0
Manfaat kacang hijau untuk kesehatan {Baca dulu biar tidak rugi} - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat kacang hijau untuk kesehatan {Baca dulu biar tidak rugi}, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat kacang, Artikel manfaat sayuran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat kacang hijau untuk kesehatan {Baca dulu biar tidak rugi}
link : Manfaat kacang hijau untuk kesehatan {Baca dulu biar tidak rugi}

Baca juga


Manfaat kacang hijau untuk kesehatan {Baca dulu biar tidak rugi}

ads disini
ads disini

Kacang hijau dalam keseharian kita sering kita temukan sudah diolah dalam bentuk bubur,Ya,jika di indonesia bubur kacang hijau mungkin sudah tidak asing lagi,Di pagi hari bubur kacang hijau ini sering di jadikan menu sarapan yang lezat juga kaya gizi,tentunya menyehatkan tubuh.

Kacang hijau termasuk tumbuhan dari suku polong-polongan (Fabaceae),Nilai protein yang ada pada kacang-kacangan ini cukup tinggi,Sehingga baik untuk tubuh juga bisa menjadi alternatif bagi para vegetarian yang tidak mengkonsumsi makanan dari sumber hewani.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Vigna radiata di gemari bukan hannya karena rasa nya yang enak tapi juga kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah didalam nya,Diketahui jika kacang hijau sumber dari kandungan serat,vitamin B kompleks,asam folat, zat besi,magnesium dan juga protein.

Jika diolah menjadi bubur untuk anak bayi,Nutrisi yang ada mampu meningkatkan daya ingat juga kinerja sistem saraf pada otak.Selain itu mampu mempercepat metabolisme dan normalisasi sel saraf tubuh hingga meningkatkan konsentrasi pada anak.

Selain itu kacang hijau juga mengandung mineral,fosfor dan kalsium yang begitu pening untuk tubuh,Manfaatnya dapat membuat otak semakin cerdas,dalam hal kemampuan berpikir,Dilihat dari kandungan yang ada,maka tak salah jika kacang hijau berpotensi baik dalam hal kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berikut ini manfaat keseluruhan dari kacang hijau berdasarkan kandungan vitamin dan mineral yang ada untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.Apa saja sih manfaat kacang hijau ini,yuk di simak terlebih dahulu.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh


1. Menjaga kesehatan tulang
Kacang hijau sangat kaya fosfor dan juga kalsium,Yang mana mineral tersebut seperti kita ketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang secara keseluruhan,Sehingga mampu mencegah gejala penyakit tulang seperti osteoporosis.Ditambah lagi protein yang ada juga cukup tinggi,Dalam 100 gram kacang hijau bisa kita peroleh protein setidaknya 24%.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan
2. Baik untuk jantung
Lemak yang dihasilkan oleh kacang hijau merupakan lemak tak jenuh,Yang artinya sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama organ jantung.Dalam hal ini kacang hijau juga membatu mengontrol berat badan tubuh.

3. Baik untuk ibu hamil
Kacang-kacangan jenis ini paling umum menjadi sumber konsumsi ibu hamil,Jika diolah menjadi bubur,rasanya sangat enak,teksturnya juga lembut,kaya nutrisi dan juga tinggi gizi.Selain itu menjadi sumber vitamin juga mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil.terutama kandungan vitamin B kompleks dan juga asam folat yang terdapat pada kacang hijau ini mampu menjaga kesehatan janin dan juga sebagai pembentuk DNA.

4. Sumber serat
Kandungan serat pada kacang hijau cukup tinggi rekomendasi untuk dikonsumsi sehari-hari sebagai asupan serat tubuh,Manfaatnya mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan juga mengatasi masalah susah BAB dan sembelit.Serat juga berkemampuan khusus untuk mengikat lemak dan juga menjaga kesehatan usus besar,sehingga sangat baik dikonsumsi saat diet.

5. Sumber protein nabati
Selain dari sumber hewani,kacang hijau juga mampu menyediakan asupan protein nabati yang cukup tinggi,Fungsi dari protein di dalam tubuh yakni untuk mengatur sel tubuh menjaga nya tetap sehat dan bekerja semestinya serta memperbaiki sel tubuh yang rusak.

6. Menjaga tekanan darah
Dalam hal ini kacang hijau memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah ke ambang normal,Kandungan kalium yang bersifat elektrolit pada kacang hijau mampu menetralkan sodium juga natrium di dalam tubuh.

7. Sumber zat besi
Kacang yang satu ini merupakan sumber zat besi yang potensial bagi tubuh,Manfaatnya mampu mencegah gejala anemia atau juga kurang darah.Umumnya zat besi bisa kita dapat dari daging,untuk sumber nabati kacang hijau dan manfaat bayam cuku tinggi kandungan zat besi yang ada.Maka bisa menjadi sumber alternatif asupan zat besi yang diperlukan tubuh.

8. Mengobati maag
Orang-orang tua dahulu di beberapa daerah di indonesia sering menyarankan terapi penyakit maag dengan cara konsumsi kacang hijau,Di yakini saat itu jika kacang hijau berkhasiat untuk penyembuhan asam lambung juga mengobati maag.

Baru-baru ini ahli kesehatan menemukan data,Jika mineral esensial yang berupa zat besi juga kalium pada kacang hijau berpotensi baik untuk menekan asam lambung,yang berdampak langsung pada penyembuhan penyakit maag.

9. Pencegahan terhadap kanker
Mineral penting yang ada pada kacang hijau merupakan mineral pendukung dalam hal pembentukan antioksidan aktif di dalam tubuh untuk mencegah berkembangnya radikal bebas penyebab pertumbuhan sel kanker.Kacang hijau juga dikait-kaitkan dengan manfaat pencegahan kanker usus besar karena kandungan antioksidan yang ada.

10. Bersahabat bagi penderita diabates
Baru-baru ini penelitian mengungkap jika penderita diabetes harus mendapat perawatan konstan dalam hal pengaturan kadar gula darah didalam tubuh penderita.Dalam hal ini kacang hijau memiliki kemampuan ekstra untuk mengontrol kadar gula dikarenakan pengaruh hipoglikemik definitif yang ada pada kacang hijau.

Demikian artikel kali ini seputar manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh,semoga bisa menjadi informasi juga wawasan untuk kita semua,Jangan ragu untuk konsumsi berbagai jenis sayuran agar kualitas hidup semakin baik,Tetap sehat dan terus berkarya.

Ketahui juga : Manfaat jamur untuk kesehatan dan juga efek sampingnya

ads disini

Posting Komentar

 
Top