0
10 Manfaat jus jambu air untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat jus jambu air untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat jus jambu air untuk kesehatan
link : 10 Manfaat jus jambu air untuk kesehatan

Baca juga


10 Manfaat jus jambu air untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat jus jambu air - Jambu air yang kita ketahui sangat berlimpah kadar air di dalam nya,maka julukan buah segar kerap ada di buah jambu yang satu ini.Kita bisa menemukan buah jambu dalam menua rujak,karena buah jambu cukup identik dengan jenis makanan tersebut.

Jambu air juga bisa kita olah menjadi jus buah yang segar,Tekstur buah serta rasa nya yang unik jika diolah menjadi jus akan semakin segar.Selain itu ini bisa menjadi inovasi baru dalam pembuatan jus buah yang sehat untuk keluarga dirumah agar tidak bosan.

Cara mengolah jambu air menjadi jus sama halnya dengan cara membuat jus lainnya.Dengan diolah menjadi jus manfaat jambu air akan semakin optimal kita dapatkan untuk tubuh.

Cara membuat jus jambu air yang enak


1. Jus buah jambu original

Bahan-bahan :
  • 100 grm jambu air
  • 1 buah lemon
  • Madu secukupnya
  • Air secukupnya
  • Gula secukupnya
Cara membuatnya :

1. Pertama kita bersihkan jambu air,belah menjadi dua bagian lalu sisihkan buah dan biji di dalamnya.

2. Sediakan blender,Dan mulai kita haluskan buah jambu air,Beri sedikit air,Karena pada dasarnya jambu air sudah kaya akan kandungan air nya,jika kita blender akan mudah hancur dan sari buah nya akan cepat keluar.

3. Setelah halus,beri gula,madu dan perasan air lemon.Gula lemon dan madu untuk memberikan cita rasa yang khas,karena rasa buah jambu air yang manis sangat monoton.Maka dibutuhkan campuran madu dan lemon untuk rasa yang semakin khas dan nikmat.

4. Setelah semua bahan kita campur dan sudah halus.Bisa kita saring untuk memisahkan sari buah dan ampas nya.Setelah itu jus jambu air sudah siap kita sajikan dan konsumsi.

Tips : Sisa ampas dari jus jambu air tadi bisa kita manfaatkan untuk masker wajah,Dengan cara mencampurkan sedikit minyak zaitun kedalam apas jus jambu air tersebut.Setelah itu bisa kita gunakan menjadi masker wajah.Manfaatnya ialah untuk mengencangkan kulit wajah,menghilangkan bekas jerawat hingga menekan kadar minyak berlebih pada wajah anda.

2. Jus jambu air mix buah naga
  • 100 grm jambu air
  • 150 grm buah naga
  • Susu kental manis
  • Madu dan gula
  • Air secukupnya
Cara membuatnya :

1. Belah dua jambu air buang biji didalam nya,Buah naga juga demikian,Kupas dan potong-potong dadu.

2. Campur semua bahan kedalam blender,Jambu air,buah naga.air,madu dan gula.

3. Setelah halus,Beri susu kental manis secukupnya sesuai selera saja,jangan lupa tes rasa.Dan jus buah jambu air mix buah naga siap kita sajikan.

Kombinasi buah naga dan jambu air menjadi satu kesatuan yang pas di lidah,Buah jambu air yang segar ditambah tekstur buah naga yang berbiji menjadikan jus buah ini baik untuk kesehatan tubuh,diantaranya untuk mengobati panas dalam.mencegah sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Jus jambu air dan wortel

Bahan-bahan :
  • 250 grm buah jambu air
  • 100 grm wortel
  • 4 lembar daun mint
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdm madu
  • Es batu secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuatnya :

1. Seperti biasa masukkan jambu air,sayuran wortel dan daun mint,air dan es batu secukupnya kedalam blender.Lalu haluskan.

2. Setelah halus,beri perasan jeruk lemon dan madu.Dan haluskan kembali beberapa detik.

3. Setelah halus,kita saring mengunakan saringan jus,dan jus jambu air dan wortel siap kita sajikan.

Kombinasi jus jambu air dan wortel ini mampu memberikan tubuh asupan vitamin yang berlimpah,salah satunya vitamin A yang tinggi pada sayuran wortel.Yang mana vitamin A pada wortel baik untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu vitamin A juga berperan penting untuk ibu hamil,Karena vitamin A pada wortel mampu memperkuat embrio janin ibu hamil,Vitamin A memainkan peran penting dalam pertumbuhan jantung, paru-paru,ginjal dan tulang.

