0
Bolehkah ibu hamil makan jengkol,Bunda Wajib Baca !! - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bolehkah ibu hamil makan jengkol,Bunda Wajib Baca !!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bolehkah ibu hamil makan jengkol,Bunda Wajib Baca !!
link : Bolehkah ibu hamil makan jengkol,Bunda Wajib Baca !!

Baca juga


Bolehkah ibu hamil makan jengkol,Bunda Wajib Baca !!

ads disini
ads disini

Manfaat buah jengkol-.Hay bunda judul diatas menggelitik sekali ya,Boleh tidak ibu hamil makan jengkol.Nah lho,Pasti yang bertanya seperti itu doyan banget tuh dengan berbagai macam olahan jengkol.Bunda dirumah pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini.Buah jengkol memiliki aroma yang tajam serta khas sekali.

Buah jengkol banyak di jumpai di daerah asia tenggara termasuk indonesia.Kita bisa dengan mudah menjumpai buah ini di pasar-pasar tradisional ataupun di rumah-rumah makan di setiap daerah.Olahan yang paling populer dari buah ini ialah semur jengkol.Makanan jenis itu begitu fenomenal dikalangan pencintanya,Karena rasa nya yang khas dan nikmat serta lezat.

Bolehkah ibu hamil makan jengkol


Buah jengkol jika diolah dengan benar akan menjadi empuk,Pada dasarnya buah ini bertekstur keras.Karena jengkol termasuk kedalam tanaman bersuku polong-polongan.dengan bentuk bulat pipih yang dilindungi kulit berwarna hitam kecoklatan.Aroma menyengat pada buah jengkol dihasilkan dari zat sulfur yang terkandung dalam asam amino pada buah jengkol.Sehingga sewaktu dikonsumsi jengkol menimbulkan aroma khas yang menyengat.

Diantara dari kita banyak yang tidak menyukai aroma bau jengkol tersebut,,memang pada dasar nya aroma yang dihasilkan berbau kurang enak jika terhisap oleh hidung.Akan tetapi di balik aroma nya yang kurang sedap serta rasa yang khas,Buah jengkol diketahui menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan,Diantaranya untuk ibu hamil,Nah bagi para bunda yang ingin tahu apakah ibu hamil boleh makan jengkol berikut ini penjelasan singkat nya.

Manfaat buah jengkol untuk ibu hamil

Pada dasar nya jengkol memiliki banyak kandungan nutrisi,yang mana nutrisi pada buah jengkol tersebut berguna untuk kesehatan ibu hamil,Akan tetapi buah jengkol juga memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan.Mengkonsumsi buah jengkol terlalu bayak dapat menyebabkan air seni/urin berbau tidak sedap.Selain itu dapat menyebabkan keracunan dikarenakan buah jengkol mengandung asam jengkolat yang dapat memperburuk fungsi ginjal jika terlalu banyak mengkonsumsi nya.

Selai itu,Biasanya buah jengkol dikonsumsi dengan diolah menjadi berbagai makanan nikmat dengan rasa pedas yang amat sangat.Hal ini perlu dihindari bagi wanita hamil.Mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan diare.Tentunya memperburuk kehamilan.Jika bisa hindari mengkonsumsi olahan jengkol dengan rasa yang pedas.

Pada buah jengkol terdapat kandungan nutrisi yang cukup banyak,yang baik untuk kesehatan tubuh.Hal ini belum banyak diketahui oleh masyarakat terutama bagi ibu hamil.Tentunya jika dikonsumsi dengan baik dan tidak berlebihan.Nutrisi dan vitamin serta mineral yang terkandung dalam buah jengkol diantaranya sebagai berikut ini :

Baca juga : Manfaat buah jengkol untuk kesehatan tubuh manusia

Kandungan nutrisi per 100 grm buah jengkol


  • Karbohidrat 25.67 g
  • Serat pangan 1.76 g
  • Lemak 1.45 g
  • Protein 14.19 g
  • Kalsium
  • Zat besi


1. Karbohidrat pada buah jengkol
Dalam 100 grm buah jengkol bisa didapatkan setidaknya 25.67 g karbohidrat.Yang mana karbohidrat memiliki peran penting sebagai sumber energi,Namun belum ada penelitian yang pasti jika buah jengkol baik sebagai sumber energi utama tubuh.Akan tetapi karbohidrat memiliki peran penting untuk tubuh yakni menjaga fungsi sel hingga kesehatan lensa mata.

2. Sebagai sumber serat
Jengkol memiliki kandungan 1.76 g serat per 100 grm nya,Akan tetapi bisa menjadi dilema bagi wanita hamil,Mengapa demikian,Seperti yang kita tahu bahwa tubuh manusia membutuhkan banyak asupan serat,Karena serat berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan hingga mencegah berbagai penyakit kronis diantaranya jantung koroner,kangker,kolesterol hingga obesitas.Maka menjadikan buah jengkol sumber serat kurang efektif.Karena efek samping nya yang begitu bahaya untuk ibu hamil.Jadi sewajarnya saja jika ingin mengkonsumsi buah beraroma fenomenal ini.

3. Sumber asupan zat besi
Biasa nya wanita hamil akan merasa pusing dan kunang-kunang gejala kurang darah atau biasa disebut anemia.Hal ini umum dan lumrah terjadi saat masa kehamilan.zat besi pada buah jengkol mampu mengurangi gejala anemia.

Nah,Itulah bunda sedikit penjelasan mengenai buah jengkol untuk ibu hamil,So bolehkah ibu hamil makan jengkol,?.Dilihat dari berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada buah jengkol,Mengapa tidak,Tapi ibu hamil harus menjaga pola konsumsi nya.Tentunya tidak berlebihan jika ingin mengkonsumsi buah dengan aroma tajam ini.serta diimbangi dengan konsumsi makanan dan buah serta sayuran sehat lain nya.Agar kehamilan anda terjaga dan tetap sehat selalu.

Baca juga : 13 Manfaat buah jambu bol untuk kesehatan dan ibu hamil

ads disini

Posting Komentar

 
Top