0
10 Manfaat buah lobak putih untuk kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat buah lobak putih untuk kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kecantikan, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat buah lobak putih untuk kesehatan tubuh
link : 10 Manfaat buah lobak putih untuk kesehatan tubuh

Baca juga


10 Manfaat buah lobak putih untuk kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat buah lobak putih -.Buah lobak merupakan satu jenis sayuran yang terbentuk dari akar tanaman atau umbi,Yang mana sayuran lobak ini kaya akan kandungan air nya serta memiliki beberapa varian warna,Mulai dari lobak putih,ungu hingga lobak merah.Bentuk buah lobak mirip sekali dengan wortel.Dari tiga jenis varian lobak tersebut buah lobak putih lebih mudah untuk kita jumpai di pasar atau di swalayan terdekat.

Buah lobak konon berasal dari daratan cina tepatnya daerah tiongkok,Yang mana kini sudah mulai marak dibudidayakan di indonesia.Buah lobak biasa ditanam di dataran tinggi seperti pegunungan karena buah lobak akan lebih baik tumbuh di daerah yang memiliki iklim sejuk.

Buah lobak di budidayakan untuk di ambil umbi utama nya,Di manfaatkan sebagai pakan sayuran dan diolah menjadi berbagai makanan,Seperti salad sayur,acar,atau campuran sop dan mie kuah.Buah lobak memiliki tekstur yang khas serta rasa yang enak.Sehingga banyak diminati para pencinta sayur mayur di mana saja.

Manfaat buah lobak putih untuk kesehatan tubuh


Selain itu,Buah lobak juga banyak di manfaatkan sebagai obat herbal alami,Karena di dalam buah ini terdapat berbagai kandungan vitamin dan mineral yang beragam,Manfaat buah lobak untuk kesehatan sudah tidak asing lagi.Diantara nya sebagai berikut :

Kandungan nutrisi buah lobak per 100 grm :


  • Energi 16 Kcal 
  • Karbohidrat 3,40 g 
  • Protein 0,68 g 
  • Folat 25 mg 
  • Niacin 0,254 mg 
  • Pyridoxine 0,071 mg 
  • Riboflavin 0,039 mg 
  • Vitamin A 7 IU 
  • Vitamin C 14,8 mg 
  • Vitamin E 0 mg 
  • Vitamin K 1,3 mg 
  • Sodium 39 mg 
  • Kalium 233 mg 
  • Kalsium 25 mg 
  • Tembaga 0.050 mg 
  • Magnesium 10 mg 
  • Mangan 0,069 mg

Manfaat buah lobak putih untuk kesehatan tubuh

1. Menjaga fungsi otak
Melihat bentuk buah lobak yang sederhana kiata pasti tidak akan menyangka,Jika buah lobak memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan terutama untuk menjaga fungsi otak.Sejak dahulu di daratan cina,Lobak menjadi sayuran fovorit layak nya kubis dan brokoli,karena sayuran tersebut baik untuk sumber serat,vitamin dan antioksidan.Yang mana vitamin dan mineral tersebut baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan oksigen ke dalam otak.Hingga mampu menjaga fungsi otak dengan baik.

2. Mengobati penyakit batu ginjal
Sejak zaman dahulu banyak tabib herbal dari cina memanfaatkan media buah lobak sebagai media pengobatan alami untuk mengobati batu ginjal,Buah lobah diyakini mampu meluruhkan batu ginjal di dalam tubuh,Karena lobak memiliki kandungan potassium yang mampu mengontrol pembuangan kalsium pada urine.Sehingga dapat mengurangi gejala batu ginjal secara alami.

3. Menjaga suhu tubuh
Buah lobak juga memiliki manfaat untuk mengobati demam dan menurunkan panas,Karena buah loba mampu mencegah peradangan yang menyebabkan demam dan panas pada tubuh.Cara efektif nya untuk mengobati demam tubuh,kita bisa mengolah buah lobak ini menjadi jus atau menjadi sayuran sup.Dan mengkonsumsi nya secara teratur untuk penyembuhan secara alami.

4. Mencegah pertumbuhan sel kangker
Buah lobak putih memang dikenal juga akan kandungan vitamin C nya yang tinggi.Seperti yang kita ketahui jika vitamin C mudah larut dan mudah diserap olah tubuh sehingga memiliki manfaat untuk tubuh manusia,Diantara nya sebagai antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta menjaga kekebalan tubuh dari dalam.

5. Sumber vitamin K untuk tubuh
Vitamin K pada buah lobak memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi,Selain itu vitamin K juga bermanfaat untuk menjaga sirkulasi darah dan pembekuan darah dalam tubuh.Vitamin K bisa kita dapatkan dari sayuran seperti brokoli,lobak,bayam dan kacang-kacangan.

6. Menjaga kesehatan mata
Buah dengan nama ilmiah Raphanus sativus ini selain enak di konsumsi sebagai sayuran sehat juga terdapat kandungan vitamin A yang cukup,Yang kita tahu jika vitamin A terbanyak terdapat pada sayuran wortel akan tetapi buah lobak juga memiliki unsur vitamin tersebut.Yang mana vitamin A memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan mata.

7. Menjaga kesehatan kulit
Mengkonsumsi buah lobak secara rutin dan teratur bisa menjaga kesehatan kulit tubuh kita,Di karenakan di dalam buah lobak terdapat beberapa kandungan vitamin seperti Vitamin C,Vitamin E,vitamin B dan zat besi.Jenis-jenis vitamin dan mineral tersebut mampu menjaga kulit tubuh tetap sehat serta mencegah nya dari penuaan dini.Kita juga bisa memanfaatkan buah lobak menjadi masker.Masker buah lobak berkhasiat pula untuk menghilangkan jerawat,mengangkat sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak berlebih pada wah anda.

8. Sumber asam folat
Asam folat merupakan bentuk Sintetik yang ada dalam suplemen vitamin yang bisa di dapat dari berbagi asupan makanan seperti sayur dan buah.Layak nya buah lobak ini,Asam folat merupakan mineral penting untuk menunjang kehamilan,Yang mana asam folat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

9. Mengobati jamur
Mengkonsumsi olahan buah lobak dengan rutin dipercaya mampu membunuh virus dan bakteri di dalam tubuh yang menyebabkan pertumbuhan jamur.Serta membasmi pertumbuhan parasit di dalam tubuh.

10. Menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh
Dalam tubuh manusia terdapat ion yang disebut elektrolit,yang mana berfungsi untuk menjaga cairan dalam tubuh.Cairan tersebut biasa nya keluar bersamaan dengan keringat yang kita hasilkan setelah berolahraga atau beraktifitas dengan berat.Mengkonsumsi buah lobak setelah berkeringat dipercaya mampu membuat tubuh lebih cepat bugar serta lebih cepat mengembalikan tenaga yang hilang.

Itu lah beberapa manfaat buah lobak putih untuk kesehatan yang bisa anda ketahui.Semoga ulasan singkat ini mampu memberikan informasi serta manfaat untuk kita semua.

Baca juga : 7 Manfaat buah leci untuk ibu hamil yang wajib bunda ketahui

ads disini

Posting Komentar

 
Top