0
Manfaat buah cermai dan cara mengolahnya menjadi jus yang enak - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat buah cermai dan cara mengolahnya menjadi jus yang enak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat buah cermai dan cara mengolahnya menjadi jus yang enak
link : Manfaat buah cermai dan cara mengolahnya menjadi jus yang enak

Baca juga


Manfaat buah cermai dan cara mengolahnya menjadi jus yang enak

ads disini
ads disini

Manfaat buah cermai - Buah cermai memang tergolong buahan dengan rasa asam yang begitu pekat,oleh karena itu buah cermai tidak sepopuler buahan lain nya.Bentuk buah cermai yang kecil dan bulat menjadikan buah ini mudah rontok dari pohon nya,Maka banyak masyarakat yang mengolah buah cermai menjadi manisan agar tidak mubazir.

Selain diolah menjadi manisan,buah cermai juga sangat segar dimakan bersama rujak buah,atau juga bisa di olah menjadi jus buah yang segar.Rasa asam yang dominan mampu membangkitkan tenaga yang hilang dengan cepat.

Tidak sedikit juga wanita hamil yang menyukai buah ini,karena pada umum nya kebanyakan wanita hamil menyukai buah dengan rasa asam segar dominan untuk mengurangi rasa enek dan mual,gejala umum yang terjadi awal masa kehamilan.

Cara membuat jus buah cermai yang enak dan menyehatkan


Jus rujak buah cermai


Bahan-bahan :

  • 100 grm buah cermai
  • 1 buah mangga muda
  • 5 buah jambu air
  • 5 buah kedondong
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Asam jawa secukupnya
  • Cabai merah secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuatnya : 

1. Langkah pertama cuci bersih semua bahan,potong-potong dan pisahkan dari biji buah nya,kecuali buah cermai.

2. Asam jawa dilarutkan bersama air matang secukupnya dan sisihkan terlebih dahulu.

3. Campurkan semua bahan kedalam blender dengan sedikit air asam yang sudah kita larutkan tadi,Beri gula merah dan cabai.Jangan lupa tes rasa dahulu.Jika suka pedas cabai merah bisa di beri lebih banyak.

4. Setelah semua bahan halus bisa kita saring mengunakan saringan untuk memisahkan air dan ampas nya.ini bertujuan agar kita bisa meminum air nya tampa ampas nya.

5. Cara menyajikan nya beragama,Bisa dimakan langsung ketika sudah halus atau disaring terlebih dahulu air dan ampas nya.Ampas buahan tadi berupa serat-serat halus yang memiliki tekstur jika dimakan bersama air nya akan memberikan sensasi yang nikmat layaknya makan rujak.

Jus rujak buah cermai ini rasanya sangat segar,mirip dengan rujak bebek namun yang membedakan air nya lebih banyak layaknya jus buah.Bisa dibayangkan sensasi rasa asam manis,asin,gurih dan pedas menjadi satu di lidah akan memberikan sensasi tiada tara.Cocok sekali untuk wanita hamil yang sedang ngidam,Jus rujak buah cermai ini patut anda coba dirumah.
Baca juga : Manfaat buah cermai untuk ibu hamil !!Wajib Baca
Buah cermai yang asam diketahui mengandung beberapa vitamin penting diantaranya Vitamin C yang tinggi, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi, thiamine dan riboflavin di bagian dagingnya.

Deretan vitamin tersebut berpotensi baik untuk kesehatan tubuh,Ada pula manfaat buah cermai untuk kesehatan lain nya ialah sebagai berikut.

Manfaat buah cermai

Manfaat buah cermai untuk kesehatan


1. Menjaga kepadatan tulang
Kalsium dan fosfor pada buah cermai yang tinggi baik untuk menjaga kepada tulang dan gigi,Rasa asam yang berlebih menjadi tidak masalah jika kita paham akan manfaat nya yang begitu baik untuk kesehatan tulang.Mengkonsumsi olahan buah cermai dengan rutin baik dimasa tua,karena tubuh akan terhindar dari pengeroposan tulang secara dini atau biasa disebut dengan osteoporosis.

2. Sumber antioksidan bagi tubuh
Ragam jenis vitamin yang terdapat pada buah cermai merupakan deretan antioksidan alami yang di hasilkan buah tersebut,Yang mana antioksidan baik untuk tubuh,Diantara nya mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak jaringan sel dalam tubuh.Antioksidan yang dihasilkan buah cermai juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

3. Menjaga berat badan tetap ideal
Rasa asam yang segar serta serat yang ada pada buah cermai yang cukup tinggi,mampu mengikat lemak jahat yang berkeliaran di bagian tubuh.Maka buah cermai juga layak menjadi salah satu jenis buah konsumsi diet kaum hawa.karena manfaat nya yang luar biasa untuk menjaga berat badan tetap ideal.Selain itu serat di dalam buah cermai mampu menjaga saluran pencernaan tetap sehat dan BAB tetap lancar.

4. Menurunkan tekanan darah
Bukan hanya buah nya,Daun buah cermai juga biasa digunakan sebagian orang untuk pengobatan herbal.yang mana daun buah cermai biasa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi.

Caranya cukup mudah.Daun buah cermai cukup direbus dengan air saja,perbandingan nya 100 grm daun cermai dengan 4 gelas air direbus menjadi 2 gelas air.Air rebusan itu yang bisa kita minum untuk menurunkan tekanan darah didalam tubuh.

5. Mengobati sariawan
Rasa asam yang pekat sudah pasti mengandung vitamin C yang tinggi pula.Maka tak salah jika buah cermai mampu mengobati sariawan dengan cepat.Yang mana kita ketahui penyebab sariawan dikarenakan bakteri yang berkembang didalam mulut,Serta tubuh yang kekurangan asupan vitamin C.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Zat besi dan vitamin C yang ada pada buah cermai diyakini mampu mengembalikan tenaga yang hilang dengan cepat,serta meningkatkan daya tahan tubuh lebih kuat.Vitamin C yang bersifat antioksidan menjadi anti imun bagi tubuh untuk mencegah berbagai penyakit musiman seperti batu,pilek dan demam.

Manfaat buah cermai begitu banyak dan beragam,yang ada saat ini hanyalah segelintir saja.Rasa asam yang pekat pada buah cermai jika kita olah sedemikian rupa akan menjadi satu makanan atau minuman yang enak dan menyegarkan.Seperti jus rujak cermai atau manisan buah cermai.

Demikian ulasan singkat kali ini mengenai manfaat buah cermai untuk kesehatan,Semoga apa yang telah ada lihat dan baca kali ini dapat menjadi satu informasi dan wawasan baru untuk anda dan keluarga dirumah.Tetap sehat dan terus berkarya

ads disini

Posting Komentar

 
Top