0
Jus buah semangka untuk ibu hamil dan efek sampingnya - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jus buah semangka untuk ibu hamil dan efek sampingnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jus buah semangka untuk ibu hamil dan efek sampingnya
link : Jus buah semangka untuk ibu hamil dan efek sampingnya

Baca juga


Jus buah semangka untuk ibu hamil dan efek sampingnya

ads disini
ads disini

Manfaat jus buah semangka - Manfaat jus buah semangka bagi ibu hamil tidaklah diragukan lagi,Karena buah yang satu ini sarat akan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan semasa kehamilan berlangsung.nutrisi penting yang bisa ibu hamil dapatkan termasuk vitamin A, C, B6, magnesium dan kalium juga asam folat.

Buah semangka kaya akan air,hampir 95 persen komponen didalamnya mengandung air,sangat kaya akan nutrisi dan gizi yang diperlukan wanita hamil.Untuk mengolah buah semangka menjadi jus yang sehat tidak begitu sulit,Berikut resep jus buah semangka untuk ibu hamil yang bisa anda buat sendiri dirumah.

Cara Membaut Jus Buah Semangka Untuk Ibu Hamil


1. Jus buah semangka original

Bahan-bahan jus : 
  • 4 iris buah semangka
  • 3 sdm madu
  • 1/2 jeruk lemon
  • Air secukupnya
Cara membuat jus buah semangka :

1. Belah terlebih dahulu buah semangka yang ada,Gunakan sekitar 4 hingga 5 iris,Tergantung takaran dan banyak jus yang akan anda buat,Pisahkan dari kulit nya kemudian potong-potong.

2. Jeruk lemon peras ambil airnya saja.

3. Sediakan blender,Tuang bahan kedalam blender,Beri air secukupnya dan madu secukupnya,Nyalakan blender dan haluskan hingga benar-benar halus.

4. Setelah halus,tes dahulu rasa jus yang kita buat,jika kurang manis bisa tambahkan lebih banyak madu.Kemudian sajikan,Jus buah semangka sudah siap anda nikmati sebagai asupan tambahan nutrisi kehamilan anda.

Ketahui juga : Jenis makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil

2. Jus buah semangka mix pisang dan kurma

Bahan-bahan jus :
  • 3 potong buah semangka
  • 1 buah pisang
  • 6 buah kurma
  • 2 sdm madu
  • Air secukupnya
Cara membuat jus buah semangka campur kurma dan pisang untuk ibu hamil :


Manfaat jus buah semangka dan efek sampingnya untuk ibu hamil

1. Buah semangka kita belah dahulu,Gunakan kira-kita 3 potong buah semangka,Buang kulit nya dan potong-potong dadu.Sisihkan dahulu.

2. Buah pisang kupas kulitnya dan potong-potong,Bisa gunakan jenis pisang apas saja,Jika ada pisang ambon lebih bagus.

3. Buah kurma kita belah menjadi dua bagian dan baung biji didalam nya.

4. Sediakan blender,Campur semua bahan dan haluskan dengan bantuan sedikit air saja,Setelah halus beri madu dan aduk rata.

5. Jika daging buah sudah lembut dan hancur,Tuang kedam gelas saji,Dan jus buah semangka mix pisang dan kurma sudah bisa di sajikan.

Kombinasi ketiga buah ini selain menciptakan rasa yang unik serta aroma yang nikmat,juga bermanfaat baik untuk ibu hamil.Dari hasil kombinasi buah tersebut dipastikan asam folat dan antioksidan yang ada menjadi lebih tinggi dan sangat baik untuk kesehatan kandungan ibu hamil.

Baca juga : Manfaat jus kurma bagi ibu hamil bayi dan balita hingga kesehatan

3. Jus buah semangka mix markisa


Bahan-bahan jus semangka campur markisa :
  • 3 potong buah semangka
  • 1 buah markisa matang
  • 2 sdm madu
  • 1 saset SKM
  • Air secukupnya
Cara membuat jus semangka mix markisa :

1. Sediakan 3 potong buah semangka yang sudah di kupas dan dibuang kulitnya.

2. Buah markisa belah menjadi dua bagian,serut isi didalam nya menggunakan sendok,sisihkan dahulu didalam mangkuk.

3. Masukkan bahan kedalam gelas blender,Beri air secukupnya,madu dan susut SKM.Kemudai haluska.

4. Setelah halus,Tuang dilam gelas saji dan jus buah semangka campur markisa sudah bisa ibu hamil nikmati.

Manfaat jus ini sangat beragam,Diantaranya kombinasi asam folat yang ada semakin berlimpah,Tentunya menyehatkan janin dan juga mencegah berbagai masalah penyakit yang kerap datang menghampiri ibu hamil.Menjaga cairan elektrolit didalam tubuh ibu hamil agar seimbang,Mempertahankan kontraksi otot rahim hingga,Mengurangi rasa keram pada masa kehamilan berlangsung.Selain itu jus ini bisa menjadi alternatif penghilang rasa mual-mual ibu hamil.