Baca juga : 13 Manfaat buah jambu bol untuk kesehatan dan ibu hamil

Vitamin yang ada pada jambu air ialah Vitamin C,Thiamin,Riboflavin,Niacin,Vitamin A,protein, zat besi,kalsium dan fosfor.Ada pula manfaat jus jambu air lain nya untuk kesehatan tubuh sebagai berikut :

Manfaat jus jambu air untuk kesehatan

Manfaat jus jambu air untuk kesehatan


1. Mencegah dehidrasi
Air yang berlimpah pada buah jambu air menjadi satu alasan kuat untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi,Bahaya tubuh jika terserang dehidrasi,tubuh akan lemas,fungsi otak akan terganggu hingga kematian yang mengintai.Selain itu Kalium pada buah jambu air membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit yang ada di dalam tubuh.

2. Menjaga fungsi ginjal
Jambu air memiliki sifat Diuretik yang mana diuretik ialah makanan atau minuman yang meningkatkan produksi urin.Mengkonsumsi jambu air otomatis akan meningkatkan produksi urin,karena jambu air tinggi kadar air didalam nya yang berbanding lurus dengan fungsi ginjal karena manfaatnya didalam nya.

3. Mencegah diabetes
Senyawa alkaloid yang terkandung pada jambu air mampu mengolah pati menjadi gula,sehingga berdampak pada kontrol gula darah yang optimal di dalam tubuh,hal ini sangatlah bersahabat bagi para penderita diabetes.

4. Menyehatkan pencernaan
Kandungan air dan serat yang berlimpah pada jambu air bermanfaat juga pada kesehatan pencernaan,Fungsi serat menjaga dan mengontrol proses pelumatan makanan di dalam saluran pencernaan,Serat juga mampu mengatasi sembelit,disentri dan menjaga berat badan tubuh selalu ideal.Cocok untuk anda yang sedang dalam program diet.

Baca juga : Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan

5. Menjaga daya tahan tubuh
Senyawa aktif yang ada pada jambu air berguna untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh,Senyawa yang ada bersifat anti bakteri dan mikroba yang akan berdampak baik untuk sistem kekebalan tubuh,sehingga tubuh terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh virus.

6. Mampu mendetoks tubuh
Sifat Diuretik aktif yang ada pada buah jambu air ini berguna untuk mengurai dan mengeluarkan racun-racun di dalam organ hati,ginjal usus hingga saluran pencernaan.Sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit.

7. Pencegah kanker
Vitamin C dan A aktif dan organik yang terkandung pada jambu air merupakan antioksidan aktif yang mampu mencegah penyebaran radikal bebas di dalam tubuh yang berpotensi menjadi sel kanker yang merusak.Terutama untuk kanker prostat dan kanker payud*ra.

8. Menjaga fungsi jantung
Kalium dan vitamin A yang ada pada jambu air merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung,Mineral tersebut diketahui memiliki peran aktif untuk kinerja jantung yang sehat.Kalium berperan menjaga detak jantung dan tekanan darah yang optimal,Mengirimkan impuls saraf dan mempertahankan kontraksi otot pada jantung.

9. Mencegah anemia
Senyawa Riboflavin atau vitamin B2 pada jambu air merupakan salah satu koenzim yang berperan dalam berbagai metabolisme energi di dalam tubuh,terutama dalam pemecahan senyawa karbohidrat menjadi gula.Senyawa kompleks lainnya,seperti lemak dan protein,juga dapat dikonversi menjadi energi.Yang berdampak kepada pencegahan anemia atau gejala kurang darah.Karena produksi sel darah merah akan semakin optimal karena asupan energi yang cukup.

10. Menjaga kesehatan kulit
Sifat peradangan yang dihasilkan buah jambu memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit,mencegah kulit dari infeksi akibat sinar ultra violet (UV) hingga menjaga sistem kolagen kulit tetap stabil.

Selain itu vitamin C yang ada pada manfaat jus jambu air bersifat antioksidan tinggi,Sehingga berpengaruh pada pencegahan penuaan dini akibat radikal bebas.Demikian ulasan singkat kali ini.Semoga apa yang telah anda baca menjadi satu wawasan dan informasi yang berguna.

Baca juga : 7 Manfaat jus jambu biji merah dan putih untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top