0
Manfaat minum jus jeruk setiap hari untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat minum jus jeruk setiap hari untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat minum jus jeruk setiap hari untuk kesehatan
link : Manfaat minum jus jeruk setiap hari untuk kesehatan

Baca juga


Manfaat minum jus jeruk setiap hari untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat jus jeruk - Jeruk salah satu jenis buah yang mudah diperoleh dengan harga murah namun kaya vitamin di dalam nya,Manfaat buah jeruk dikenal luas sebagai sumber vitamin C yang tinggi untuk tubuh,Namun didalam buah jeruk hanya terdapat 35-50 mg per 100 grm vitamin C di dalam buahnya.

Dengan jumlah tersebut sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh akan asupan vitamin C.Bukan hanya vitamin C saja yang ada pada buah jeruk namun ada beberapa jenis vitamin yang mendukung kebutuhan gizi tubuh,diantara nya.

Vitamin C,Karbohidrat,Potasium,Folat,Kalsium,Thiamin / Vitamin B1,Niacin atau Vitamin B3,Vitamin B6 / Pyridoxine,Fosfor,Magnesium,Tembaga,Riboflavin/ Vitamin B2.Menurut penelitian mengkonsumsi satu buah jeruk segar per hari mampu mencegah kolesterol jahat tampa efek samping.

Mengkonsumsi buah jeruk bisa secara langsung atau diolah menjadi jus yang segar,Mengolah jus buah jeruk yang segar cukup mudah.Pertama pilih dahulu buah jeruk segar dengan rasa yang manis untuk kualitas rasa yang enak.Untuk mendapatkan vitamin dan manfaat yang lebih kita bisa mencampur jeruk dengan buahan lain nya seperti wortel,pepaya dan markisa.

Cara membuat jus buah jeruk yang enak


1. Jus buah jeruk original

Bahan-bahan :
  • 4 Buah jeruk sunkist / jeruk lokal pontianak
  • Air secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Es baru secukupnya
Cara membuatnya :

1. Peras dahulu buah jeruk dan ambil sari buah nya,Bisa dengan cara di belah menjadi dua.
2. Siapkan blender untuk mencampurnya dengan es batu,Tujuan nya agar sari buah jeruk yang kita peras tadi tercampur rata dengan es batu.
3. Setelah selesai jus jeruk original bisa kita sajikan.

2. Jus jeruk dan wortel

Bahan-bahan :
  • 4 Buah jeruk sunkist / jeruk lokal pontianak
  • 2 buah wortel ukuran besar
  • Madu dan gula secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuatnya :

1. Pertama peras dahulu buah jeruk,buang biji nya dan ambil sari buah nya saja,Sisihkan dahulu.
2. Kupas wortel,potong  dahulu kecil-keci,Kemudian bisa kita blender dengan air secukupnya,setelah halus,Kita saring untuk memisahkan sari dan ampas nya.
3. Setelah semua bahan siapa mulai kita campur semua bahan kedalam gelas saji,Air perasan jeruk dan sari sayuran wortel yang kita buat tadi,Beri madu dan gula secukupnya.Jangan lupa tes rasa.Dirasa sudah pas,Sajikan dengan campuran es batu.

Baca juga : 10 Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan tubuh

3. Jus jeruk markisa

Bahan-bahan :
  • 2 buah jeruk manis
  • 2 buah markisa
  • 50 grm pepaya
  • 1 bungkus susu kental manis putih
  • 1 gelas air
  • 5 sendok madu / Sesuai selera
  • Gula secukupnya
Cara membuatnya :

1. Seperti biasa peras dahulu buah jeruk dan ambil sari nya saja.
2. Untuk buah markisa kita belah dua bagian serut mengunakan sendok ambil isi buah nya dan sisihkan dahulu.
3.Buah pepaya kupas kulit nya,buang biji nya dan potong-potong.
4. Siapkan blender.Campur semua bahan,Buah pepaya dan sari buah jeruk,gula dan madu.Haluskan semua bahan.
5. Dikira sudah halus,Beri susu kental manis.Aduk rata.
6. Terakhir masukkan buah markisa yang sudah kita serut tadi,Blender sebentar,Jangan terlalu lama agar biji-biji pada buah markisa tidak hancur.
7. Jus jeruk markisa bisa kita sajikan.

