0
10 Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan
link : 10 Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan

Baca juga


10 Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan

ads disini
ads disini

Manfaat minum air jeruk nipis - Jeruk nipis salah satu varian jenis jeruk yang kini anda,Dengan bentuk yang lebih kecil serta rasa buah yang dominan asam atau kecut,Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi.Berbagai vitamin dan mineral yang ada didalam nya berpotensi baik untuk sistem tubuh.

Dalam jeruk nipis,terdapat kandungan vitamin C yang tinggi,vitamin itulah yang mendominasi rasa asam pada jeruk tersebut,Vitamin c juga berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh,Jika tubuh kekurangan asupan vitamin C bisa dipastikan tubuh akan mudah terserang berbagai jenis penyakit akibat virus,seperti batuk,pilek,flu hingga demam.

Mengkonsumsi jeruk nipis dengan diolah menjadi minuman menjadi alternatif terbaik,Karena dengan diolah menjadi minuman rasa asam yang ditimbulkan bisa kita kurangi sehingga rasa jeruk nipis yang asam menjadi semakin segar dan nikmat untuk diminum.

Cara membuat minuman jeruk nipis segar dan enak


1. Jeruk nipis hangat
  • 4 buah jeruk nipis
  • 3 sendok gula
  • 5 sendok makan madu
  • Air hangat secukupnya
Cara membuatnya :

1. Potong menjadi dua bagian jeruk nipis,dan peras untuk mengambil air nya,Bisa menggunakan alat pemeras atau mengunakan tangan saja.Setelah itu sisihkan dahulu.

2. Siapkan gelas saji,beri gula dan madu kemudian beri air perasan jeruk nipis yang telah kita sisihkan tadi.

3. Setelah semua bahan dicampur menjadi satu,tuang air hangat secukupnya.Dan aduk rata.Jangan lupa tes rasa,dirasa sudah pas,Minuman jeruk nipis hangat bisa kita konsumsi.

Minuman jeruk hangat ini memiliki khasiat untuk mengembalikan tenaga yang hilang dengan cepat,kombinasi vitamin C dan berbagai vitamin lain yang ada didalam nya menjadi antioksidan alami untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Tips untuk memeras jeruk nipis agar air yang keluar semakin banyak,Sebelum membelah dua bagian jeruk nipis,terlebih dahulu kita remas-remas buah jeruk nipis secara perlahan atau bisa ditekan-tekan diatas talenan atau meja dengan cara memutar.

Dikira tekstur buah sudah sedikit lunak,baru kita belah dan peras air nya.Dengan cara ini air yang perasan yang dihasilkan akan semakin banyak,karena daging buah jeruk yang sudah lunak mengeluarkan banyak sari didalam nya.

2. Jus jeruk nipis pepaya
  • 350 grm buah pepaya
  • 2 buah jeruk nipis
  • Madu secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuatnya :

1. Belah dua jeruk nipis dan peras,gunakan tips diatas agar air perasan nya semakin banyak.

2. Kupas buah pepaya,buang biji nya dan potong-potong

3. Sediakan blender,haluskan buah pepaya dengan campuran gula,madu dan air secukupnya.Setelah halus beri perasan jeruk nipis.

Kombinasi jeruk nipis dan buah pepaya bagus sekali untuk kesehatan saluran pencernaan serta menjaga siklus BAB yang rutin dan dan lancar.Selain itu kandungan vitamin yang ada pada buah pepaya membatu tubuh tetap terhidrasi.Karena manfaat buah pepaya sarat kandungan air yang tinggi hingga serat yang cukup banyak.

100 grm jeruk nipis bisa kita peroleh nutrisi setidaknya Energi = 37 kkal,Protein = 0,8 gr,Lemak  = 0,1 gr,Karbohidrat  = 12,3 gr,Kalsium = 40 mg,Fosfor = 22 mg,Zat Besi s = 1 mg,Vitamin A = 0 IU,Vitamin B1 = 0,04 mg,Vitamin C = 27 mg.

Deretan berbagai vitamin tersebut bermanfaat baik untuk tubuh,Berikut manfaat minim air jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan.

manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan

Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan tubuh

1. Melangsingkan tubuh
Manfaat jeruk nipis untuk menjaga berat badan sudah banyak diketahui orang,Vitamin C yang ada pada buah jeruk nipis diyakini ampuh membakar lemak dan menghancurkan nya.Manfaat vitamin C yang ada mampu menyerap kalsium dalam sel-sel lemak pada tubuh yang berguna mengontrol berat badan tubuh.

