0
10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh (Rugi kalo gak baca) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh (Rugi kalo gak baca), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh (Rugi kalo gak baca)
link : 10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh (Rugi kalo gak baca)

Baca juga


10 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh (Rugi kalo gak baca)

ads disini
ads disini

Manfaat buah pepaya - Buah yang satu ini pasti sudah familiar sekali di telinga kita,Pepaya atau juga buah kates ini tergolong buahan yang merakyat,Karena dapat kita temukan dengan mudah,harga nya yang ekonomis,rasa buah nya yang nikmat dan segar serta kaya akan manfaat untuk tubuh.Biasa nya buah pepaya selalu ada di meja makan bagi sebagian orang sebagai menu pencuci mulut setelah makan besar.

Buah pepaya yang kaya akan serat dan  air ini banyak dikonsumsi sebagian orang untuk diambil manfaat nya,Manfaat yang bayak diketahui ialah,buah pepaya dapat melancarkan BAB setiap hari.jika kita rutin mengkonsumsi nya rutinitas BAB akan lancar di pagi hari.Dari situlah buahan ini banyak diminati.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan


Buah dengan mana ilmiah Carica papaya ini bentuk nya lonjong dengan kulit luar berwarna hijau,Jika sudah matang akan berwarna orange,Daging buah nya lembut banyak mengandung air serta berwarna orange kemerahan.

Di dalam buah pepaya terdapat biji-biji kecil berwarna hitam dengan jumlah yang banyak,Biji buah nya dapat menjadi bibit buah lain untuk generasi berikut nya.Jenis buah pepaya pun beragam,Yang banyak di pasaran saat ini berjenis pepaya bangkok,pepaya callina dan pepaya california.Yang membedakan semua buah tersebut hanya ukuran dan rasa nya saja.

Buah pepaya konon berasa dari daratan meksiko selatan,Tergolong tanaman tropis,Dan kini tanaman buah pepaya sudah menyebar luas ke seluruh dunia termasuk indonesia,karena tanaman buah ini tidak begitu sulit untuk dibudidayakan.Selain itu buah pepaya kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh diantara nya :

Kandungan nutrisi bua pepaya per 100 grm


  • Vitamin C (56 mg)
  • Vitamin A (1.750 IU)
  • Vitamin B ( 0.03 mg)
  • Riboflavin (0.04 mg)
  • Niacin (0.3 mg)
  • Fosfor (16 mg)
  • Kalium (470 mg)
  • Lemak (0.1 gr)
  • Karbohidrat (10 gr)
  • Protein (0.6 gr)
  • Kalori (39)
  • Kalsium (20 mg)
  • Zat Besi (0.3 mg)


Buah pepaya kaya akan nutrisi yang bagus untuk tubuh,dilihat dari kandungan didalam nya maka rugi sekali jika kita tidak menyukai buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini.Ada pula manfaat lainnya dari buah pepaya yang bisa kita dapatkan sebagai berikut.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

1. Menurunkan kolesterol
Ini salah satu alasan mengapa buah pepaya banyak dikonsumsi,Buah dengan rasa manis dan kaya akan air ini mampu menurunkan kolesterol didalam tubuh,Bukan tampa alasan,Vitamin C yang tinggi bersinergi dengan serat yang berlimpah di dalam nya mampu mengikat lemak di dalam tubuh.Selain itu vitamin C yang berperan sebagai antioksidan berfungsi menghancurkan lemak yang menyumbat di dalam dinding arteri yang menyebabkan kolesterol hingga penyakit jantung.