Dengan diolah menjadi jus buah seperti diatas,dicampur dengan berbagi macam buah segar lainnya manfaat buah jeruk akan kita peroleh lebih maksimal,Terutama kandungan vitamin C yang ada akan semakin berlimpah,karena didukung oleh manfaat buah pepaya dan manfaat buah markisa yang notabene nya kaya akan vitamin C didalam nya.

Baca juga : Jeruk purut dan segudang manfaatnya untuk kesehatan


Manfaat jus jeruk untuk kesehatan

Manfaat jus jeruk untuk kesehatan


1. Mencegah serangan jantung
Potensi terbaik buah jeruk untuk kesehatan ialah menjaga fungsi jantung agar tetap sehat,vitamin yang ada pada jeruk mampu memperkecil resiko terkena serangan jantung karena dapat mengatasi penyumbatan pembuluh darah.Dan menjaga detak jantung optimal.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jus jeruk bertindak sebagai pertahanan terbaik untuk tubuh dalam melawan beberapa penyakit seperti flu atau pilek,mempromosikan sistem kekebalan tubuh ketingkat tertinggi.Vitamin C yang ada Berperan aktif sebagai antioksidan alami.

3. Mencegah penuaan dini
Penuaan dini terjadi karena beberapa faktor,seperti radikal bebas atau juga pola makan yang tidak baik,makanan juga memainkan peran besar dalam memperlambat penuaan kulit.Konsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan seperti jus buah jeruk yang satu ini dapat membantu membangun kolagen aktif di bawah kulit.

Baca juga : Manfaat buah jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan

4. Jus jeruk baik untuk tulang
Satu gelas jus jeruk atau 100 grm buah jeruk setidaknya terdapat 7 - 8 % persen kalsium,yang mana kalsium tersebut sudah cukup untuk kebutuhan harian tubuh.Kalsium mempunyai peran penting untuk kesehatan tulang hingga kepadatan tulang.sehingga tulang terhindar dari gejala pengeroposan dimasa tua.

5. Mencegah kanker
Aktivitas antioksidan yang tinggi pada jeruk merupakan poin penting untuk pencegah kanker,Antioksidan alami yang dihasilkan dari vitamin C hingga deretan vitamin lain yang ada didalamnya bersinergi dengan sempurna untuk menolak radikal bebas yang masuk kedalam tubuh yang berpotensi menjadi sel kanker.

6. Meningkatkan fungsi otak
Selain vitamin C,jus jeruk juga mengandung folat,yang mana folat tersebut bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak,menjaga kinerja memori hingga meningkatkan daya ingat.Folat juga baik untuk ibu hamil.Folat membantu dalam pembentukan sel darah merah dan DNA.

Baca juga : 7 Manfaat buah leci untuk ibu hamil

7. Menjaga sistem pencernaan
Serat yang ada pada jeruk baik untuk menjaga sistem pencernaan tubuh.Jus jeruk juga banyak diminati kaum hawa sebagai media diet,karena serat yang ada di dalamnya mampu mengikat lemak di dalam tubuh.

8. Membantu pembentukan masa otot
Kandungan protein yang ada pada jeruk merupakan protein yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pembentukan masa otot.Selain protein fungsi kalium pada jeruk berguna untuk mengirimkan impuls saraf dan mempertahankan kontraksi otot.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh
Tubuh manusia 70% terdiri atas air sehingga jika kita kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terserang penyakit dan lemas.Minum air 8 gelas per hari mampu menjaga tubuh tidak dehidrasi.

Selain itu mengkonsumsi vitamin dan minuman kaya vitamin C baik untuk ketahanan tubuh.Vitamin C pada jus buah jeruk mampu membersihkan racun-racun dalam tubuh melalui urin dan dapat membantu proses pencernaan.Sehingga berdampak kepada daya tahan tubuh yang lebih kuat.

10. Baik untuk ibu hamil
Rasa buah jeruk yang segar umumnya banyak disukai ibu hamil,Rasa manis,asam dan kecut menjadi satu.Di balik semua itu buah jeruk kaya vitamin yang baik untuk ibu hamil,diantaranya asam folat,vitamin C dan vitamin B6.

Vitamin B6 pada buah jeruk memiliki fungsi untuk perkembangan kognitif dan mempertahankan fungsi saraf hingga membantu pembentukan sel darah merah dan neurotransmitter untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi.Selain itu guna vitamin B6 pada jus jeruk ialah membantu meringankan morning sickness dan mual gejala yang umum selama kehamilan berlangsung.

Baca juga : Manfaat jus jambu monyet untuk kesehatan kaya vitamin C

ads disini

Posting Komentar

 
Top