semangka - Mendengar kata buah semangka membuat siapa saja langsung merasa ngiler akan kesegaran buah yang satu ini,Buah semangka memang kaya akan air yang begitu banyak,hampir 50 persen daging buah nya mengandung air.Sehingga buah ini nikmat disantap sebagai penghilang dahaga di siang hari.

Sekedar mengingatkan saja,Buah semangka ini bentuk nya bulat dengan warna kulit hijau serta daging buah berwarna merah,Tumbuh nya merambat.dan dibudidayakan untuk diambil buah nya.Jenis-jenis buah semangka pun beragam,Mulai dari semangka merah,semangka kuning hingga semangka tampa biji.Buah dengan nama ilmiah Citrullus lanatus ini menjadi favorit sebagian orang karena kesegaran nya dan rasa nya yang manis.Selain itu buah berair banyak ini kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh.

Tahukah kamu,Warna merah pada buah semangka ini mengindikasikan jika buah semangka kaya akan vitamin dan mineral hingga nutrisi yang berlimpah,Yang menandakan jika buah ini memiliki khasiat yang tinggi untuk kesehatan.Maka tidak salah jika banyak orang yang menyukai nya,mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan para manula.Berikut ini manfaat-manfaat yang bisa diperoleh tubuh manusia dari khasiat yang terkandung di dalam buah semangka tersebut.

Manfaat buah semangka untuk kesehatan hingga kecantikan

Kandungan nutrisi buah semangka per 100 grm


  • Kalori 85 kalori
  • serat 1,9 g
  • Kalium 319 mg
  • Fosfor 31 mg
  • Magnesium 30 mg
  • Kalsium 19 mg
  • Sodium 2,9 mg
  • Zat Besi 0,98 mg
  • Selenium 1,2 mcg
  • Mangan 0,112 mg
  • Tembaga 0,15 mg
  • Seng 0,32 mg
  • Vitamin A 1630 IU
  • Tiamin 0,092 mg
  • Riboflavin 0,09 mg
  • Niasin 0,521 mg
  • Folat 9 mcg
  • Asam Pantotenat 0,654 mg
  • Vitamin B6 0,123 mg
  • Vitamin C 23,4 mg
  • Vitamin E 0,15 mg
  • Vitamin K 0,4 mcg
  • Protein 1,74 g

Manfaat buah semangka untuk kesehatan

1. Buah semangka bersifat Diuretik
Apa yang dimaksud dengan Diuretik ?.Diuretik adalah sebutan untuk makanan atau minuman yang meningkatkan produksi urin.Maka mengkonsumsi buah semangka secara rutin dan teratur mampu mengatasi masalah saluran pembuangan urin,Cocok untuk anda yang memiliki masalah ini,Karena buah semangka tinggi kadar air nya.

2. Menjaga kesehatan mata
Buah bulat eksotis ini kaya akan vitamin A dan senyawa beta-karaton nya yang memiliki manfaat untuk kesehatan mata.beta karoten pada buah semangka merupakan pigmen merah alami yang diubah menjadi vitamin A didalam tubuh dan bersifat antioksidan.Sehingga mampu menjaga kesehatan lensa mata dan retina mata serta membuat mata lebih cerah dan berbinar.

3. Menyehatkan jantung
Pigmen merah yang ada di dalam buah semangka merupakan antioksidan alami yang di hasilkan oleh buah nya,memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.Rutin mengkonsumsi buah semangka segar sudah dapat membantu tubuh anda untuk menjaga kesehatan organ jantung dari dari dalam,Hal ini akan lebih maksimal lagi jika di imbangi dengan olahraga rutin setiap hari.

4. Menjaga tekanan darah
Tekanan darah yang tidak stabil akan mengganggu kinerja tubuh,hal ini biasa diderita sebagian orang yang memiliki penyakit hipertensi,Buah semangka segar dapat membantu menormalkan tekanan darah secara perlahan dari dalam,Maka buah semangka baik untuk penderita darah tinggi sebagai makanan yang kaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

5. Mencegah kanker
Vitamin dan mineral yang ada di dalam nya mampu bersinergi dengan baik di dalam tubuh sehingga menciptakan antioksidan alami yang dibutuhkan tubuh,Sebagai mana kita tau,Antioksidan mampu mencegah radikal bebas yang merusak struktur jaringan sel yang mengakibatkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.Buah semangka memiliki manfaat mencegah kanker prostat dan beberapa jenis kanker berbahaya lain nya.

