0
11 Manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 11 Manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 11 Manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh
link : 11 Manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh

Baca juga


11 Manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat air kelapa - Air kelapa identik dengan minuman segar yang wajib dikonsumsi di siang hari di kala dahaga datang melanda,Kebanyakan orang menyukai air kelapa karena rasa nya yang segar dan unik,Air kelapa mengandung sensasi soda yang jika menyentuh lidah menimbulkan sensasi yang unik dan menyegarkan.

Pada umum nya air kelapa yang banyak dikonsumsi berasal dari buah kelapa muda,Karena rasa dari air buah kelapa mudah masih cukup manis dan tidak terlalu pekat sehingga bisa menjadi alternatif pengganti air putih.Mengkonsumsi air kelapa muda juga mampu menghidrasi tubuh kembali setelah berkeringat sepanjang hari.

Untuk mendapatkan air kelapa mudah cukup mudah,Terutama di indonesia,Kita dapat dengan mudah menemukan penjual air kelapa muda di pinggir jalan atau kios-kios terdekat.Tak salah jika banyak masyarakat yang menyukai nya,karena air kelapa ini kaya akan kebaikan dan manfaat untuk tubuh.

Manfaat air kelapa memang tidak diragukan lagi,berbagi kandungan vitamin dan mineral yang beragam ada di dalamnya,Seperti Vitamin C,Asam pantotenat,biotin,riboflavin dan juga asam folat.

Selain itu penelitian terhadap air kelapa ini cukup banyak dilakukan,salah satunya manfaatnya mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat.kemampuan air kelapa dalam menggantikan ion tubuh yang hilang lebih baik dibandingkan air putih biasa.

Manfaat air kelapa


manfaat air kelapa untuk kesehatan
Khasiat dan manfaat air kelapa begitu banyak dan beragam,diantaranya baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan keseimbangan vitamin dan mineral di dalam tubuh hingga mengembalikan cairan tubuh yang hilang,Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan yang bisa kita peroleh.

1. Mencegah dehidrasi
Air kelapa banyak diburu masyarakat karena diyakini mampu mencegah dehidrasi,Keseimbangan elektrolit di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah,Karena itulah Air kelapa juga merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh dan manfaat lain nya ialah mencegah dehidrasi dan kehilangan cairan karena diare,muntah atau berkeringat berlebihan setelah berolahraga,dengan demikian mengkonsumsi air kelapa sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang.

Baca juga : Manfaat jus jambu air untuk kesehatan

2. Optimalkan fungsi jantung
Air kelapa tergolong rendah gula,Rasa manis yang ditimbulkan sangat alamiah sangat bersahabat bagi tubuh.Rendah lemak dan kolesterol sehingga baik untuk kinerja organ jantung.Menurut data yang dilansir oleh Journal of Medicinal Food,air kelapa muda memiliki efek menguntungkan untuk metabolisme lipid dalam melawan peningkatan kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga berdampak baik kepada kesehatan jantung.

3. Menjaga kesehatan ibu hamil
Selain segar dan nikmat,Air kelapa mengandung asam folat,Yang mana asam folat tersebut merupakan senyawa penting dalam penunjang kehamilan.Folat acid merupakan faktor utama yang menentukan kesehatan janin dalam kandungan,Bahaya nya jika ibu hamil kekurangan folat berdampak kepada bayi yang lahir cacat fisik dan mental.

Baca juga : Manfaat buah kawista untuk kesehatan dan ibu hamil

4. Mencegah penuaan dini
Air kelapa mampu menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit serta membantu pembentukan struktur jaringan kolagen di bawah kulit yang mana proses tersebut mampu mencegah penuaan dini.Vitamin C dan B kompleks yang ada pada air kelapa berguna untuk mencegah kulit kusam yang diakibatkan oleh radikal bebas seperti efek polusi dan radiasi sinar UV ( ultra violet ).

5. Mengontrol tekanan darah
Di dalam air kelapa bisa kita temukan senyawa berupa magnesium dan kalium yang membantu untuk menjaga tekanan darah secara alami agar tetap stabil,bagi penderita darah tinggi dan rendah  minum air kelapa satu gelas perhari baik untuk mengontrol tekanan darah.

6. Mencegah anemia
Air kelapa juga baik untuk mengobati anemia atau gejala kurang darah,Karena di dalam air kelapa terdapat senyawa zat besi yang cukup tinggi sehingga baik untuk mengatasi anemia.

7. Mempercepat metabolisme tubuh
Vitamin B2 atau riboflavin pada air kelapa berperan penting dalam proses metabolisma tubuh untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan tubuh.Sumber energi dari makanan dapat berupa karbohidrat,protein atau lemak.Vitamin B2 membantu proses metabolisma karbohidrat,protein dan lemak lebih cepat sehingga dapat diproses oleh tubuh menjadi energi potensial.

Baca juga : Manfaat buah kepel untuk kesehatan tubuh

8. Antioksidan tubuh
Air kelapa bisa kita manfaatkan untuk suplai antioksidan yang diperlukan oleh tubuh,Dengan mengkonsumsi air kelapa kita bisa membersihkan sisa atau efek racun penggunaan antibiotik dan obat sejenis lainnya juga bisa diatasi dengan konsumsi air kelapa muda.

9. Diuretik Alami
Air kelapa bersifat diuretik dalam arti kata Diuretik merupakan makanan atau minuman yang meningkatkan produksi urin.Sehingga air kelapa mampu membuang racun sisa makanan yang tidak diserap sempurna melalui air seni,mencegah masalah seperti infeksi saluran kemih.dan juga membantu alkalisasi urin untuk melarutkan beberapa jenis batu ginjal kemudian membuangnya dari tubuh.

10. Bersahabat bagi penderita diabetes
Air kelapa jika dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh,Rasa manis alami yang dihasilkan merupakan sumber gula alternatif yang rendah kalori.Sehingga sangat bersahabat bagi para penderita diabetes.air kelapa dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan stres oksidatif.

11. Mencegah stres
Salah satu manfaat air kelapa yaitu mampu mencegah stres,Dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin dan teratur kita dapat menjaga kondisi pikiran yang lebih sehat,mood yang lebih positif hingga mencegah gejala-gejala depresi.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan magnesium yang ada pada air kelapa.Magnesium merupakan mineral penting untuk menjaga fungsi otak.Secara tidak langsung otak akan bekerja semakin optimal dan kita terhindar dari gejala-gejala tersebut.

Efek samping :

Air kelapa memang minuman yang rendah lemak sehingga baik untuk tubuh,bagi orang yang mengalami sembelit,mengkonsumsi air kelapa adalah solusi alami terbaik nya.

Bagi penderita penyakit batu ginjal,konsumsi air kelapa berlebih bisa berbahaya bagi yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan.Maka dari itu wajib berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat air kelapa untuk kesehatan kali ini.Semoga bermanfaat dan mampu memberi wawasan baru dan berguna bagi kita semua.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Manfaat jus kedondong untuk kesehatan 

ads disini

Posting Komentar

 
Top