2. Menjaga berat badan
Buah ini paling disukai kaum hawa karena manfaat luar biasa nya,Yakni mampu menjaga berat bada tetap ideal,Wanita cenderung menyukai bentuk tubuh yang ramping dan singset maka untuk mendapatkan itu kaum hawa biasa nya mengikuti program diet,Buah pepaya ini sering dimasukkan kedalam menu diet alami kaum wanita,Karena buah pepaya kaya akan air dan serat yang mampu mengenyangkan dengan cepat.Buah pepaya berukuran sedang terkandung 120 kalori,nilai tersebut sudah cukup untuk kebutuhan energi perhari nya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Carica papaya atau buah pepaya ini jika rutin kita konsumsi akan memberikan efek kekebalan tubuh yang nyata,Karena buah pepaya mampu mencukupi 200% persen kebutuhan vitamin C per hari nya untuk tubuh.Yang berdampak tubuh akan kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Menjaga kesehatan mata
Selain vitamin C dan serat yang berlimpah pada buah pepaya,Terkandung pula nilai vitamin A yang cukup banyak yakni Vitamin A (1.750 IU).Yang mana jika di telusuri vitamin A memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata hingga menjaga fungsi otak.Jika kita mengkonsumsi nya secara rutin niscaya akan mendapatkan manfaat tersebut,Terlebih lagi untuk anak-anak yang notabene nya masih dalam pertumbuhan,Buah pepaya sangat baik untuk perkembangan mata dan otak mereka.

5. Mencegah penyakit arthritis
Arthritis sejenis penyakit radang persendian yang cukup kronis,Biasa nya jenis penyakit ini menyerang pria atau wanita lanjut usia.yang berdampak gangguan pada pergerakan tubuh.Buah pepaya memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada sendi,selain itu vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan alami pada buah pepaya bermanfaat mencegah penyakit tersebut,Berdasarkan penelitian,Orang -orang yang kekurangan vitamin C lebih mudah terserang arthritis di masa tua nya.Maka konsumsi rutin buah pepaya dapat membantu mengurangi resiko terserang penyakit arthritis.

6. Baik untuk tulang
Fosfor dan kalsium pada buah pepaya mampu menjaga kesehatan tulang tubuh manusia dari serangan penyakit osteoporosis,Yang mana osteoporosis ini adalah penyakit kerapuhan tulang yang kerap datang dimasa tua.Biasa nya osteoporosis mudah menyerang orang yang kekurangan asupan mineral kalsium di saat masih muda,Maka mengkonsumsi buah pepaya dengan rutin dan teratur setiap hari sejak dini dapat mencegah osteoporosis di masa tua nanti.

7. Menjaga kesehatan kulit
Selain enak untuk di makan buah pepaya juga baik untuk kesehatan kulit,Mengapa.?.Buah pepaya mengandung vitamin C,B dan E yang bertindak sebagai antioksidan,Yang mana antioksidan tersebut berperan untuk mencegah radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet (UV) hingga polusi asap kendaraan bermotor yang berpotensi merusak kulit tubuh.

8. Mengatasi sembelit
Sembelit adalah suatu kondisi dimana seseorang sulit BAB dengan rutin setiap hari.Durasi nya beragam bisa 3 sampai 4 hari bahkan 1 minggu itu bisa dikatakan sembelit.Gejala sembelit biasa nya terpengaruh karena pola makan yang tidak tepat,Contoh nya kekurangan serat.Fungsi serat ialah mengontrol aktivitas saluran usus besar agar dan membuang nya menjadi kotoran.Sehingga melancarkan buang air besar hingga mampu mengatasi sembelit.

9. Mengurangi stres
Penelitian University of Alabama menemukan jika kandungan vitamin C pada buah pepaya mampu mengatur kadar hormon dan mengurangi tingkat stres yang berlebih.Maka mengkonsumsi buah pepaya sangat baik jika kita memiliki aktifitas dan rutinitas yang padat agar terhindar dari gejala stres akibat pekerjaan yang menumpuk setiap hari.

10. Mencegah anemia
Mengkonsumsi dengan rutin buah pepaya diyakini dapat membantu mengontrol darah di dalam tubuh,Sehingga bermanfaat untuk pencegahan penyakit anemia.Anemia ialah gejala penyakit kurang darah yang di sebabkan kekurangan mineral zat besi.

Demikian manfaat buah pepaya untuk kesehatan kali ini,Semoga ualsan singkat ini bermanfaat dan berguna untuk kita semua.Serta menjadi satu informasi yang siknifikan dengan apa yang ada cari mengenai manfaat buah pepaya bagi tubuh manusia.

Baca juga : Annona squamosa buah srikaya dan 10 manfaat nya untuk kesehatan (recommended)

ads disini

Posting Komentar

 
Top