0
12 Manfaat vitamin dan mineral buah jamblang untuk kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 12 Manfaat vitamin dan mineral buah jamblang untuk kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 12 Manfaat vitamin dan mineral buah jamblang untuk kesehatan tubuh
link : 12 Manfaat vitamin dan mineral buah jamblang untuk kesehatan tubuh

Baca juga


12 Manfaat vitamin dan mineral buah jamblang untuk kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat buah jamblang-.Buah jamblang tergolong kedalam jenis pohon buah jambu-jambuan yang memiliki bentuk bulat lonjong tidak sempurna dengan warna hitam pekat jika sudah matang.Buah ini mirip sekali dengan buah anggur hitam.Terkadang buah jamblang juga disebut buah anggur hutan.

Buah jamblang memiliki bentuk pohon yang tinggi serta kokoh dan kuat,serta daun yang lebat.Batang pohon nya bisa tumbuh hingga ketinggian 25 meter lebih.Buah ini memiliki rasa manis cenderung sepat serta warna keunguan yang mencolok jika kita konsumsi dan mengenai bagian lidah.Karena buah ini memiliki zat antosianin yang sangat kuat.Antosianin merupakan pigmen warna yang dihasilkan pada buah atau sayuran.

manfaat vitamin dan mineral buah jamblang untuk kesehatan


Buah jamblang atau duwet dalam bahasa daerah nya tidak sepopuler buah-buahan lainnya seperti anggur,jeruk,pisang dan sebagainya.Akan tetapi buah dengan warna kehitaman pekat ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.Mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya diantara sebagai berikut :


  • Air
  • Kalori
  • Gula
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Niacin
  • Potasium
  • Thiamin
  • Vitamin C
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Vitamin A


Adapun manfaat-manfaat yang terkandung dari berbagi vitamin dan mineral tersebut diatas sebagai berikut :


Manfaat vitamin dan mineral buah jamblang untuk kesehatan tubuh

1. Manfaat Air pada buah jamblang
Air merupakan sumber kehidupan mahluk hidup di muka bumi.Manfaat air untuk tubuh banyak sekali diantara nya untuk mencegah dehidrasi,sumber energi tubuh,mengeluarkan racun,menjaga fungsi ginjal,menjaga kesehatan kulit hingga mencegah penuaan dini.

2. Manfaat kalori pada buah jamblang
Tubuh manusia sudah pasti dan jelas akan membutuhkan banyak kalori untuk menunjang kehidupan.Hitam diatas putih,kebutuhan kalori penting dan wajib terpenuhi.kata-kata kalori pasti sering anda dengar,Satu ucapan untuk menentukan kadar kebutuhan jumlah asupan makanan yang akan dikonsumsi.Kalori berguna sebagai sumber energi utama untuk tubuh dan juga sebagai pengontrol berat badan tubuh hingga  pembentukan masa otot.

3. Manfaat gula pada buah jamblang
Pada dasarnya tubuh manusia sarat akan kebutuhan gula sebagai sumber tenaga.Akan tetapi kebutuhan gula untuk tubuh haruslah tetap terjaga dan diawasi sehingga tidak berlebihan.Karena kelebihan gula akan berdampak buruk pada tubuh hingga menyebabkan berbagai penyakit diantara nya diabetes dan obesitas atau kegemukan.Selain itu Gula juga ada manfaat nya untuk tubuh yaitu sebagai sumber energi,menjaga tekanan darah,meningkatkan fungsi otak hingga mengembalikan mood pikiran.

4. Manfaat protein pada buah jamblang
Manfaat protein untuk tubuh biasanya banyak digunakan sebagai pembentuk masa otot dan tenaga,tubuh pada dasar nya membutuhkan asupan protein yang cukup untuk kelangsungan fungsi serta pembentukan otot demi otot agar bekerja dengan baik.Selain itu protein juga bermanfaat untuk menjaga stabilitas tubuh lainnya,Ialah sebagai berikut,Protein untuk meningkatkan kekebalan tubuh,sumber tenaga,menjaga kesehatan jantung,mengurangi stres dan depresi hingga pemeliharaan sel dalam tubuh.

5. Manfaat karbohidrat pada buah jamblang
Karbohidrat pada dasarnya merupakan sumber energi paling utama di dalam tubuh manusia,Tetapi karbohidrat juga memiliki peran penting lain untuk kesehatan tubuh,Seperti menjaga fungsi otak,menjaga kesehatan lensa mata dan menjaga fungsi sel dalam syaraf.

6. Manfaat kalsium pada buah jamblang
Buah manis hitam keunguan ini rupanya memiliki banyak kandungan kalsium,Yang mana kalsium merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang.Sehingga kita terhindar dari osteoporosis.Selain itu kalsium juga bermanfaat untuk perkembangan dan kesehatan otak,melindungi dari kanker usus besar,Menurunkan tensi tinggi.mengatasi wasir,mencegah rematik dan sakit pinggang.

7. Manfaat Niacin pada buah jamblang
Niacin atau vitamin B3 ini banyak terkandung di dalam buah jamblang.yang mana vitamin B3 bermanfaat untuk mengolah energi dalam tubuh,mencegah kolestrol jahat hingga penyakit diabetes.

8. Manfaat Thiamine pada buah jamblang
Thiamine biasa juga kita kenal sebagai vitamin B1 ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.Diantaranya seperti meningkatkan nafsu makan pada anak,membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh,memperkuat ingatan atau memori hingga mencegah efek penuaan dini.

9.Manfaat vitamin C pada buah jamblang
Vitamin C yang terkandung di dalam buah jamblang atau duwet ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.Seperti yang kita ketahui vitamin C bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti sariawan,melawan infeksi hingga menyembuhkan luka dengan cepat.

10. Manfaat vitamin B6 pada buah jamblang
Vitamin B6 mampu membantu perkembangan sel darah merah dalam tubuh dengan cepat.Dan menyebarkan nya keseluruh tubuh hingga ke otak.Selain tiu Vitamin B6 juga baik untuk ibu hamil.Karena vitamin B6 mampu mengatasi rasa mual yang sering terjadi semasa kehamilan berlangsung.

11. Manfaat vitamin B12 pada buah jamblang
Vitamin B12 memiliki sifat yang mudah larut dalam tubuh serta mampu menyehatkan fungsi sel darah merah di dalam tubuh.Vitamin B12 juga memiliki banyak manfaat nyata untuk kesehata tubuh manusia.Diantara nya mampu menjaga kesehatan kulit,mengurangi resiko kangker,menjaga sistem syaraf,sebagai sumber energi tubuh.

12. Manfaat Vitamin A pada buah jamblang
Vitamin A yang sering kita ketahui banyak terdapat pada sayuran wortel,Tetapi pada buah duwet atau jamblang ini keberadaan vitamin A cukup banyak.Vitamin jenis ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata,mampu mencegah berbagai penyakit mata.Selain itu manfaat vitamin A lain nya untuk tubuh sebagai berikut,yaitu untuk meningkatkan sistem kebebalan tubuh,sebagai antioksidan,mengoptimalkan perkembangan janin hingga Menghambat pertumbuhan sel kanker.

Demikian ulasan seputar manfaat buah jamblang dengan kata lain buah duwet kali ini.Semoga bisa menjadi informasi berguna dan bermanfaat untuk pembaca semua.

Baca juga : Khasiat dan manfaat buah Jambu air untuk kesehatan tubuh

ads disini

Posting Komentar

 
Top