0
Manfaat asparagus untuk kesehatan 11 diantaranya cukup mengejutkan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat asparagus untuk kesehatan 11 diantaranya cukup mengejutkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat sayuran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat asparagus untuk kesehatan 11 diantaranya cukup mengejutkan
link : Manfaat asparagus untuk kesehatan 11 diantaranya cukup mengejutkan

Baca juga


Manfaat asparagus untuk kesehatan 11 diantaranya cukup mengejutkan

ads disini
ads disini

Manfaat sayuran asparagus - Asparagus bisa dikatakan cukup jarang kita ketahui,namun sayuran yang satu ini untuk sebagian orang sudah cukup dikenal akan rasa juga manfaatnya untuk tubuh,Asparagus termasuk kedalam sayuran yang dihasilkan dari batang muda nya,Jika di indonesia kita lebih kenal dengan rebung atau batang bambu muda.

Gambaran sayuran asparagus ini persis seperti itu,Jika rebung berwarna kekuningan berbeda dengan asparagus yang berwarna hijau,Tumbuhan ini sudah dimanfaatkan dari dahulu kala di eropa sebagai bahan makanan dan juga obat-obatan herbal.

Asparagus termasuk jenis sayuran hijau yang kaya vitamin dan mineral baik,Diantaranya vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6, folat, vitamin C, vitamin E (alfa-tokoferol), dan vitamin K (phylloquinone).

Menurut beberapa sumber sayuran asparagus memiliki sifat diuretik yang artinya sayuran asparagus merupakan makanan atau yang meningkatkan produksi urin.Lancarnya saluran urin akan berdampak secara tidak langsung terhadap kinerja ginjal yang semakin sehat.

Selain itu tumbuhan dengan nama ilmiah Asparagus officinalis ini rendah kalori dan kolesterol,Karena asparagus termasuk sayuran hijau ia juga kaya serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dari dalam.

Sebagai informasi,Tanaman asparagus pertama kali dibudidayakan di yunani 2500 tahun yang lalu untuk dikonsumsi dan juga di jadikan sebagai bahan obat herbal alami,Di olah dengan cara di rebus dan diambil batang bagian mudanya untuk dikonsumsi.Rasa nya yang segar dan enak termasuk ciri khas dari sayuran ini.

Manfaat sayuran asparagus begitu banyak dan sangat berlimpah,Karena vitamin dan mineral yang ada juga berpotensi baik dalam hal pendukung kesehatan tubuh,Berikut beberapa rangkuman tentang manfaat sayuran asparagus jika kita konsumsi untuk kesehatan berdasarkan kadar vitamin dan mineral yang ada.

Manfaat asparagus untuk kesehatan

manfaat sayuran asparagus untuk kesehatan

1. Asupan gizi ibu hamil
Sayuran asparagus sangat kaya akan folat,beberapa penelitian di eropa mengatakan jika konsentrasi asam folat pada sayuran asparagus berkaitan erat dengan kesehatan ibu hamil,Yang mana asam foalt merupakan mineral pendukung penting untuk daya tahan ibu hamil dan juga janin,Sehingga konsumsi sayuran asparagus semasa kehamilan bisa menjadi tambahan gizi yang dibutuhkan calon ibu,

Perlu diketahui juga,Jika ibu hamil kekurangan asam folat bisa berdampak buruk,Efeknya kepada janin yang tidak sehat dan lemah,Bahkan dalam beberapa kasus tidak tercukupinya asam folat selama kehamilan bisa mengakibatkan bayi lahir cacat fisik,mental hingga tulang punggung.Maka dari itu penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asam folat selama kehamilan.

2. Menyehatkan saluran pencernaan
Asparagus sma halnya dengan sayuran hijau lainnya,Kaya akan serat yang berguna untuk menjaga pencernaan tetap sehat,Kebutuhan serat yang tercukupi dari konsumsi sayuran jenis ini bisa membantu melancarkan BAB,mengatasi sembelit dan juga menjaga kesehatan usus besar.

3. Sayuran sehat untuk diet
Sayuran yang satu ini juga sangat bagus untuk dikonsumsi saat kita sedang dalam program diet,Selain rasanya yang enak juga lezat asparagus sangat rendah kalori,Dalam 100 g asparagus segar mengandung hanya 20 kalori.Untuk kategori sayuran hijau asparagus cukup rendah akan kandungan kalori nya.Sangat baik jika di padukan bersama menu diet anda setiap waktu.

