0
Manfaat jambu mede alias jambu monyet untuk kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat jambu mede alias jambu monyet untuk kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat jambu mede alias jambu monyet untuk kesehatan tubuh
link : Manfaat jambu mede alias jambu monyet untuk kesehatan tubuh

Baca juga


Manfaat jambu mede alias jambu monyet untuk kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat jambu mede-.Anacardium occidentale jambu mede sering disebut juga jambu monyet,Memiliki bentuk buah yang sedikit unik.Bulat lonjong tidak sempurna.dengan daging buah semu yang beragam warna jika beranjak matang.Perubahan warna buah jambu mede mulai dari hijau,kuning hingga merah pekat jika sudah masak.

Buah jambu mede atau bahasa populer nya buah jambu monyet ini tergolong kedalam suku Anacardiaceae sejenis mangga.bukan berjenis jambu-jambuan.Buah yang utamanya yaitu terdapat di bagian keras nya atau ujung buah nya.Yang biasa kita kenal sebagai kacang mede,kacang mete atau kacang mente.Sedangkan daging buah nya yang besar serta berwarna dan memiliki banyak air ialah daging semu nya.

manfaat jambu mede alias jambu monyet untuk kesehatan


Buah jambu mede ini berasal dari negara brasil,Biasa di taman untuk diambil manfaatnya.Mulai dari batang,daun hingga buah nya.Yang umumnya banyak dimanfaatkan adalah buah utama dari jambu mede itu sendiri atau yang bisa dikenal dengan sebutan kacang mede.Bagian itulah yang banyak diolah menjadi berbagai makanan lezat,nikmat dan gurih.

Buah utama jambu monyet terletak pada ujung nya,seperti yang kita ketahui menghasilkan kacang yang disebut mede.Yang mana dapat diolah menjadi berbagai panganan nikmat seperti campuran coklat dan olahan kacang goreng.Dengan rasa gurih yang menggoyang lidah.Kacang mede memiliki banyak kandung vitamin hingga mineral yang berguna untuk tubuh manusia.Diantara sebagai berikut :

Kandungan nutrisi dan gizi per 100 grm kacang mede


  • Karbohidrat 30.19 g
  • Gula 5.91 g
  • Serat pangan 3.3 g
  • Lemak 43.85 g
  • Protein 18.22 g
  • Tiamina Vit. B1 42 mg (32%)
  • Riboflavin Vit B2 06 mg (4%)
  • Niasin Vit. B3 1.06 mg (7%)
  • Asam Pantotenat B5 .86 mg (17%)
  • Vitamin B6 .42 mg (32%)
  • Folat Vit. B9 25 μg (6%)
  • Vitamin C .5 mg (1%)
  • Kalsium 37 mg (4%)
  • Besi 6.68 mg (53%)
  • Magnesium 292 mg (79%)
  • Fosfor 593 mg (85%)
  • Kalium 660 mg (14%)
  • Zink 5.78 mg (58%)


Dari berbagai kandungan nutrisi diatas pastinya kacang mede memiliki banyak manfaat untuk tubuh,Berikut ini ulasan singkatnya yang telah kami rangkum untuk anda.

Manfaat jambu mede alias jambu monyet untuk kesehatan tubuh

1. Mengobati sariawan
Sariawan di bagian mulut memang menjengkelkan,Selain menyebabkan bau tidak sedap pada mulut juga membuat selera makan kita hilang.Jika anda sedang mengalami sakit sariawan mungkin tips ini bisa menjadi manfaat.Cukup sediakan daun jambu monyet yang masih muda.Biasanya bagian pucuknya.Cara nya bisa direbus kemudian air rebusan diminum.Atau di jadikan sebagai lalapan makanan.Karena bagian pucuk daun jambu mede terkandung vitamin C yang tinggi.

2. Mengontrol tekanan darah dalam tubuh
Darah dalam tubuh jika tidak stabil dapat menyebabkan resiko terserang hipertensi.penyakit hipertensi dapat menyebabkan stroke hingga gagal jantung,kandungan nutrisi pada buah jambu mede bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi dan mampu mengontrol peredaran darah di dalam tubuh.

3. Menjaga berat badan tubuh
Bagi sebagian wanita memiliki berat badan ideal merupakan idam.Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan tubuh.Salah satunya dengan diet.Diet sehat dan alami paling baik dan sangat dianjurkan dokter ahli,Karena kita memanfaatkan bahan alami seperti sayur,buah dan kacang-kacangan.Di dalam kacang mede terdapat serat pangan yang baik untuk diet anda,Maka buah kacang mede ini bisa menjadi salah satu alternatif serat penunjang kebutuhan diet.

4. Sumber folat bagi ibu hamil
Kacang mede merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi,Salah satunya asam folat.Yang mana asam folat merupakan vitamin penting untuk kesehatan ibu hamil.Asam folat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan janin dari dalam serta menjaga bayi lahir sehat dan terhindar dari cacat.

5. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan jenis penyakit yang biasanya menyerang tulang.Untuk mengurangi gejala tersebut kita wajib memberikan tulang asupan vitamin yang cukup.Tulang membutuhkan kalsium agar tetap kuat dan sehat.Kalsium bisa didapat dari berbagai macam makanan.Salah satunya kacang mede.Dalam 100 grm kacang mede bisa kita dapatkan  37 mg Kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang hingga gigi.

6. Mencegah pertumbuhan kangker dalam tubuh
Kangker merupakan penyakit yang sangat mengerikan dan mematikan.Jenis penyakit ini sangat ditakuti kebanyakan orang.Kangker bisa terjadi karena pola hidup manusia tidak sehat.Untuk mencegah nya berkembang dalam tubuh,Maka kita harus memulai hidup sehat.Dan mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang kaya nutrisi serta vitamin.Layaknya kacang mede ini.Di dalam kacang mede terdapat kandungan antioksidan alami yang bemanfaat mencegah pertumbuhan sel-sel kangker di dalam tubuh.Serta berguna pula menangkal radikal bebas.

7. Menurunkan kalestrol
Kandungan minyak tak jenuh yang dihasilkan kacang mede bermanfaat untuk menurunkan kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh manusia.Sehingga terhindar dari gangguan jantung koroner hingga stroke.

Dari penjelasan diatas,Bisa kita ketahui jika buah jambu mede atau jambu monyet ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga : Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan tubuh

ads disini

Posting Komentar

 
Top