0
Resep jus ubi ungu dan manfaatnya untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep jus ubi ungu dan manfaatnya untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep jus ubi ungu dan manfaatnya untuk kesehatan
link : Resep jus ubi ungu dan manfaatnya untuk kesehatan

Baca juga


Resep jus ubi ungu dan manfaatnya untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat jus ubi ungu - Ubi jalar atau juga di kenal sebagai ketela rambat ini memang memiliki banyak varian warna yang diantaranya terdiri dari ubi ungu,ubi jalar merah dan juga ubi jalar kuning,Semuanya sama,Mau itu dari manfaat dan juga kadar nilai gizi yang ada didalamnya.

Tanaman dengan nama ilmiah Ipomoea batatas ini diketahui sangat kaya akan karbohidrat didalamnya cocok untuk pengganti beras atau juga gandum,Ubi ungu seperti ini sangat berlimpah kandungan antioksidan nya seperti antosianin,karotenoid, dan asam fenolik.Yang bermanfaat untuk mencegah sakit jantung dan stroke.

Menikmati ubi ungu tergantung selera saja,Bisa di kukus atau di olah menjadi keripik,Cara lain menikmatinya umbi-umbian yang satu ini,yang tidak kalah nikmat ialah dengan cara diolah menjadi jus.Pengolahan ubi ungu menjadi jus sangat baik karena mineral dan vitamin yang ada bisa kita serap lebih banyak.

Ketahui juga : Manfaat ketela untuk kesehatan tubuh

Cara mengolah ubi ungu menjadi jus tidak begitu rumit,Cukup sederhana sekali dan kita juga bisa mencampur ubi ungu dengan buah atau sayuran lain untuk memperoleh rasa jus yang unik serta nikmat dan juga untuk menambah kandungan vitamin dan mineral yang ada tentunya.Berikut resep dan cara membuat jus ubi ungu yang bisa anda buat sendiri dirumah.

Resep dan cara membuat jus ubi ungu yang enak


1. Jus ubi ungu

Bahan-bahan jus ubi :
  • 150 grm ubi ungu
  • 250 susu cair
  • 2 sdm gula pasir
  • keju dan coklat secukupnya
Cara membuat jus ubi ungu :

1. Pertama-tama ubi ungu kita kukus dahulu,Setelah empuk kita kupas bagian kulit luarnya dan kita potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil agar proses penghalusan nanti menjadi semakin mudah.

Resep jus ubi ungu dan manfaatnya untuk kesehatan
2. Siapkan blender,Campurkan semua bahan termasuk,Ubi jalar ungu,susu cair,gula,coklat dan keju secukupnya.Lalu kita haluskan hingga benar-benar halus merata.

3. Setelah halus,Tuang kedalam gelas saji dan jus ubi ungu sudah siap anda konsumsi,rasa jus ini nikmat,manis dan gurih,Tekstur jus nya juga kenyal mengenyangkan cocok untuk yang sedang diet.

2. Jus ubi mix pisang

Bahan-bahan jus :
  • 100 grm ubi ungu
  • 1 buah pisang
  • 1 saset susu kental manis
  • 3 sdm madu
  • Air secukupnya
Cara membuat jus ubi campur pisang :

1. Ubi ungu kita kukus dahulu,Setelah empuk,Kupas dan buang kulit luar nya,Kemudia potong-potong dadu.

2. Buah pisang,Kupas baung kulitnya,Bisa gunakan pisang jenis apa saja,Jika ada pisang ambon semakin mantap.karena aroma pisang ambon cukup tajam dan harum.

3. Sediakan blender,Kemudian campur menjadi satu semua bahan dan kita haluskan hingga benar-benar halus,Jangan lupa beri susu,madu dan juga air secukupnya saja.Jaga tekstur jus jangan terlalu encer dan juga terlalu kental.

4. Setelah jus halus dan tekstur juga sudah pas,Tuang kedalam gelas dan siap untuk disajikan,Jus ubi mix pisang ini sangat nikmat dan juga mengenyangkan.Bagus juga buat minuman alternatif diet sehat setiap hati.Karena ubi sendiri kaya akan karbohidrat yang tinggi.

