0
Manfaat jus buah sawo dan cara membuatnya - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat jus buah sawo dan cara membuatnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat jus buah sawo dan cara membuatnya
link : Manfaat jus buah sawo dan cara membuatnya

Baca juga


Manfaat jus buah sawo dan cara membuatnya

ads disini
ads disini

Manfaat jus buah sawo - Buah sawo termasuk kedalam jenis buah musiman,Tidak setiap hari bisa kita dapatkan untuk jenis buahan yang satu ini,Bentuk baunya bulat lonjong dengan kulit berwarna coklat.Manfaat buah sawo untuk kesehatan sama halnya dengan buah-buahan lainnya.

Buah sawo jika sudah matang kadar airnya cukup tinggi dan rasa buah nya cukup manis,Maka untuk dikonsumsi langsung atau diolah menjadi varian jus segar sama-sama enak dan nikmat.Siapa yang sangka buah dengan nama ilmiah Manilkara zapota kaya akan nutrisi yang beraga didalam nya.

100 grm buah sawo matang bisa kita peroleh Nilai gizi sebagai berikut : Kalori (200 Kcal), Serat (12,8 g), lemak (2,65 g), Protein (1,06 g), Karbohidrat (48,1 g), kalsium (51 mg) , Air (187,98 g), Magnesium (29 mg), Iron (1,93 mg), Kalium (465 mg), fosfor (29 mg), asam pantotenat (0,607 mg), Vitamin C (35,4 mg), Folat (34 mg) , Niacin (0,482 mg) dan vitamin A (7 mg).

Semua deretan vitamin dan mineral tersebut berpotensi sangat baik jika masuk dicerna oleh tubuh,Sawo juga bersifat anti-inflamasi,Yang bersinergi dengan serat sehingga sangat baik untuk tubuh,Buah sawo juga bisa menghalau bakteri dan membasi virus di dalam tubuh dan juga bersifat diuretik.

Untuk mendapatkan jus buah sawo yang enak serta sehat,tidaklah begitu rumit,Pastikan dahulu buah sawo yang akan diolah menjadi jus benar-benar matang sempurna agar tidak mempengaruhi rasa,Kita juga bisa mencampur buah sawo dengan buahan lain untuk menambah rasa serta aroma.Berikut cara mengolah buah sawo menjadi jus sehat kaya manfaat.

Cara Membuat Jus Buah Sawo


1. Jus buah sawo original

Bahan-bahan jus sawo :
  • 4 buah sawo matang
  • 2 sdm madu
  • 1 saset susu kental manis
  • Air es secukupnya
Cara membuat jus buah sawo :

1. Kupas buah sawo matang dan buang biji didalam nya,Kemudian potong-potong.

2. Siapkan blender,Campur semua bahan,Buah sawo,madu,air es dan susu kental manis,Kemudia haluskan hingga benar-benar halus merata.

3. Setelah halus,Tuang jus kedalam gelas dan sajikan selagi dingin,Jus buah sawo sudah siap anda minum.

Buah sawo matang terkandung vitamin E,Manfaat vitamin E sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam,Dan juga menjaga kelembaban kulit serta membuat kulit lebih bersih dan bercahaya,jus buah sawo yang manis juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati diare atau mencret serta mencegah sembelit.

Manfaat jus buah sawo dan cara membuatnya
2. Jus buah sawo mix pisang dan strawberry ( SPS)

Bahan-bahan jus :
  • 2 Buah sawo matang
  • 2 buah strawberry
  • 1 buah pisang
  • 2 sdm madu
  • 1 saset SKM
  • Air es secukupnya
Cara membuat jus SPS sawo,pisang,strawberry :

1. Kupas dahulu semua buah,Termasuk sawo,pisang dan strawberry,Jika ada biji didalamnya kita buah,Setelah itu potong-potong menjadi ukuran lebih kecil.

2. Campur semua bahan kedalam gelas blender,Kita haluskan dengan bantuan sedikit air es.

3. Setelah halus,Beri madu dan susu,Kemudian haluskan kembali.

4. Jika sudah halus dan tercampur rata,Tuang kedalam gelas dan jus sawo mix pisang strawberry sudah siap kita sajikan.

Baca juga : Manfaat jus buah stroberi untuk kesehatan dan kecantikan serta ibu hamil

Manfaat jus yang satu ini sangat kaya akan antioksidan didalamnya,Campuran ke tiga jenis buah ini memang begitu unik,Mulai dari rasa serta aroma yang dihasilkan juga cukup lezat,Di tambah lagi ragam jenis vitamin dan mineral yang ada menjadi semakin berlimpah sehingga sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Ketahui juga : Manfaat jus buah pisang untuk kesehatan

Jus buah sawo memang kaya vitamin dan juga bagus untuk asupan nutrisi yang diperlukan tubuh,Berikut ini rangkuman manfaat jus buah sawo yang bisa anda dapatkan jika rutin konsumsi jus sawo sebagai minuman jus sehat anda sepanjang waktu.

