0
10 Manfaat jus duwet untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat jus duwet untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat jus duwet untuk kesehatan
link : 10 Manfaat jus duwet untuk kesehatan

Baca juga


10 Manfaat jus duwet untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat jus duwet - Duwet atau jamblang merupakan jenis buah yang hampir mirip bentuk nya dengan buah anggur yang membuatnya berbeda ialah ukuran buah duwet lebih lonjong tidak bulat seperti kebanyakan buah anggur.

Dari sisi rasa,buah duwet memang manis namun sedikit kelat jika menyentuh lidah.Rasa kelat yang ditimbulkan buah duwet dihasilkan dari senyawa tanin yang begitu berlimpah didalam nya.Selain itu warna buah duwet yang ungu kehitaman akan tinggal di lidah dan membekas jika kita konsumsi.

Rasa sepat dan kelat dari buah duwet ini dihasilkan senyawa pektin yang ada pada buah tersebut.Senyawa inilah yang akan meninggalkan warna ungu dibagian lidah.Untuk menikmati buah duwet bisa kita olah menjadi jus buah agar semakin nikmat.Berikut cara membuat jus buah duwet yang mudah,simpel dan nikmat.

Cara membuat jus buah duwet yang enak


1. Jus buah duwet

Bahana-bahan :
  • 250 grm buah duwet
  • 6 sdm Susu bubuk vanila
  • Gula dan madu secukupnya
  • 1 buah lemon
  • Air secukupnya
Cara membuatnya :

Pertama,pisahkan dulu daging buah duwet dari bijinya dengan cara dibelah menggunakan pisau.Setelah itu kita haluskan mengunakan blender dengan air secukupnya.Dirasa sudah halus,saring dan ambil sari buah nya saja.

Tahap kedua,sari buah duwet tadi bisa kita mix dengan susu,madu dan gula.Beri sedikit lemon untuk menetralisir rasa kelat pada buah duwet tersebut.Aduk dan campur rata mengunakan blender.Setelah tercampur rata jus buah duwet pun bisa kita sajikan dan nikmati.

Dalam 100 gram buah duwet mengandung 0,132 g protein,0,5 g lemak dan karbohidrat 15 g.Protein dan karbohidrat yang ada pada buah duwet bisa menjadi sumber energi untuk tubuh.Selain itu serat yang tinggi pada buah duwet baik untuk menjaga stabilitas kesehatan saluran pencernaan.Melancarkan BAB dan mengatasi sembelit.Adapun manfaat lainnya buah duwet untuk kesehatan tubuh sebagai berikut :

Manfaat duwet untuk kesehatan

Manfaat buah duwet untuk kesehatan


1. Mengobati diare
Senyawa pektin yang ada pada buah duwet dianggap baik dikonsumsi oleh orang yang menderita sindrom iritasi usus dan diare.Senyawa ini bersifat pengental,maka bagi para penderita diare sangat baik.Jika anda terserang diare cobalah untuk mengkonsumsi jus buah duwet ini untuk mengobati nya.

2. Pelembab kulit
Vitamin yang berlimpah pada buah duwet dapat kita manfaatkan sebagai pelembab kulit alami,Diketahui jika buah duwet kaya vitamin C didalam nya,yang mana vitamin tersebut bersifat antioksidan baik untuk menjaga struktur kolagen pada jaringan kulit.

Selain itu senyawa pektin yang ada pada buah duwet mampu menjaga kulit tubuh tetap lembab.Adapun cara mengolah nya menjadi pelembab cukup mudah.Buah duwet matang kita haluskan dengan campuran madu dan lemon.kemudian bisa kita balur ke seluruh tubuh.

3. Menjaga kepadatan tulang
Kalsium dan deretan vitamin lain nya yang ada pada buah duwet berperan baik untuk menjaga struktur kepadatan tulang hingga gigi.Maka mengkonsumsi satu gelas jus duwet setiap hari baik untuk kesehatan tulang.Jus buah duwet juga biak untuk mengatasi nyeri persendian dan otot.

4. Mengontrol gula darah
Senyawa tanin dan vitamin B1 yang terdapat pada buah duwet diyakini mampu mengontrol gula darah di dalam tubuh.Vitamin B1 yang dihasilkan berguna mengubah glukosa dalam tubuh menjadi energi,Sehingga sangat bersahabat bagi para penderita diabetes.

5. Mencegah panas dalam
Vitamin C yang ada pada buah duwet bermanfaat untuk mengobati panas dalam,Karena manfaat vitamin C mampu memperbaiki sel tubuh dengan cepat,memulihkan jaringan tubuh yang lemah sehingga berdampak kepada pencegahan panas dalam.

6. Basmi radikal bebas
Dalam jus buah duwet terdapat Senyawa flavonoid dan antioksidan yang cukup tinggi,Senyawa ini berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

7. Anti bakteri
Rasa kelat yang ditimbulkan buah duwet berupa senyawa pektin yang bersifat anti bakteri,Senyawa ini mampu membasmi bakteri penyebab diare hingga bau tak sedap pada mulut.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh
Satu gelas jus buah duwet mengandung 0,132 g protein,0,5 g lemak dan karbohidrat 15 g.Protein dan karbohidrat yang ada bisa menjadi sumber energi untuk tubuh.Setelah beraktifitas rutin sepanjang hari satu gelas jus duwet mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang dengan cepat.Energi tubuh yang stabil berdampak baik pula kepada daya tahan tubuh yang semakin kuat.

9. Mencegah anemia
Anemia merupakan gejala kurang darah yang ditandai tubuh sering lemas,muka pucat,tidak bersemangat hingga fokus yang kurang.Zat besi yang ada pada jus buah duwet mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh akan zat besi.Sehingga mampu mencegah penyakit anemia.

10. Menjaga jantung tetap sehat
Mineral kalium dan sodium yang dihasilkan buah duwet dipercaya baik untuk kesehatan organ jantung,Karena kalium memiliki peran penting untuk mengontrol detak jantung dan mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh.Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh serta mempertahankan konsentrasi otot dan saraf.

Di balik bentuk buah nya yang kecil dan imut dengan warna hitam keunguan,Buah duwet menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh,yang diantaranya telah dijabarkan diatas.

Semoga ulasan singkat kita kali ini mengenai manfaat jus buah duwet dapat menjadi informasi dan wawasan baru untuk kita semua.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : 10 Manfaat minum jus buah durian untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top