2. Rileksasi tubuh dan pikiran
Konsumsi jeruk nipis hangat di malam hari berguna untuk rileksasi tubuh dan pikiran.Karena zat aktif yang ada pada jeruk nipis bersifat menenangkan ditambah lagi rasa serta aroma jeruk nipis yang khas dan segar mampu membuat tubuh dan pikiran yang lelah menjadi segar kembali.

3. Meningkatkan kesehatan mata
Vitamin C dan A yang terdapat pada jeruk nipis berguna melindungi mata dari kerusakan permanen yang disebabkan oleh penuaan dan degenerasi.Selain itu senyawa flavonoid yang ada bermanfaat melindungi mata dari infeksi dan iritasi.Seperti mata merah dan gatal.

4. Mengobati sariawan
Kandungan vitamin C yang tinggi,yang dihasilkan olahan jeruk nipis mampu membasmi bakteri penyebab bau mulut hingga sariawan.

5. Mencegah asam lambung
Asam lambung dalam istilah medis disebut GERD (GastroEsofagalRefluksDisease) merupakan penyakit yang disebabkan asam lambung yang naik ke kerongkongan karena melemahnya otot penahan antara lambung dengan kerongkongan.Hal ini disebabkan karena makanan pedas,telat makan,makanan yang bersantan dan kaya lemak.

Kandungan antioksidan dari vitamin yang ada pada air jeruk nipis mampu mengikis lendir yang dihasilkan dari rangsangan yang ditimbulkan oleh air perasan jeruk nipis sehingga membentuk perlindungan pada yang kuat terhadap dinding lambung.Yang berdampak secara tidak langsung kepada lambung dan mencegah asam lambung naik.

6. Membantu meregenerasi sel tubuh
Kandungan vitamin A yang ada bermanfaat untuk jaringan sel tubuh.Vitamin A juga berguna untuk pengembangan berbagai sistem tubuh seperti sistem pernapasan, sistem jantung dan sistem saraf pusat,Vitamin A sangat penting dalam pertumbuhan jantung, paru-paru, ginjal, tulang dan mata,Selain itu membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

7. Membasmi bakteri
Dalam jeruk nipis terdapat senyawa asam sitrat yang membuat rasa asam jeruk nipis mampu memberikan perlindungan berharga bagi tubuh.Sebuah studi yang mengungkap jika aktivitas anti bakteri dari air jeruk nipis terhadap spesies bakteri berbahaya yang ada dalam tubuh,Dapat dibasmi dan di lawan.

8. Menjaga fungsi ginjal
Proses pembuangan limbah air seni yang tidak lancar,hingga menumpuk menyebabkan radang sendi atau asam urat.Asam yang ditimbulkan perasan jeruk nipis bersifat larut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang diproduksi dalam urine.bersifat diuretik hingga anti inflamasi.

9. Baik untuk ibu hamil
Berbagai kandungan vitamin dan mikronutrient yang ada pada jeruk nipis bermanfaat bagi kesehatan.seperti antioksidan,anti bakteri bahkan membantu mengurangi tekanan darah dan perbaiki pembuluh darah dan perbaikan sistem kardiovaskuler.Hal-hal tersebut berdampak baik kepada kehamilan.Namun sampai saat ini belum ada data pasti akan khasiat jeruk nipis untuk kehamilan.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selain vitamin C ada beberapa sumber vitamin yang tinggi yang ada pada jeruk nipis,yakni vitamin A,vitamin B,zat besi,magnesium dan kalsium,Kumpulan vitamin dan mineral tersebut bersinergi paten dalam tubuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh menjadi lebih kuat.

Di balik rasa asam yang kuat terdapat berbagai kandungan vitamin hingga mineral baik yang berpotensi baik pula untuk kinerja sistem tubuh,Maka tak ada salah nya jika kita mencoba mengkonsumsi olahan minuman jeruk nipis yang satu ini.

Demikian ulasan singkat kali ini mengenai manfaat minum jeruk nipis untuk kesehatan,Semoga ulasan singkat kali ini mampu menjadi info dan wawasan baru untuk kita semua.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Manfaat minum jus jeruk setiap hari untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top