0
Cara membuat jus rambutan dan manfaatnya untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara membuat jus rambutan dan manfaatnya untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara membuat jus rambutan dan manfaatnya untuk kesehatan
link : Cara membuat jus rambutan dan manfaatnya untuk kesehatan

Baca juga


Cara membuat jus rambutan dan manfaatnya untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat jus rambutan - Mendengar kata buah rambutan pasti kita langsung bayangkan buah berwarna dengan rambut-rambut seperti duri dibagian kulit luarnya,Rambutan termasuk tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae,Asalnya dari daratan asia tenggara.

Umumnya buah rambutan dikonsumsi jika sudah matang,Buah jenis ini berdaging dan juga berair,Rasa buah rambutan bisa beragam,Mulai dari yang manis,asam hingga kecut.Semua tergantung jenis rambutan itu masing-masing.

Baca juga : Jenis rambutan dan segudang manfaatnya untuk kesehatan

Biasanya buah rambutan jika tidak dimakan langsung bisa diolah menjadi sirop,Untuk diolah menjadi jus buah masih cukup asing dan jarang,Sebenarnya pengolahan buah rambutan menjadi jus sama halnya dengan mengolah buahan jenis lain nya.Tekstur daging buah rambutan yang kenyal cukup unik dan enak jika kita blend menjadi jus buah segar.

Untuk anda pencinta minuman jus buah patut dicoba jus unik yang satu ini,Berikut resep dan cara mengolah buah rambutan menjadi jus yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah,Sangat mudah dan sederhana.

Anda juga bisa berkreasi dengan cara mix buah rambutan dengan buah kesukaan anda,Karena pada dasarnya buah rambutan memiliki rasa yang manis serta warna dominan putih susu.Sehingga cocok kita campur dengan buahan lain nya untuk menambah rasa,warna dan aroma.

Cara Membuat Jus Buah Rambutan


1. Jus rambutan

Bahan-bahan jus rambutan :

  • 10 buah rambutan
  • 1 cm jahe
  • 1 buah lemod peras ambil airnya
  • 2 sdm madu
  • 1 gelas air
  • Gula secukupnya

Cara membuat jus rambutan :

1. Kupas dahulu buah rambutan,pisahkan dari kulit luarnya,Kemudian kita belah menjadi dua bagian mengunakan pisau,lalu buang biji yang ada didalam nya.

2. Siapkan blender,Campur semua bahan,Buah rambutan,jahe,air perasan jeruk lemon,dan madu,Beri gula dan air secukupnya saja,Kemudian kita haluskan.

3. Setelah benar-benar halus,Tuang kedalam gelas saji,Jangan lupa cek rasa terlebih dahulu,jika kurang manis,bisa tambah lebih banyak gula dan madu.Setelah pas,Jus buah rambutan bisa kita sajikan.Lebih mantap dan segar jika kita dinginkan terlebih dahulu di lemari pendingin.


Cara membuat jus rambutan dan manfaatnya
2. Jus rambutan tropis segar

Bahan-bahan jus rambutan tropis :

  • 5 buah rambutan
  • 1 buah kelapa muda
  • 1 buah pisang
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • Es batu secukupnya

Cara membuat jus rambutan tropis segar :

1. Kupas dahulu buah rambutan,pisahkan dari kulit dan biji nya.

2. Kupas buah kelapa muda,ambil air nya,dan serut daging buah nya,Sisihkan dahulu.

3. Kupas juga buah pisang dan potong-potong.

4. Siapkan blender,Campur semua bahan menjadi satu,Termasuk,Es batu,buah rambutan buah pisang,daging buah kelapa muda beserta air kelapa muda yang kita pisahkan tadi.Kemudian haluskan hingga benar-benar halus dan tercampur rata.

5. Setelah halus,tuang kedalam gelas saji,dan jus rambutan tropis segar sudah bisa anda nikmati.Paling enak minum jus rambutan campur kelapa muda dan pisang ini di siang hari,aroma dan rasa yang segar mampu memanjakan lidah anda.Tentunya kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ketahui juga : Manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh
Ketahui juga : Manfaat jus buah pisang untuk kesehatan

Satu porsi jus rambutan ini sangat kaya akan vitamin A, B, dan C. dan juga mineral penting seperti zat besi, kalsium, kalium, fosfor, mangan, seng dan magnesium.Jus rambutan merupakan sumber yang baik dari gula sukrosa alami dan fruktosa.Sangat rendah lemak.Jus rambutan juga sumber kalori yang dapat meningkatkan energi.kalori pada buah rambutan hanya sekitar 60 per buah.

Manfaat buah rambutan


1. Mencegah anemia : 
Kandungan zat besi yang banyak terdapat di jus buah rambutan dapat mencegah kita dari penyakit anemia atau kekurangan darah.terhindar dari mata yang berkunang akibat anemia dan pusing yang berlebihan.

2. Sebagai sumber energi : 
Rasa manis yang terdapat pada jus buah rambutan dapat memberikan energi tambahan untuk tubuh kita.sehingga kita tidak mudah lemas dan lesu.jus rambutan sumber energi yang baik untuk tubuh kita.

3. Sumber Antioksidan yang tinggi :
Zat antioksidan sangat baik untuk tubuh kita,dapat mencegah radikal bebas,anti imun,memberi kekebalan alami pada tubuh kita,dan membunuh sel-sel kanker berbahaya di dalam tubuh.

4. Sebagai menu diet : 
Kadar gula yang rendah di dalam jus buah rambutan sangat baik di konsumsi jika kita memerlukan asupan buah yang manis dalam program menu diet kita sehari-hari.Buah rambutan adalah pilihan yang tepat.

5. Mengobati sariawan : 
Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jus buah rambutan menjadikan buah ini sebagai salah satu sumber vitamin C yang di butuhkan oleh tubuh kita.jika tubuh kita terpenuhi akan vitamin C maka terhindar dari sariawan dan bau mulut.

6. Mengoptimalkan sel darah pada tubuh : 
Jus buah rambutan memiliki kandungan tembaga yang berguna untuk membentuk sel darah merah dan putih di dalam tubuh.

Manfaat konsumsi jus rambutan memang sangat beragam,diantaranya yang telah dijabarkan diatas,Kombinasi vitamin dan mineral penting yang ada pada jus tersebut mampu menjadi antioksidan aktif yang berguna untuk menjaga ketahanan tubuh dari problem berbagai jenis macam penyakit.

Sekian ulasan kali ini seputar cara membuat jus rambutan dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh,Semoga artikel singkat ini bisa menjadi informasi dan wawasan untuk kita semua,Tetap sehat dan terus berkarya.

Ketahui juga : Manfaat buah rambutan kapulasan

ads disini

Posting Komentar

 
Top