0
Manfaat buah jengkol untuk kesehatan tubuh manusia - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat buah jengkol untuk kesehatan tubuh manusia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat buah jengkol untuk kesehatan tubuh manusia
link : Manfaat buah jengkol untuk kesehatan tubuh manusia

Baca juga


Manfaat buah jengkol untuk kesehatan tubuh manusia

ads disini
ads disini

Manfaat buah jengkol-.Siapa yang tak kenal dengan buah beraroma dahsyat ini,Namun dibalik aroma buah jengkol yang semerbak terkandung manfaat yang baik utuk kesehatan tubuh.Rupanya hal ini belum semua masyarakat mengetahuinya.Bahkan bila mendengar kata sayur jengkol ada beberapa diantara nya enggan untuk mencicipi nya karena bau nya yang kurang di sukai.Nyatanya jengkol baik untuk kesehatan.

Buah jengkol memiliki bentuk bulat pipih dengan kulit berwarna hitam,buah jengkol memiliki daging buah yang sedikit keras.Daging buah tersebutlah yang banyak diolah menjadi berbagai makana seperti semur jengkol dan emping buah jengkol.Buah ini sebenarnya bayak yang menyukainya.Karena tekstur daging nya sangat khas serta rasa yang nikmat.Jika diolah dengan benar jengkol menjadi salah satu makanan lezat tiada dua nya bagi para pencinta nya.

Manfaat buah jengkol untuk kesehatan tubuh manusia


Apakah anda tahu,? di balik aroma menyengat dan tajam buah jengkol terdapat beberapa kandungan nutrisi yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh manusia.Diantaranya sebagai berikut :

Nilai nutrisi per 100 g

Karbohidrat 25.67 g
Serat pangan 1.76 g
Lemak 1.45 g
Protein 14.19 g

Selain enak untuk dimakan buah jengkol juga mengandung nutrisi yang baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang sering menyerang tubuh serta menjaga fungsi sel dalam tubuh.Nah manfaat buah jengkol untuk kesehatan ini tidak diragukan lagi,bahkan beberapa dokter menjelaskan bahwa buah jengkol baik untuk dikonsumsi.Asalkan tidak berlebihan.

Manfaat buah jengkol untuk kesehatan tubuh manusia

1. Membasmi radikal bebas
Di dalam buah jengkol ini terdapat bebrapa vitamin,seperti vitami C,B1, dan B12 yang mana vitamin tersebut merupakan sumber antioksidan alami yang dihasilkan buah jengkol.Maka mengkonsumsi olahan buah jengkol dalam porsi cukup dapat membantu tubuh mencegah radikal bebas.

2. Menguatkan tulang dan mencegah pengeroposan tulang
Buah beraroam khas dan tajam ini,rupanya memiliki kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor.Yang mana kita ketahui ke dua jenis mineral tersebut baik untuk kesehatan tulang.Agar tulang pada tubuh terhindar dari pengeroposan secara dini atau dikenal pula sebagai osteoporosis.Mengkonsumsi jengkol secara teratur dengan porsi yang tidak berlebihan dapat mencukupi akan kebutuhan kalsium dan fosfor.

3. Menjaga kesehatan jantung
Jantung adalah organ paling penting dalam tubuh,Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang utama.Banyak jenis penyakit jantung yang berbahaya diantaranya penyakit jantung koroner,vitamin dan mineral pada buah jengkol bermanfaat mengontrol gula darah sehingga fungsi jantung akan tetap terjaga dengan baik.Selain itu untuk menjaga kesehatan jantung harus di imbangi dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang teratur.

4. Memperbaiki fungsi sel dalam tubuh
Hebat,Buah jengkol degan aroma tidak sedap ini rupanya bermanfaat baik untuk tubuh.Diantaranya mampu menjaga fungsi sel dalam tubuh serta memperbaiki kinerja jaringan sel yang telah rusak dan usang.Mengapa demikian,?.Di dalam buah jengkol terdapat kandungan protein yang sangat tingi.Dalam 100 grm buah jengkol bisa didapatkan 14 sampai 25 g kandungan protein.Yang mana kandungan protein pada buah jengkol ini lebih besar dari kedelai dan kacang.Dahsyat bukan.

5. Sumber zat besi
Tubuh manusia membutuhkan asupan zat besi sebagai pembentuk hemoglobin.yang mana hemoglobin mempunyai peran sebagai pengangkut oksigen dan karbondioksida.yang akan dialirkan keseluruh tubuh.Sehingga tubuh tidak mudah lemah,letih dan lesu.

6. Vitamin pada buah jengkol
Selain itu buah jengkol memiliki kandungan vitamin yang beragam,seperti Vitamin C,vitamin A, B1,dan B2.Yang mana keseluruhan vitamin tersebut baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Pada dasarnya mengkonsumsi buah jengkol dengan porsi benar dan tidak berlebihan dapat berdampak baik untuk tubuh,Terutama untuk kesehatan.Jika berlebihan mengkonsumsi olahan jengkol pasti akan menyebabkan berbagi penyakit.Terutama saat buang air.Urin akan beraroma tidak sedap.Aroma bau tidak sedap pada buah jengkol disebabkan oleh sulfur yang terkandung dalam asam amino pada buah jengkol.

Oke,itu dia ulasan singkat kita mengenai manfaat buah jengkol untuk kesehatan,Semoga ulasan kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan menjadi informasi berguna pula.

Baca juga : Manfaat jambu mede alias jambu monyet untuk kesehatan tubuh

ads disini

Posting Komentar

 
Top