Ketahui juga : Manfaat jus buah pisang untuk kesehatan

Manfaat dari jus ubi ungu ini begitu berlimpah,Karena senyawa antioksidan yang ada didalamnya cukup tinggi sehingga berperan penting dalam hal mengatasi berbagai masalah dan keluhan kesehatan secara keseluruhan,Berikut manfaat jus ubi ungu untuk kesehatan berdasarkan kandungan vitamin dan mineral yang ada.

Manfaat jus ubi ungu untuk kesehatan


1. Mencegah kanker
Warna ungu pada jus ubi dihasilkan dari senyawa flavonoid yang paling menyolok adalah antosianin, yang merupakan pembentuk dasar pigmen warna pada ubi ungu senyawa tersebut merupakan senyawa aktif untuk pencegah kanker,virus dan juga anti inflamasi.Warna ungu yang anda memperkuat aktioksidan dalam tubuh sehingga mampu mencegah radikal bebas dan juga memutus mata rantai penyebaran sel kanker.

2. Menjaga berat badan
Karbohidrat yang ada pada jus ubi sangat baik jika masuk kedalam tubuh,Di kombinasikan pula dengan kandungan serat yang ada pada jus tersebut menjadi kesatuan yang mampu menjaga berat badan tubuh tetap normal.Sebuah penelitian mengatakan,Orang dengan obesitas mengkonsumsi ubi ungu selama satu bulan tidak mempengaruhi berat badan merak bahkan tekanan darah nya normal.

Ketahui juga : Manfaat singkong untuk kesehatan

3. Sumber vitamin untuk tubuh
Jus ubi ungu ini selain enak juga kaya vitamin,di dalam satu porsi jus ubi bisa kita dapatkan vitamin dan mineral seperti A, C dan E, beta karoten, magnesium, kalium dan juga kaya oksidan.Sehingga dengan menjadwalkan rutin konsumsi jus ubi ungu kita dapat memberikan vitamin tambahan yang alami untuk kinerja tubuh yang lebih sehat.

4. Menurunkan tekanan darah
Senyawa Fitokimia Antioksidan pada jus ubi ungu memberikan pengaruh terhadap eksitensi tekanan darah secara tidak langsung,Sehingga efeknya dapat menurunkan tekanan darah ke ambang normal hal ini berlaku bagi para penderita hipertensi atau darah tinggi.Penelitian ayng dilakukan American Chemical Society tahun 2012 menemukan fakta,Orng yang cenderung konsumsi ubi ungu lebih terjaga tekanan darahnya di banding yang tidak.hal ini efek dari fitokimia atau asam chlorogenic yang dihasilkan jus ubi ungu tersebut.

5. Menjaga kesehatan jantung
Antioksidan yang berlimpah pada jus ubi ungu ini berperan aktif dalam hal pencegahan penyakit jantung dan juga menjaga kinerja jantung yang lebih sehat.Hal ini berhubungan erat dengan pencegahan kerusakan hati hingga mengurangi gejala stroke.

6. Baik untuk ibu hamil
Dretan vitamin ayng ada seperti vitamin A pada jus ubi ungu ini mampu memberikan kesehatan lebih bagi ibu hamil karena vitamin A itu sendiri berperan dalam hal membantu penglihatan,meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih kuat,berperan penting dalam pertumbuhan jantung, paru-paru, ginjal, tulang dan mata hingga membantu dalam pertumbuhan embrio janin ibu hamil.

7. Baik untuk penderita diabetes
Rasa manis yang dihasilkan jus ubi ungu jika belum dicampur gula sangat bersahabat bagi para penderita diabetes karena jus tersebut memiliki index glycemic yang sangat rendah dari nasi atau juga gandum,Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap gula darah di dalam tubuh,Di lihat dari index yang rendah maka jus ubi ungu yang belum di campur pemanis buatan sangat bersahabat untuk penderita diabetes.

Dilihat dari berbagai manfaat yang ada,Tak salah jika konsumsi jus ubi ungu secara rutin berpotensi baik untuk kesehatan tubuh secara alami,Demikian artikel kali ini mengenai resep jus ubi ungu dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.Semoga bisa menjadi informasi dan wawasan untuk kita semua.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Manfaat jus terong ungu dan belanda serta cara membuatnya

ads disini

Posting Komentar

 
Top