Baca juga : Manfaat minum jus markisa semasa awal kehamilan


Manfaat jus buah semangka untuk ibu hamil


1. Mencegah dehidrasi
Sifat buah semangka yang dingin juga kandungan air yang berlimpah menjadikan buah ini sangat baik untuk mencegah tubuh ibu hamil dari dehidrasi,Hampir 95 persen komponen yang ada pada semangka merupakan air.Kekurangan air pada masa kehamilan bisa berakibat ibu melahirkan prematur.

2. Sumber asam folat
Jus buah semangka merupakan asupan folat untuk ibu hamil,Folat berperan dalam pembentuk DNA,menjauhkan bayi dari kelahiran acat otak dan fisik bahkan sumsum tulang belakang.Asam folat juga membatu kinerja jantung ibu hamil agar semakin sehat dan optimal semasa kehamilan

3. Mengurangi Kram Otot
Selama kehamilan tubuh ibu akan beradaptasi dalam hal perubahan bentuk tubuh yang semakin hari semakin membesar,serta perubahan hormon yang tak stabil juga,Terkadang hal itulah yang nantinya menyebabkan beberapa masalah di bagian otot.

Biasanya ibu hamil akan merasakan gejala-gejala seperti keram pada bagian kaki,tangan,perut hingga punggung.Konsumsi jus semangka secara rutin dan berkala dapat menekan rasa keram pada otot yang kerap mengganggu ibu hamil,dikarenakan jus semangka mengandung kalium aktif yang bersifat anti inflamasi sehingga dapat mencegah gangguan pada syaraf dan otot.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Jus semangka kaya akan berbagi vitamin dan mineral yang berguna dalam pembentuk sistem imun tubuh ibu hamil agar terhindar daro berbagai problem masalah kesehatan seperti gangguan virus dan bakteri.

5. Mengatasi sembelit
Selain kaya air,jus semangka juga kaya serat yang berguna mengatasi masalah sembelit yang kerap muncul semasa kehamilan.

Ketahui juga : Cara alami mengobati sembelit dengan mudah,efektif dan ampuh

6. Mengatasi perut yang mulas
Pada masa kehamilan biasanya ibu hamil selalu mendapat masalah akan saluran pencernaan mereka,diantaranya seperti sembelit dan maag dan juga asam lambung yang naik.Untuk mengasi itu ibu hamil bisa mencoba konsumsi jus semangka tau juga menjadikan buah semangka sebagai camilan..

7. Mengurangi pembengkakan
Pembengkakan yang terjadi biasa nya disebut dengan edema,hal ini biasanya membuat kaki dan tangan ibu hamil menjadi bengkak karena aliran darah tidak berjalan lancar semestinya.Jus semangka yang kaya akan air mampu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah dan mampu menekan edema pada ibu hamil.

8. Sebagai energi tambahan ibu hamil
jus buah semangka mengandung sejumlah mineral seperti kalium dan magnesium dan juga beberapa vitamin seperti vitamin A, B1 dan B6.Deretan mineral dan vitamin tersebut adalah pemberi tambahan energi alami bagi ibu hamil,Nutrisi tersebut juga berguna untuk kekebalan tubuh dan sistem saraf bayi anda nantinya.

9. Meredakan morning sickness
Konsumsi jus semangka di pagi hari dapat meredam gejala morning sickness pada ibu hamil dan juga sebagai asupan tambahan energi yang baik untuk ibu hamil sebelum melakukan rutinitas seperti biasa.

Efek samping buah semangka jika dikonsumsi secara berlebihan pada saat hamil

1. Resiko diabetes gestasional
Buah semangka selain kaya air juga memiliki rasa yang cukup manis,jika dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat risikonya diabetes gestasional akan menghantui ibu hamil.

2. Bermasalah pada lambung
Buah semangka yang sudah dibuka atau di belah jangan terlalu lama di biarkan di udara yang terbuka,karena jika dikonsumsi ibu hamil efeknya pada lambung,dapat menyebabkan mual-mual bahkan muntah,Ada baiknya mengolah buah semangka menjadi jus jika ingin dikonsumsi dalam waktu yang lama.

3. Bersifat diuretik
Diuretik merupakan sebutan jenis makanan atau minuman yang meningkatkan produksi urin,Semangka yang kaya air sudah jelas bersifat diuretik alami,efeknya meningkatkan produksi urin,Dalam hal pembuangan urin ini terkadang ada beberapa nutrisi penting yang ikut terbuang maka tidak baik bagi ibu hamil.Bisanya istilah ini disebut dengan over cleansing.

Demikian ulasan seputar manfaat jus buah semangka untuk ibu hamil,Artikel kali ini menjelaskan beberapa manfaat pentingnya jus untuk ibu hamil dan juga efek samping jus buah seamangka bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan

Ada baiknya konsumsi jus buah semangka sewajarnya saja,Karena pada hakikatnya apa saja yang berlebihan pasti tidak akan baik hasilnya,Jangan lupa selalu konsultasi ke dokter kandungan,Agar anda paham benar kesehatan kandungan anda.Sekian ulasan kali ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi informasi untuk kita semua.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Manfaat buah semangka untuk kesehatan (PALING LENGKAP)

ads disini

Posting Komentar

 
Top