6. Mencegah sembelit
Buah semangka kaya akan air serta diimbangi serat yang tinggi pula.Sehingga buah ini mampu mencegah sembelit yang disebabkan tubuh kekurangan asupan serat,Buah semangka mampu mencukupi kebutuhan serat harian tubuh,Sehingga memiliki manfaat mengatasi sembelit dan melancarkan BAB.

7. Memperkuat tulang tubuh
Vitamin K serta mineral kalsium dan fosfor yang ada di dalam buah semangka mampu menjaga kesehatan tulang dalam tubuh,3 mineral tersebut bermanfaat menjaga kepadatan tulang hingga menguatkan tulang dan mencegah tulang menjadi keropos.Sehingga mampu mengatasi osteoporosis penyakit kerusakan tulang dan pengeroposan tulang.

8. Menjaga fungsi ginjal
Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling vital,Maka diharuskan kita untuk menjaga fungsi nya agar bekerja dengan baik dan semestinya.Buah semangka memiliki sifat Diuretik,yang mana mampu meningkatkan produksi urin dalam tubuh,sehingga menjaga fungsi ginjal lebih baik dari dalam.

9 . Mencegah dehidrasi
Dehidrasi pada tubuh tidak dapat dipandang enteng,Hal tersebut berdampak buruk bagi tubuh,Dehidrasi biasanya dikarenakan tubuh kekurangan cairan mineral berupa air dan ion elektrolit.Sehingga terjadilah dehidrasi tersebut,Hal buruk nya tubuh akan menjadi lemas tak bertenaga,Bahkan dapat merusak fungsi otak karena oksigen yang dialirkan kedalam otak akan tertunda.Buah semangka yang kaya akan air baik dikonsumsi setiap hari untuk mencegah dehidrasi pada tubuh kita.

10 . Menjaga fungsi otot
Kalium yang ditemukan dalam buah semangka bermanfaat menjaga fungsi otot tubuh,Hal ini didukung lagi oleh senyawa citruline yang bersifat asam amino.Yang mampu mencegah peradangan otot persendian.Penelitian mengatakan mengkonsumsi buah semangka mampu mempercepat penyembuhan pasca cidera otot ringan.Di anjurkan untuk anda yang memiliki masalah pada otot tubuh.

11. Mencegah sariawan hingga panas dalam
Vitamin C pada buah semangka baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari dalam,Vitamin tersebut selain untuk kekebalan tubuh juga mampu mengobati sariawan dengan cepat hingga mencegah panas dalam,Berbanding lurus dengan rasa buah semangka yang menyegarkan serta kaya akan air nya.

12. Semangka untuk ibu hamil
Pertanyaan seperti ini kerap muncul di pikiran para ibu hamil,Pada umum nya mengkonsumsi buah baik untuk kehamilan termasuk buah semangka.Di lihat dari berbagai vitamin dan mineral yang ada di dalam buah semangka,maka buah ini baik sekali dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi semasa kehamilan.

Selain itu manfaat buah semangka untuk ibu hamil lain nya mampu meredahkan morning sickness,mengurangi keram pada kaki hingga mencegah dehidrasi.Ada pula asam folat yang terkandung pada buah semangka yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan janin,Yang mana asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk kesehatan kandungan mereka.Mineral asam folat pada buah semangka mampu mengurangi dampak kelahiran cacat pada bayi.

13. Mengatasi anemia
Anemia kerap muncul dan mengganggu bagi sebagian orang,Gejala ini menyebabkan lemas dan pusing yang amat sangat,Anemia juga bisa disebut dengan gejala kurang darah,umum nya untuk mencegah hal tersebut tubuh harus mencukupi akan kebutuhan mineral zat besi yang bisa di peroleh dari berbagai jenis makanan seperti buah dan sayuran.

Demikian manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan jika rutin mengkonsumsi buah berdaging merah serta kaya akan air dan serat ini.Semoga apa yang telah kita baca dapat memberikan manfaat dan informasi serta wawasan untuk kita semua.Pastinya menambah ilmu pengetahuan yang kita miliki.

Jangan lewatkan manfaat buah lain nya di bawah ini,Yang pasti lebih menarik dan mampu memberikan wawasan lebih luas lagi untuk anda.

Baca juga : 10 Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh paling utama

ads disini

Posting Komentar

 
Top