Manfaat Jus Buah Sawo Untuk Kesehatan


1. Sumber asam folat ibu hamil
100 grm buah sawo atau satu porsi jus buah sawo bisa diperoleh asam folat sebanyak 34 mg,Yang artinya bisa menambah kebutuhan asupan folat yang diperlukan semasa kehamilan.Folat memiliki peranan peting dalam proses kehamilan.

Folat dapat membantu dalam hal pembentukan sel darah merah dan DNA,Serta mencegah bayi lahir dengan cacat otak dan sumsum tulang belakang.Asam folat juga bermanfaat untuk memperkuat sistem jantung ibu hamil.

Selain asam folat jus buah sawo juga kaya serat yang berguna untuk mengatasi sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil,Kalium yang ada pada jus sawo bermanfaat untuk mengatasi keram kehamilan dan menjaga fungsi otot saraf ibu hamil.

Selain itu jus sawo yang manis ini mengandung zat besi yang berlimpah,Manfaatnya zat besi tersebut bagi ibu hamil,sebagai pencegah anemia dan pembentuk sel darah merah,karena pada umum nya gejala anemia atau kurang darah adalah hal umum yang dialami ibu pada masa kehamilan.

Ketahui juga : Manfaat jus kurma bagi ibu hamil bayi dan balita hingga kesehatan

2. Mencegah stres ringan
Stres erat kaitan nya dengan kondisi tubuh yang tak seimbang,Selain akibat faktor kelelahan saraf karena pekerjaan yang menumpuk,Stres juga dapat terpengaruh karena daya tahan tubuh yang lemah,Diketahui jus buah sawo memiliki kandungan vitamin C yang berlimpah,Dalam 100 grm buah sawo bisa diperoleh vitamin C sebanyak 34 mg atau setara 39 %.Vitamin c yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuh serta mencegah stres.

3. Mengobati demam
Jus buah sawo bersifat dingin jika masuk kedalam tubuh,Sehingga baik untuk mengobati demam dan menurunkan panas secara alami.Kombinasi vitamin C yang ada merupakan antioksidan aktif dalam hal pembasmi virus penyebab demam didalam tubuh,Seali itu vitamin C bermanfaat juga untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi paru-paru dan pneumonia.

4. Membantu pencernaan
Serat merupakan mineral penting dalam hal kesehatan saluran pencernaan,Konsumsi jus buah sawo bisa mencukupi akan kebutuhan serat yang diperlukan tubuh,Sehingga kebutuhan serat tubuh tidak kurang,Manfaat serat bagi sistem pencernaan ialah mampu mencegah sembelit,Melancarkan BAB,mengatasi diare dan juga pencegah kanker usus besar.

5. Mencegah anemia
Gejala anemia umumnya disebabkan karena kekurangan asupan zat besi.Sehingga tubuh manusia tidak akan mampu memproduksi hemoglobin dan transportasi oksigen karena asupan zat besi yang diperlukan tidak tercukupi.

Umumnya penderita gejala anemia mengalami gejala seperti fungsi mental yang buruk,kurangnya energi,Lemah,letih dan lesu bahkan.Untuk mencegah nya kita bisa konsumsi makanan atau minuman yang kaya zat besi seperti jus sawo,daging sapi,telur dan sayuran hijau.

Baca juga : Anemia pada ibu hamil serta cara mengatasinya

6. Memperbaiki kinerja otot
Jus buah sawo bersifat anti inflamasi yang artinya mampu menghilangkan kaku dan nyeri yang terkait dengan arthritis serta fungsi otot tubuh,Selain itu mineral yang ada pada jus sawo seperti tembaga,Mampu mencegah nyeri persendian lebih efektif dan lebih cepat.

7. Menjaga kesehatan tulang
Jus buah sawo jika dikonsumsi rutin dalam jangka panjang akan memberikan efek yang begitu baik untuk kesehatan tulang,Kalsium dan tembaga yang ada,bermanfaat dalam hal pencegah pengeroposan tulang,Orang yang rutin konsumsi jus sawi di masa muda 45% akan terhindar dari gejala osteoporosis di masa tuan nya.

Manfaat jus buah sawo memang beragam sekali diantaranya yang telah di jelaskan diatas,berdasarkan kandungan vitamin dan mineral yang ada,Terutama untuk ibu hamil.Semoga artikel kali ini seputar cara membuat jus buah sawo serta manfaatnya bisa bermanfaat untuk kita semau,dan mampu menjadi informasi tambahan untuk kita.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Cara membuat jus buah salak dan manfaatnya untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top