4. Sumber antioksidan
Senyawa fenol yang dihasilakn sayuran asparagus ini bersifat antioksidan alami dan cukup aktif,Keberadaan antioksidan tersebut sangat berpengaruh untuk mencegah radikal bebas dan juga mencegah berbagai penyakit seperti masalah pada jantung dan juga kanker.Diperkuat lagi dengan sumber vitamin C,E dan K yang ada mampu meningkatkan insulin untuk mengontrol kada gula darah.

5. Menjaga metabolisme tubuh
Dalam hal ini sayuran asparagus memiliki kemampuan ganda untuk meningkatkan secara siknifikan daya tahan tubuh,Dalam hal peranan terhadap anti bodi tubuh sebagai sistem imun yang lebih kuat,
sumber vitamin B-kompleks seperti niacin,vitamin B-6,thiamin,riboflavin, dan asam pantotenat yang ada menjadi sumber nutrisi terbaik untuk memperkuat jaringan tubuh dari dalam dan mencegah dari segala macam serangan virus dan bakteri yang berkaitan dengan metabolisme tubuh.

6. Mencegah batu ginjal
Seperti dijelaskan di awal tulisan,Jika tanaman asparagus memiliki sifat diuretik alami atau sejenis sayur yang dapat meningkatkan kadar urin,Sehingga secara tidak langsung sangat baik untuk kinerja ginjal,Dengan dibuang nya urin yang kotor dapat membersihkan mineral jahat yang mengendap pada ginjal sehingga penyakit seperti batu ginjal bisa di cegah.

7. Melawan kanker
Asparagus mengandung Vitamin A,Vitamin C,Vitamin B6 yang bersinergi menjadi antioksidan aktif di dalam tubuh untuk melawan sel kanker yang ada,dalam pencegahannya antioksidan ini mampu mencegah radikal bebas berkembang secara leluasa di seluruh tubuh yang berpotensi merusak tatanan sistem saraf tubuh secara perlahan.Jadi konsumsi sayuran asparagus sangat baik untuk kebutuhan antioksidan aktif tubuh anda.

8. Mencegah penuaan dini
Masih berkaitan dengan sumber antioksidan yang ada,Selain baik untuk pencegah kanker,Antioksidan juga bisa menahan efek penuaan dini pada tubuh.Mencegah gejala keriput halus pada kulit,dan juga memperlambat berkurangnya kolagen seiring bertambahnya usia.

9. Menjaga kesehatan mata
Vitamin yang ada termasuk vitamin A dalam sayuran asparagus,Sangat berguna untuk kesehatan mata dari dalam,Komposisinya mampu memberikan konten terbaik untuk mata dan juga pencegahan dari berbagai masalah sakit mata seperti rabun jauh dekat,katarak dan juga mata lelah.

10. Menyehatkan jantung
Folat pada asparagus selain baik untuk ibu hamil berguna juga untuk menunjang kesehatan jantung.Ha ini berkaitan dengan pencegahan kardiovaskular.Selain mencegah komposisi vitamin dan mineral yang ada juga berguna menjaga kinerja jantung semakin sehat.

11. Mineral baik untuk tulang
Adapun mineral seperti kalsium dan pada sayuran asparagus ini,secara tidak langsung jika kita konsumsi akan memberikan asupan lebih pada tulang dalam hal kekuatan dan kepadatan tulang dan juga mencegahnya dari pengeroposan tulang dini.

Cara mengolah asparagus


- Sayuran asparagus akan semakin enak dan lezat jika kita kukus atau rebus sebentar saja di air mendidih,Kira-kita 2 sampai 3 menit,Jangan terlalu lembut.

- Untuk mengolahnya kita bisa menumis sayuran ini dengan campuran brokoli,petai dan juga selada.Sesuai selera saja.Atau juga di jadikan sebagai salad.

-.Selain itu asparagus juga sangat nikmat jika diolah menjadi jus sayuran,Kita bisa mencampurnya dengan aneka buahan lain untuk menambah rasa dan aroma.

Ketahui juga : Manfaat bayam untuk kesehatan dan ketahui juga efek sampingnya

ads disini

Posting Komentar

 
Top