0
10 Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh manusia - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh manusia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh manusia
link : 10 Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh manusia

Baca juga


10 Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh manusia

ads disini
ads disini

Manfaat buah melon - Buah bulat dengan kulit bersisik kasar ini memang begitu menggoda,Sekilas tentang buah melon,dari nama nya saja kita sudah bisa membayangkan rasa,bentuk hingga aroma buah yang khas,Siapa yang tak kenal akan buah yang satu ini,Buah yang kerap jadi campuran es buah ini memang memiliki rasa yang khas dan manis.

Buah dengan nama ilmiah Cucumis melo ini masih bersodara dekat dengan buah semangka,Hanya yang membedakan nya dari warna buah nya serta aroma.Buah melon memiliki daging buah yang padat dengan kandungan air yang banyak,jika buah semangka daging buah nya lebih lembut dengan rongga-rongga di bagian daging nya.

Pada dasarnya kedua buah tersebut sama saja.tergantung jenis nya,Karena turunan buah tersebut beragam,Mulai dari buah melon kuning hingga putih dan hijau tergantung kultivar nya.Berbicara buah melon tidak afdol jika tidak mengulas macam-macam olahan buah tersebut hingga manfaat nya untuk tubuh manusia.

Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh


Buah melon banyak dijadikan campuran es buah yang banyak di jual di pinggir jalan atau di warung-warung,Selain itu buah melon juga bisa di olah menjadi es krim,sari buah melon hingga sirup buah melon.Banyak sekali olahan buah tersebut yang bisa kita temukan.Selain itu buah manis ini memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh manusia.Di antara nya sebagai berikut.

Cucumis melo atau buah melon ini banyak mengandung vitamin A,B dan C serta mengandung protein,kalsium,zat besi dan vitamin B1.Ada pun manfaat buah melon tersebut untuk kesehatan tubuh sebagai berikut.

Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh

1. Menjaga fungsi jantung
Sebuah penelitian mengatakan,Jika di dalam buah melon ini terdapat senyawa andenosine yang mengandung antikoagulan yang bermanfaat  untuk menjaga fungsi sel darah merah di dalam tubuh,selain itu kegunaan senyawa andenosine tersebut mampu mencegah penggumpalan sel di dalam darah yang jika itu terjadi dapat memicu penyakit jantung hingga stroek.

2. Mencegah kanker
Kanker merupakan penyakit mematikan yang banyak ditakuti manusia,Menurut data WHO definisi kanker merupakan pertumbuhan sel yang dalam tubuh manusia yang melampaui batas diatas normal yang dapat mengganggu kinerja sel serta organ tubuh lain nya.Yang berdampak buruk untuk kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian.Senyawa karotenoid pada buah melon mampu mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh,di tambah lagi antioksidan alami yang dihasilkan buah melon tersebut. mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

3. Sumber vitamin C bagi tubuh
Mahluk hidup termasuk manusia sarat akan kebutuhan vitamin C,Yang mana vitamin C memiliki banyak peran untuk kesehatan.Diantaranya sebagai antioksidan alami yang berperan untuk menagkal radikal bebas di dalam tubuh manusia,Selain itu,Ascorbic acid atau vitamin C ini berperan sebagai pembentuk kolagen dalam tubuh,Yang mana kolagen tersebut baik untuk kesehatan kulit dan pembentukan masa tulang dan mempercepat penyembuhan tulang pasca cidera.

4. Menjaga kesehatan mata
Buah melon baik untuk kesehatan mata,Mengapa.?,Karena buah yang satu ini kaya akan vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata kita terutama untuk anak-anak.Anak-anak cenderung sangat suka dengan buahan yang memiliki rasa manis serta warna menarik,Buah melon ini termasuk salah satu buahan yang banyak di sukai anak karena rasa serta warna nya yang menarik tersebut.

5. Sumber serat untuk tubuh
Buah yang kaya akan air nya ini memiliki kandungan serat yang cukup banyak,Serat sendiri dibutuhkan tubuh untuk kelancaran saluran pencernaan,Fungsi serat juga mampu mencegah diare hingga melancarkan buang air besar setiap hari atau BAB.

6. Menjaga berat badan
Buah melon kerap dijadikan sebagai salah satu buah alternatif untuk diet para kaum hawa,Tekstur buah yang padat serta kaya akan serta dan air mampu membuat kenyang lebih cepat,Maka tidak heran jika buah melon banyak diminati sebagai buah pendukung program diet sebagian orang untuk menjaga berat badan tubuh mereka agar tetap ideal.

7. Mencegah panas dalam
Mengkonsumsi olahan buah melon atau mengkonsumsi nya secara langsung dengan rutin mampu mencegah panas dalam yang sering melanda tubuh kita.Vitamin C yang tinggi pada buah tersebut baik untuk tubuh,Sehingga tubuh terhindar dari panas dalam dan gejala sariawan yang menyebabkan bau mulut tak segar.

8. Mencegah anemia
Anemia atau kurang darah kerap terjadi pada manusia jika tubuh kekurangan asupan zat besi.Yang mana mineral zat besi tersebut bisa di dapat dari berbagai makanan seperti sayur.daging dan buah.Zat besi di dalam tubuh juga banyak memiliki fungsi dan peran sebagai memproduksi hemoglobin hingga sel darah merah di dalam tubuh serta mempercepat proses penyerapan protein di dalam tubuh.

9. Menjaga fungsi otot tubuh
Mengkonsumsi buah melon sebelum makan membantu mempercepat metabolisme karbohidrat yang dibutuhkan tubuh,Karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan otot,Maka buah melon baik untuk menjaga fungsi otot dan syaraf dalam tubuh manusia.Vitamin B1 pada buah melon baik juga untuk pemulihan otot pasca cidera.

10. Sumber kalium yang dibutuhkan tubuh
Kalium memiliki peran yang penting dalam tubuh,diantaranya menjaga fungsi otot hingga mengontrol cairan elektrolit dalam tubuh serta memaksimalkan detak jantung dan mengontrol aliran darah dalam tubuh manusia.Mineral kalium ini bisa kita peroleh dari beberpa jenis buah-buahan seperti pisang dan buah melon ini.Maka mengkonsumsi buah melon dengan rutin bermanfaat untuk tubuh kesehatan tubuh serta mencukupi sumber kalium yang dibutuhkan tubuh.

Demikian ulasan singkat seputar manfaat buah melon bagi kesehatan kali ini,Semoga dapat memberikan informasi dan wawasan untuk kita semua.

Baca juga : 7 Manfaat buah matoa dan sumber vitamin yang belum anda ketahui

ads disini

Posting Komentar

 
Top