0
7 Manfaat jus jambu biji merah dan putih untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Manfaat jus jambu biji merah dan putih untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Manfaat jus jambu biji merah dan putih untuk kesehatan
link : 7 Manfaat jus jambu biji merah dan putih untuk kesehatan

Baca juga


7 Manfaat jus jambu biji merah dan putih untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat jus jambu biji - Buah jambu biji disekitar kita bisa ditemukan dengan dua jenis atau varian yaitu,jambu biji merah dan jambu biji putih,Yang membedakan kedua jenis buah jambu ini terletak pada ukuran buah nya,biji serta daging buah nya.

Jambu biji putih biasa nya berukuran besar dengan tekstur daging buah yang lebih keras dan kranci seperti buah apel.Sedangkan buah jambu biji merah biasa nya bentuknya lebih kecil dan daging buahnya cenderung lebih lembut dan mudah di kunyah.Serta kulit bagian luar nya akan berubah menjadi kuning jika sudah matang sempurna.

Kedua jenis jambu biji tersebut sama-sama enak dengan rasa manis yang mendominasi,Cara lain menikmati jambu biji,selain dimakan langsung bisa diolah menjadi jus buah,Dengan diolah menjadi jus kita bisa menikmati keseluruhan buah jambu tampa harus repot mengunyah nya.Selain itu rasa buah jambu juga sangatlah segar jika diolah menjadi jus buah.

Cara membuat jus jambu biji yang enak


1. Jus jambu biji original
  • 2 buah jambu biji merah
  • 1 sachet susu kental manis
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuatnya :
1. Pertama kita cuci buah jambu dan kupas kulit buah nya,Setelah itu kita potong dadu atau ukuran kecil agar mudah dalam proses penghalusan mengunakan blender.

2. Siapkan blender dan bisa kita haluskan buah jambu biji yang telah kita potong-potong tadi dengan campuran sedikit air dan beri gula secukupnya saja.

3. Setelah setengah halus,kita beri susu kental manis dan haluskan kembali.

4. Dirasa sudah halus,siapkan saringan jus atau saringan santan yang ada dirumah,ini untuk memisahkan biji buah dan sari nya.

5. Setelah kita pisahkan,Jus jambu biji merah bisa kita sajikan di gelas dengan tambahan sedotan agar semakin nikmat mengkonsumsi nya.

Baca juga : manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan 

2. Jus jambu mix pepaya
  • 150 gram jambu biji
  • 100 gram pepaya
  • 1 sachet Susu kental manis
  • Air es secukupnya
Cara membuatnya :
1. Seperti biasa kupas buah jambu dan potong-potong,Sama halnya dengan buah pepaya,kita kupas dan potong-potong juga.

2. Siapkan blender,dan haluskan semua bahan dengan campuran air.

3. Setelah halus,beri susu kental manis dan haluskan kembali.

4. Saring jus yang kita buat tadi mengunakan saringan,Dan jus buah jambu mix pepaya siap kita sajikan.

Untuk membuat jus jambu mix pepaya ini bisa mengunakan jambu biji merah atau jambu biji putih,Karena sudah di mix buah pepaya rasa jus ini akan semakin segar,dan aroma nya jelas sangat menggugah.Selain itu jus jambu mix pepaya bermanfaat untuk melancarkan BAB,menjaga kesehatan saluran pencernaan,Karena serat yang tinggi pada buah pepaya tersebut.

Tips untuk membuat jus jambu biji yang enak :

Sebelum mengolah jambu menjadi jus ada baik nya kita membekukan buah jambu terlebih dahulu dengan menyimpan nya di dalam mesin pendigin,Tujuan nya agar nanti buah jambu yang akan kita olah menjadi jus akan semakin kental tampa tambahan es batu.Serta tekstur nya akan semakin lembut dan nikmat.

Vitamin pada jus jambu biji : 

Diketahui jika di dalam jambu biji merah terdapat kandungan senyawa antioksidan yang berlimpah,antioksidan yang sangat tinggi ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C,kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen pada tubuh.

Selain itu,Manfaat antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh semakin kuat dan pencegah sel kanker.Ada pula manfaat jambu biji lain nya untuk kesehatan tubuh sebagai berikut :

Manfaat jus jambu biji

Manfaat jus jambu biji untuk kesehatan


1. Menjaga tekanan darah
Senyawa antioksidan yang ada pada buah jambu biji berguna untuk menjaga tekanan darah tetap stabil di dalam tubuh,Diketahui antioksidan tersebut baik untuk penderita hipertensi dan juga ibu hamil yang kerap mengalami gangguan tekanan darah yang tak stabil pasca kehamilan berlangsung.

Baca juga : Khasiat dan manfaat buah Jambu air untuk kesehatan tubuh

2. Meningkatkan hemoglobin
Kandungan vitamin C,zat besi hingga deretan vitamin lain nya yang ada pada buah jambu biji berkhasiat untuk meningkatkan HB,Kebutuhan HB Laki-laki dewasa memiliki kadar HB normal sebesar 14-18,wanita dewasa memiliki kadar HB normal sebesar 12-16,wanita hamil memiliki kadar HB normal sebesar 11-12.Hal ini juga baik untuk mengikatkan HB bagi penderita DBD.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang kuat berpengaruh positif untuk kesehatan yang lebih baik,Seluruh vitamin yang terdapat pada jambu biji berpotensi baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat sehingga mampu mencegah berbagai penyakit yang akan timbul.

Baca juga : 13 Manfaat buah jambu bol untuk kesehatan dan ibu hamil

4. Kaya akan asam folat
Asam folat,Selain baik untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan jantung.Serta meningkatkan produksi sel darah merah lebih optimal dan berdampak untuk pencegahan penyakit anemia.

5. Menjaga kesehatan pencernaan
Serat yang dihasilkan jus jambu biji baik sekali untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh,selain itu bermanfaat juga untuk sistem pencernaan yang lebih sehat.Fungsinya serat membantu melindungi selaput lendir usus,mengurai racun yang menumpuk di dalam usus bersifat detoksisfikasi.

6. Pencegah penuaan dini
Penuaan dini merupakan satu problem klasik yang akan di alami setiap orang,Hal ini biasanya disebabkan oleh radikal bebas atau radiasi elektron yang berdampak kepada kesehatan kulit dari luar.Vitamain yang ada pada jus jambu merupakan antioksidan baik penangkal radikal bebas yang berpotensi penyebab penuaan dini.

Baca juga : Manfaat jambu mawar alias jambu kraton bagi kesehatan tubuh

7. Mempercepat penyerapan nutrisi
Mengkonsumsi satu gelas jus jambu biji setiap hari berdampak baik kepada tubuh,mineral mangan yang ada pada buah jambu biji bermanfaat baik untuk membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.Penyerapan nutrisi yang baik akan berdampak positif kepada sistem kesehatan tubuh.

Baca juga : 10 Manfaat jus duwet untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top