0
Manfaat buah kelengkeng serta sumber vitamin di dalam nya untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat buah kelengkeng serta sumber vitamin di dalam nya untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat buah kelengkeng serta sumber vitamin di dalam nya untuk kesehatan
link : Manfaat buah kelengkeng serta sumber vitamin di dalam nya untuk kesehatan

Baca juga


Manfaat buah kelengkeng serta sumber vitamin di dalam nya untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat buah kelengkeng -.Buah mata kucing atau longan kerap kita temukan jika kita membeli minuman es buah yang ada di pinggir jalan,buah kelengkeng ini menjadi salah satu campuran nya.Rasa yang manis serta segar menjadikan buah kelengkeng sebagai hidangan pelengkap yang menyegarkan.Nikmat jika dimakan selagi segar di siang hari yang panas.

Buah kelengkeng memiliki bentuk bulat kecil,Buah nya serumpun dalam beberapa tangkai,Kulit buah nya sedikit renyah dengan warna coklat muda.Bijinya berwarna hitam dengan bentuk bulat.Olahan buah kelengkeng pun sangat bervariasi yang paling umum ialah olahan sirup buah nya.Minuman ini bisa dengan mudah kita dapatkan di toko-toko swalayan atau mini market terdekat.

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh kita


Selain banyak di jadikan olahan minuman atau makanan,Buah kelengkeng juga segar jika dimakan secara langsung,bentuk nya yang kecil bikin ketagihan,makan satu saja dirasa kurang,mungking satu rumpun buah kelengkeng akan terasa nikmat untuk camilan kita.Buah dengan nama ilmiah Dimocarpus longan kerap disandingkan bersama buah blewah,yang mana buah ini sering kita jumpai di bulan puasa sebagai menu berbuka yang menyegarkan.

Buah ini juga banyak disukai oleh anak-anak,Karena rasa nya manis serta tekstur buah nya mirip dengan buah rambutan.Jika dikunyah sedikit renyah dan berair.Berbicara manfaat nya untuk kesehatan,Buah kelengkeng tidak diragukan lagi.Karena buah ini banyak memiliki kandungan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh manusia.Diantara nya sebagai berikut ini.

Kandungan nutrisi per 100 gram buah kelengkeng


  • Air 83 
  • Karbohidrat 15 gram
  • Protein 1.3 gram
  • Serat 1.1 gram 
  • Vitamin B1 (Thiamine) 0,031 mg
  • Vitamin B2 (riboflavin) 0,14 mg
  • Vitamin B3 (Niasin) 0,3 mg
  • Vitamin C 84 mg
  • Kalsium 0,05 mg
  • Magnesium 10 mg
  • Fosfor 21 mg
  • Kalium 266 mg
  • Seng 0,05 mg
  • Besi 0,13 mg


Melihat dari beragam kandungan vitamin dan mineral pada buah ini,Maka tidak salah jika buah kelengkeng banyak manfaat nya untuk tubuh kita,Yuk dibaca dulu penjelasan nya di bawah ini.

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh kita

1. Sumber karbohidrat untuk tubuh
Pada dasar nya tubuh manusia membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup,Jenis mineral ini bis kita dapatkan dari berbagai jenis makanan,seperti sayuran dan buahan.Fungsi karbohidrat dalam tubuh ialah untuk sebagai energi utama serta membantu proses kimia CO2 hingga HO2 dalam tubuh,Selain itu karbohidrat juga baik untuk kesehatan saluran pencernaan hingga menjaga siklus BAB setiap hari.

2. Sumber protein tubuh
Protein memiliki fungsi untuk membentuk masa otot pada tubuh,Sumber protein di bagi menjadi dua,yakni sumber protein nabati dan sumber protein hewani.Yang mana sumber protein hewani bisa kita peroleh dari berbagai makanan,seperti ikan,telur dan daging,sedangkan protein nabati bisa kita dapat dari sayuran hingga buahan,Layak nya buah kelengkeng yang satu ini.Dalam 100 grm buah kelengkeng bisa kita peroleh 1,1 grm protein nabati.Yang mana keberadaan protein ini baik untuk tubuh.Mengkonsumsi buah kelengkeng secara rutin dan teratur sudah dapat membatu memberi tambahan protein yang dibutuhkan tubuh.

3. Buah kelengkeng sumber serat untuk tubuh
Buah dengan rasa manis ini rupanya memiliki kandungan serta pula,Yang mana serat dalam buah kelengkeng per 100 grm ialah 1.1 grm lebih.Keberadaan serat untuk tubuh manusia sangatlah bermanfaat,Serat dalam tubuh dapat membatu menjaga kesehatan jantung,mengatur kadar gula darah,menurunkan kolestrol,mencegah wasir,mengatasi sembelit hingga menjaga kesehatan saluran pencernaan dan usus.

4. Sumber asupan vitamin B kompleks
Buah dengan nama lain longan ini kaya berbagai vitamin B yang terdiri dari Vitamin B1,vitamin B12,vitamin B3.Yang mana kegunaan vitamin B tersebut dapat membantu menjaga system syaraf dalam tubuh,sebagai sumber energi dan metabolisme hingga membatu proses penyerapan sel darah merah agar semakin optimal.Mengkonsumsi buah kelengkeng dengan rutin bisa kita dapatkan akan kebaikan vitamin B kompleks di dalam nya untuk tubuh kita.

5. Sumber kalsium untuk tubuh
Tahukah kamu,jika tubuh manusia itu butuh asupan zat yang bernama kalsium,Fungsi kalsium sendiri ialah sebagai sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tulang.Mengapa demikian,Kalsium memiliki fungsi sebagai metabolisme tubuh serta menjaga kesehatan tulang.
Pada dasar nya tulang manusia membutuhkan asupan kalsium dan fosfor agar tulang tidak mudah rapuh dan terhindar dari penyakit osteoporosis.

6. Sumber kalium untuk tubuh
Buah kelengkeng juga banyak mengandung mineral kalium,Seperti halnya buah pisang,Umum nya buah pisang lah yang banyak dipilih untuk dikonsumsi jika tubuh kekurangan kalium,Namun di dalam buah kelengkeng juga terdapat zat kalium.Yang mana dalam 100 grm buah kelengkeng bisa kita peroleh 266 mg kalium untuk tubuh.Kalium memiliki peran penting dalam tubuh,Jika tubuh kekurangan kalium tubuh akan terasa lemas,otot syaraf tidak bekerja dengan normal layak nya lumpuh.

7. Sumber zat besi untuk tubuh
Zat besi dalam tubuh memiliki fungsi sebagai metabolisme protein,Serta produksi sel darah merah dan hemoglobin.Penting untuk kita mencukupi akan kebutuhan zat besi bagi tubuh.Karena zat besi berguna mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah.Penyakit anemia biasa di derita ibu hamil.Maka buah kelengkeng juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sekian dulu ulasan singkat mengenai manfaat buah kelengkeng dan vitamin yang terkandung di dalam nya untuk kesehatan tubuh manusia.Semoga ulasan singkat ini dapat memberikan wawasan serta informasi yang anda butuhkan.


ads disini

Posting Komentar

 
Top