0
7 Manfaat ketela untuk kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Manfaat ketela untuk kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Manfaat ketela untuk kesehatan tubuh
link : 7 Manfaat ketela untuk kesehatan tubuh

Baca juga


7 Manfaat ketela untuk kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat buah ketela-.Mendengar kata ketela,pasti kita berfikir satu tanaman dengan jenis umbi-umbian,Namum sebutan pada tanaman ketela ini bisa mengarah kebeberapa jenis tanaman serupa,Bisa ketela pohon atau singkong,bisa juga ketela rambat dengan varian warna seperti ketela ungu dan sebagai nya.

Tanaman ketela ini banyak tersebar di indonesia,Karena budidaya tanamam ketela ini tidak terlalu sulit,Memanfaatkan lahan-lahan kosong di sekitar kita pun bisa,tumbuhan ini akan tumbuh dengan baik.Selain itu dibeberapa daerah buah ketela dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi.Rasa yang enak serta gurih berpadu menjadikan tanaman ini salah satu sumber karbohidrat alternatif pengganti.

Manfaat ketela untuk kesehatan tubuh


Ketela juga banyak diolah menjadi berbagai makanan,seperti keripik,tiwul dan tape.Ada juga yang diolah sebagai campuran kue serta bahan dasar pembuatan tepung yang biasa kita kenal dengan tepung tapioka.Tumbuhan ketela di perkirankan masuk ke indonesia di bawa pemerintahan belanda pada masa itu,Sejak itu sudah mulai bayak di budidayakan,Terutama di daerah jawa untuk diambil umbi nya dan diolah menjadi tepung tapioka.

Selain enak dimakan dan di olah menjadi berbagai makanan,tanaman ketela pohon juga banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan tubuh,Serta memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang berguna,Diaantaranya sebagai berikut.

Kandungan gizi ketela pohon per 100 gram


  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram


Manfaat ketela pohon untuk kesehatan sudah diketahui sejak dahulu kala,Bukan hanya umbi nya,Tapi daun nya pun memiliki banyak manfaat.Nenek moyang kita dahulu biasa mengunakan tumbuhan ketela untuk menyembuhkan berbagai penyakit secara alami dan herbal.Berikut dibawah ini informasi nya mengenai manfaat buah ketela untuk tubuh.

Manfaat ketela untuk kesehatan tubuh

1. Sumber karbohidrat
Pada dasar nya budidaya ketela pohon banyak dilakukan untuk diambil umbi nya,Karena umbi inilah yang nanti bisa menjadi makanan pengganti nasi,Karena di dalam umbi ketela terdapat kandungan Karbohidrat 34,00 gram per 100 gram nya.Dengan jumlah sebanyak itu bisa menjadi asupan kalori yang dibutuhkan tubuh.

2. Menjaga kesehatan tulang
ketela pohon termasuk kelompok umbi-umbian,Yang mana di dalam umbi ketela terdapat mineral kalsium yang kita ketahui kalsium baik untuk tulang tubuh kita.per 100 gram ketela bisa kita dapatkan asupan kalsium 33,00 miligram.Dengan rutin mengkonsumsi olah umbi ketela kita sudah bisa menjaga asupan kalsium yang dibutuhkan olah tulang.Sehingga tulang terhindar dari penyakit osteoporosis.

3. Mengobati bisul
Daun ketela bisa kita manfaatkan untuk mengobati penyakit bisul,Yang mana penyakit bisul biasa tumbuh di bagian kulit,dengan benjolan berwarna merah disertai mata atau bintik putih di bagian tengah nya.

Cara alami mengobati bisul dengan daun ketela terbilang simpel,Anda cukup sediakan beberapa lembar daun ketela,Lalu remas-remas sebentar hingga mengeluarkan air,Kemudian bisa dioleskan di bagian tempat tumbuh nya bisul tersebut,Reaksi yang ditimbulakan daun ketela mampu mempercepat penuaan pada mata bisul,Sehingga bisul akan mengempis dan hilang.

4. Mencegah pertumbuhan sel kangker
Manfaat ketela pohon untuk kanker sudah tidak asing lagi,Banyak pengobatan herbal mengunakan umbi ketela sebagai media pengobatan dan pencegahan penyakit kangker.Karea dalam ketela pohon terkandung mineral betakaroten,Antioksidan dan vitamin C.Yang mana mineral serta vitamin tersebut bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kangker di dalam tubuh.

5. Mempercepat penyembuhan luka
Vitamin C yang terkandung pada umbi dan daun ketela bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka,Anda bisa mengunakan media daun nya untuk mengobati luka bakar,atau luka karena benda tajam,Cara nya sediakan beberapa lembar daun ketela kemudian haluskan,Setelah itu balutkan dibagian kulit yang luka,Kandungan vitamin C nya mampu menyembuhkan luka,menghentikan aliran darah karena luka serta membentuk kolagen pada kulit.

6. Memproduksi sel darah merah
Keberadaan sel darah merah dalam tubuh untuk membatu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh,serta memproduksi karbon dioksida,mulai dari ujung kaki hingga kepala,sel darah merah juga bisa disebut dengan eritrosit.

7. Mencegah diabetes
Bagi penderita diabetes pasti sudah paham akan beberapa pantangan yang harus di jauhi,Diantaranya mengurangi makanan dan minuman manis.Agar kadar gula di dalam tubuh tidak meningkat sehingga dapat dikontrol.Buah ketela juga bisa menjadi makanan alternatif pengganti nasi,Pada dasarnya nasi juga memiliki rasa manis jika kita kunyah.Jadi kurang baik bagi penderita diabetes.Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh kita bisa menggantinya dengan ketela pohon.

Nah,itulah informasi singkat mengenai manfaat buah ketela untuk kesehatan tubuh.Semoga artikel singkat ini dapat menjadi manfaat untuk kita,serta menjadi wawasan baru bagi kita semua.

Baca juga : Manfaat buah kemang untuk kesehatan dan ibu hamil

ads disini

Posting Komentar

 
Top