0
7 Manfaat jus kedondong untuk kesehatan paling utama - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 7 Manfaat jus kedondong untuk kesehatan paling utama, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Manfaat jus kedondong untuk kesehatan paling utama
link : 7 Manfaat jus kedondong untuk kesehatan paling utama

Baca juga


7 Manfaat jus kedondong untuk kesehatan paling utama

ads disini
ads disini

Manfaat jus kedondong - Buah kedondong tergolong jenis buah dengan rasa dominan asam dan sedikit manis yang yang menyegarkan.Bentuk nya bulat lonjong dengan biji buah yang menyerupai akar serabut didalam nya.

Buah kedondong banyak diolah menjadi campuran rujak atau makanan sejenis nya,seperti asinan kedondong atau manisan kedondong,Karena pada umum nya jika buah ini dikonsumsi secara langsung sangat kurang peminat nya,Maka agar lebih nikmat bisa diolah menjadi makanan yang telah disebut diatas.

Selain di olah menjadi asinan atau manisan,Buah kedondong juga segar dan enak jika di olah menjadi jus buah kedondong,Kombinasi rasa manis dan asam yang dihasilkan buah tersebut terbukti mampu menyegarkan indera pengecap kita.Selain itu aroma serta tekstur serat dai daging buah kedondong cukup unik jika menyentuh lidah.

Manfaat buah kedondong sangat banyak dan beragam,Diantaranya baik untuk pencegahan penyakit diare,Dengan cara mengolah batang buah nya menjadi minuman cara nya,Ambil kulit dari batang pohon kedondong kurang lebih 20 gr,kemudian potong-potong dan rebus dengan air secukupnya.Setelah mendidih saring terlebih dahulu,beri sedikit madu dan air nya bisa kita minum.

Selain itu buah kedondong juga bisa kita olah menjadi jus buah yang segar,Jus buah kedondong diyakini banyak manfaat nya untuk kesehatan tubuh.Berikut ulasan nya.

Cara membuat jus buah kedondong yang enak dan sehat


1. Jus buah kedondong original

Bahan-bahan :
  • 300 gram kedondong
  • Gula secukupnya
  • 2 sdm madu
  • 100 cc air
Cara membuatnya :

1. Kupas dahulu buah kedondong kemudian potong kecil-kecil (buang bijinya)

2. Setelah itu kita blender daging kedondong dengan campuran sedikit air.

3. Tambahkan gula, aduk sebentar hingga rata.

4. Saring dengan saringan kemudian tambahkan 2 sendok madu atau sesuai selera untuk menambah rasa.Simpan dulu ke dalam kulkas selama 3 jam dan hidangkan dalam keadaan dingin.Agar semakin segar jus buah kedondong yang kita buat tadi.

2. Jus kedondong untuk diet
  • 300 gram kedondong
  • 1 1/2 sdt gula diet
  • Madu secukupnya
  • 1/2 buah lemon
  • 100 cc air
Cara membuatnya :

1. Pertama-tama kita kupas dulu buah kedondong lalu potong kecil-kecil dan buah biji di dalam nya.

2. Tahap berikutnya kita haluskan buah kedondong mengunakan blender.Setelah itu saring untuk memisahkan ampas dan sari buah nya.Sisihkan dahulu.

3. Kemudian kita sediakan panci berukuran kecil dan kita rebus sari buah kedondong tadi dengan api kecil,Jangan lupa beri gula dan perasan jeruk lemon sembari di aduk hingga rata.

4. Setelah mendidih kita tuang kedalam gelas,beri madu dan es batu bila suka,Atau bisa kita dinginkan dahulu kemudian bisa kita konsumsi.

Manfaat jus kedondong yang satu ini diyakini mampu mengontrol berat badan tubuh dibalik rasa jus kedondong yang segar mengandung antioksidan aktif yang konon bisa menurunkan kadar kolesterol,Selain itu manfaat jus kedondong untuk kesehatan lainnya sangat beragam sebagai berikut.

100 grm atau satu porsi jus kedondong bisa kita peroleh nutrisi setidaknya sebagai berikut,Vitamin A 233 IU - Vitamin B1 0,08 mg - Vitamin C 30 mg - Lemak 0,1 gr - Fosfor 21 mg - Karbohidrat 10,3 gr - Kalsium 15 mg - Zat besi 3 gr - Protein 1 gr  - Energi 41 kal.


Manfaat jus kedondong untuk kesehatan

Manfaat jus kedondong untuk kesehatan


1. Baik untuk ibu hamil
Vitamin dan dan mineral yang ada pada buah kedondong berpotensi baik untuk ibu hamil dikarenakan kombinasi vitamin yang ada mampu memberikan daya tahan tubuh pada ibu hamil yang lebih kuat,Sedangkan zat besi yang dihasilkan buah kedondong mampu menghasilkan sel darah merah lebih baik sehingga berdampak kepada pencegahan gejala anemia yang umum terjadi pada masa kehamilan.

Baca selengkapnya : Manfaat buah kedondong untuk ibu hamil

2. Cegah osteoporosis
Selain rasa yang segar jus buah kedondong juga sarat akan kandungan kalsium yang tinggi yang mana kalsium tersebut baik untuk Menjaga kesehatan tulang,mencegah terjadinya osteoporosis,mencegah terjadinya penyakit jantung,Memperkuat struktur tulang.Sehingga jus ini sangat baik untuk tubuh kita.

3. Sumber vitamin A bagi tubuh
Selain tinggi zat besi dan kalsium jus kedondong jaga kaya vitamin A yang bagus untuk sistem tubuh,diantaranya baik untuk menjaga mata agar tetap sehat hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Vitamin A juga baik untuk ibu hamil,karena vitamin A memiliki peran baik untuk menjaga embrio janin pada ibu hamil.

4. Mengobati batuk
Rasa asam yang dihasilkan jus buah kedondong efektif mengurangi intensitas batuk kering yang diakibatkan bronkitis,bronkitis merupakan infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut.Kondisi ini termasuk salah satu penyakit pernapasan,Caranya mudah cukup konsumsi jus kedondong secara rutin untuk mengurangi dampak tersebut.

Baca juga : buah naga dan manfaat nya untuk kesehatan

5. Menjaga saluran pencernaan
Kandungan serat yang seimbang didalamnya baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan,Kandungan serat yang ada bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan melancarkan BAB.

6. Menjaga fungsi jantung
Jus kedondong mengandung kalium yang berguna mengirimkan impuls saraf dan mempertahankan kontraksi otot pada jantung.Sehingga secara tidak langsung sistem organ jantung agan bekerja semakin optimal dan semakin sehat.

7. Sumber antioksisdan tubuh
Tubuh manusia membutuhkan asupan antioksidan.Yang mana Antioksidan yang dihasilkna buah kedondong merupakan antioksodan aktif yang berguna dan mampu mencegah radikal bebas yang berkembang didalam tubuh.Antioksidan juga mampu memutus rantai pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Efek samping buah kedondong terletak pada rasa asam yang kuat,Jika dikonsumsi secara berlebih akan menimbulkan efek panas pada lambung.Maka dari itu konsumsi buah kedondong secukupnya saja.Selain itu pilih buah kedondong yang sudah tua agar rasa asam nya lebih sedikit karena buah kedondong yang masih muda rasa asam yang dihasilkan sangatlah pekat.

Demikian ulasan kali ini mengenai manfaat jus buah kedondong untuk kesehatan,Semoga ulasan singkat ini berguna dan bermanfaat untuk kita semua.Dan mampu memberi wawasan baru yang berguna bagi kita.

Baca juga : 8 Manfaat utama jus jeruk keprok untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top