0
8 Manfaat utama jus jeruk keprok untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 8 Manfaat utama jus jeruk keprok untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 8 Manfaat utama jus jeruk keprok untuk kesehatan
link : 8 Manfaat utama jus jeruk keprok untuk kesehatan

Baca juga


8 Manfaat utama jus jeruk keprok untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat jus jeruk keprok - Jeruk keprok sama halnya dengan jenis jeruk kebanyakan,namun ukuran pohonya jauh lebih kecil dari jeruk lainnya.usut-punya usut jeruk keprok merupakan leluhur atau nenek moyang dari berbagai jenis spesies dan varietas jeruk di dunia.

Secara botani buah dengan nama ilmiah citrus reticulata yaitu jenis pohon dengan tinggi 2-8 mtr. Dengan daun bulat memanjang serta bergerigi.Iklim yang baik untuk menanam jeruk keprok adalah yang mempunyai suhu 13-35 derajat C dengan curah hujan masa 1. 000-3. 000 mm/tahun.

Tanaman jeruk keprok adalah tanaman asli dari melayu,Di Indonesia,sentra produksi jeruk keprok dapat dijumpai di Batu,Jember dan Banyuwangi di Jawa Timur,Garut di Jawa Barat,Timor Timur Selatan di NTT, dan Bali

Data dari University of Western Ontario memberikan julukan jeruk keprok dengan label Super Food sebab hasil dari penelitian klinis mereka menunjukkan deretan berbagai vitamin dan mineral seperti alkaloid, polifenol, flavanoida, pektin,coumarin, saponin, minyak atsiri, vitamin C, vitamin A, B1, B2, asam folat, mineral Fe atau zat besi, fosfor, kalium atau potasium, kalsium berpotensi baik untuk sistem kesehatan tubuh.

Baca juga : 10 Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan 

Rasa jeruk keprok yang manis serta aroma yang harum nikmat jika dimakan langsung selagi segar atau diolah menjadi jus yang menyegarkan,Kombinasi rasa manis dan sedikit asam nya mampu memberikan tenaga lebih pada tubuh serta mengembalikan sistem metabolisme tubuh yang hilang akibat rutinitas padat.

Cara membuat jus jeruk keprok yang enak


1. Jus jeruk keprok original 

Bahan-bahan :
  • 2 buah jeruk keprok
  • 2 sdm gula pasir
  • Air dan es batu secukupnya
Cara membuatnya : 

1. Kupas jeruk dan buang kulitnya

2. Sediakan blender dan saringan jus

3. Campur bahan menjadi satu kedalam blender,Jeruk,gula es batu dan air secukupnya.Kemudian haluskan.

4. Jika sudah halus bisa kita saring mengunakan saringan untuk memisahkan ampas dan biji nya.

5. Jus jeruk keprok bisa kita sajikan di gelas dan kita konsumsi selagi segar.

2. Jus jeruk keprok dan wortel

Bahan-bahan :
  • 2 buah jeruk keprok
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 sdm madu
  • Air dan es batu secukupnya
Cara membuatnya :

1. Kupas jeruk dan wortel bung kulitnya,Untuk wortel kita potong-potong dahulu.

2. Sediakan blender,campur semua bahan,Jeruk,wortel,gula,es batu dan sedikit air.Kemudian haluskan.

3. Setelah halus,Saring mengunakan saringan,Tuang kedalam gelas saji dan beri madu secukupnya.

4. Jus jeruk keprok dan wortel siap kita sajikan.

Kombinasi jeruk keprok dan wortel akan menghasilkan warna orange yang cerah alami menggugah mata.Serta aroma nya yang semakin khas dan menyegarkan.Selain itu vitamin A yang tinggi pada wortel baik untuk kinerja kesehatan mata hingga menjaga fungsi organ jantung dan otot.Selain itu jus jeruk keprok juga memiliki manfaat hebat untuk kesehatan tubuh lainnya sebagai berikut.

manfaat jus jeruk keprok untuk kesehatan

Manfaat jus jeruk keprok untuk kesehatan


1. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Jika kita mengkonsumsi jus jeruk keprok setiap hari,Secara tidak langsung tubuh akan tercukupi akan kebutuhan vitamin dan nutrisi nya,Yang berdampak kepada sistem kekebalan tubuh yang meningkat dan semakin kuat.

2. Cegah resiko kanker
Potensi kesehatan lainnya pada jeruk keprok ialah memiliki kandungan vitamin C yang sangatlah ideal dan berlimpah,ini menjadi aspek utama untuk menghindari dari penyakit kanker.Karena kandungan vitamin C nya berperan aktif sebagai antioksidan pencegah radikal bebas.

Baca juga : 10 Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan

3. Mengontrol berat badan
Senyawa tertentu yang dihasilkan jus jeruk keprok seperti senyawa nobiletin yang di kenal dapat melindungi kandungan cholesterol serta mampu mengontrol berat tubuh lebih ideal.Sedangkan senyawa nobiletin nya berperan membuat badan lebih peka pada insulin serta lemak.

4. Menjaga sistem pembuluh darah
Konsumsi jus jeruk keprok setiap hari akan memberikan perlindungan lebih terhadap integritas pembuluh sistem darah.Secara mekanisme dikerjakan melalui kinerja folat yang berperan aktif menurunkan homosistein ke dalam darah.Yang berdampak kepada sistem pebuluh darah yang semakin optimal.Hal ini juga baik untuk pencegahan anemia pada ibu hamil.

5. Sebagai sumber serat tubuh
Satu porsi jus jeruk keprok terdapat setidaknya 1.8 g serat makanan atau setara dengan 5% dari total kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari.secara umum akan memperlancar buang air besar dan membebaskan kita dari terjadinya penyakit sembelit.Selain itu serat juga bermanfaat dalam membantu proses pencernaan.Serat juga merupakan nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat normal.

6. Cegah asam urat
Vitamin yang ada pada jeruk keprok baik untuk pencegahan dan terapi asam urat,Sebaiknya penderita asam urat konsumsi buah jeruk ini dengan cara memisahkan daging jeruk keprok dengan bijinya.Lebih efektif diolah menjadi jus agar lebih mudah.Jika ingin mencoba bisa gunakan resep jus jeruk keprok original yang ada diatas.

Baca juga : Jeruk purut dan segudang manfaatnya

7. Menjaga sistem saraf
Kombinasi vitamin kompleks yang ada di dalam nya seperti vitamin B1, B2, B3, B5 dan Folat berpotensi baik untuk menjaga sistem saraf tubuh hingga memberikan tambahan energi ekstra bagi tubuh.

8. Menjaga fungsi organ dalam tubuh
Senyawa polifenol,pektin,flavanoida,alkaloid,coumarin,saponin,minyak atsiri,pottasium dan kalsium, serta ragam vitamin C, A, B2, B1 nya bersinergi baik untuk menjaga fungsi organ dalam tubuh seperti memperbaiki limpa,Limpa adalah kelenjar tanpa saluran yang berhubungan erat dengan sistem sirkulasi serta mampu menghancurkan sel darah merah yang tela rusak dan menua,memberikan asupan gizi pada paru-paru,hingga efektif menekan tingkat kolesterol dan tekanan darah.

Manfaat jus jeruk keprok untuk kesehatan memang luar biasa,bahkan jeruk ini digadang-gadang memiliki senyawa tertentu 10 kali lebih tinggi dari jenis jeruk lain nya.Pastinya berpotensi baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Manfaat jus jeruk bali untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top