0
Manfaat minum jus buah blewah untuk kesehatan (Yang wajib Anda ketahui) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat minum jus buah blewah untuk kesehatan (Yang wajib Anda ketahui), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat minum jus buah blewah untuk kesehatan (Yang wajib Anda ketahui)
link : Manfaat minum jus buah blewah untuk kesehatan (Yang wajib Anda ketahui)

Baca juga


Manfaat minum jus buah blewah untuk kesehatan (Yang wajib Anda ketahui)

ads disini
ads disini

Manfaat jus buah blewah - Buah berdaging lembut ini biasanya hadir dan dan mulai ramai saat bulan puasa,Karena jenis buah blewah termasuk kedalam buah musiman yang tidak selalu ada di indonesia.Buah nya bulat mirip seperti semangka namun tidak terlalu manis maka akan lebih nikmat jika di olah menjadi es buah atau jus buah.

Menurut ilmu botani,Buah blewah dengan kata ilmiah nya Cucumis melo kelompok Cantalupensis masih satu keluarga dengan buah melon atau sejenis nya,daging nya lembut kaya akan air,dan tumbuh nya merambat.

Tekstur daging buah yang lembut nikmat disantap atau diolah menjadi berbagai makanan.Saat ini buah blewah selain diolah menjadi es buah banyak juga diolah menjadi dodol atau jus yang enak.

Diketahui di dalam buah blewah didapatkan berbagai vitamin yakni.Blewah kaya kandungan mineral kalium,provitamin A,serat makanan dan vitamin C.Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh,menyehatkan fungsi ginjal,limpa hingga menurunkan tekanan darah baik untuk penderita hipertensi.

Rasa buah blewah yang tidak terlalu manis juga bersahabat sekali untuk penderita diabetes.Karena kadar gula nya tidak tinggi.bahkan buah ini kaya akan serat yang baik untuk menetralkann gula darah bagi para penderita diabetes.Adapun cara lain mengkonsumsi buah blewah dengan cara diolah menjadi jus buah,Berikut resep dan cara membuat nya untuk anda.

Cara membuat jus buah blewah yang enak dan menyehatkan


1. Jus blewah original

Bahan-bahan :
  • 1/2 buah blewah
  • 1 buah jeruk lemon
  • 500 ml air es
  • Madu secukupnya
  • 4 sdm yoghur tawar
  • Secukupnya susu kental manis
  • 3 sendok makan gula pasir bila suka manis
Cara membuatnya:
Pertama-tama kupas buah blewah,potong-potong dan buah biji nya,Peras dahulu buah lemon ambil air nya dan sisihkan terlebih dahulu.Setelah itu kita campurkan semua bahan menjadi satu kedalam blender dengan campuran air es secukupnya.
Kita lumatkan hingga halus lalu berikan campuran yoghurt tawar,madu dan air perasan lemon.Setelah bahan menjadi halus bisa kita sajikan kedalam gelas saji dengan campuran susu kental manis.

2. Jus buah blewah mix strawberry dan buah naga

Bahan-bahan :
  • 100 grm buah blewah
  • 50 grm buah naga
  • 100 grm buah strawberry
  • Air secukupnya
  • Madu dan gula secukupnya
  • Susu bubuk secukupnya
Cara membuatnya :
Potong-potong dadu buah naga,buah strawberry dan buah blewah.Seperti biasa agar mudah dalam proses penghancuran menggunakan blender.Setelah semua bahan kita potong,Mulai kita masukan semua bahan kedalam blender dengan mencampur sedikit air.Setelah setengah hancur bisa kita tambah susu bubuk,madu dan gula.Jangan lupa tes rasa dirasa sudah pas dan mantap kita sajikan atau bisa disimpan di lemari pendingin terlebih dahulu.

Pada dasarnya rasa buah blewah memang tidak terlalu manis maka kita butuh pemanis seperti madu,susu atau gula.Penting bagi penderita diabetes untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli agar paham seberapa banyak kadar gula yang diperbolehkan dikonsumsi perhari nya,Jika perlu gunakan gula alami khusus untuk penderita diabetes.

Manfaat mengkonsumsi jus buah blewah ini salah satunya baik untuk saluran pencernaan,Yang mana menurut para ahli serat yang di hasilkan buah blewah sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan hingga usus besar.Tekstur daging buah yang lembut juga biak untuk bayi dan ibu hamil.
Baca juga : Khasiat dan Manfaat buah blewah untuk ibu hamil dan bayi
Selain itu ada pula manfaat lainya dari buah blewah yang satu ini untuk kesehatan tubuh kita,Diantaranya sebagai berikut.

Manfaat minum jus buah blewah untuk kesehatan tubuh

Manfaat buah blewah untuk kesehatan


1. Baik untuk ibu hamil
Buah blewah kaya vitamin di dalam nya diantaranya Vitamin A,Vitamin C,Mineral,Kalium,Folat,Magnesium,Mangan,Tembaga,Seng.Keseluruhan vitamin dan senyawa tersebut berperan penting untuk kehamilan.Diantara nya adalah asam folat,yang mana asam folat salah satu senyawa penting untuk ibu hamil.Kegunaan folat ialah menjaga kesehatan janin dan ibu.Folat berperan penting untuk menjaga agar bayi lahir sehat dan terhindar dari kelahiran cacat fisik dan mental.

2. Mengobati insomnia
Selain segar di olah menjadi jus kita juga mendapat manfaat lebih dari buah blewah yang satu ini.Buah dengan nama latin Cucumis melo ini memiliki sifat sedatif yang mampu mengatasi penyakit insomnia.Merileksasi syaraf otak yang membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga tidur malam akan lebih mudah.

3. Menurunkan tekanan darah
Kombinasi vitamin yang ada pada buah blewah ini baik untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh,fungsi kalium,potasium dan vitamin C yang terkandung di dalam nya menjadi satu kesatuan yang bersinergi dalam tubuh hingga berdampak pada tekanan darah tubuh yang menjadi stabil.

4. Menjaga fungsi jantung
Ada pula manfaat lain nya dari jus buah blewah yang satu ini ialah menjaga kesehatan jantung,Yang mana serat pada buah blewah baik untuk menghancurkan lemak tak jenuh yang berpotensi menghambat saluran dinding arteri yang berpotensi menyebabkan kolestrol jahat dan berdampak pada kesehatan jantung.Selain itu vitamin C yang ada didalam nya mampu menjadi antioksidan yang kuat untuk menjaga fungsi jantung.

5. Sumber antioksidan
Olah buah blewah memang menyegarkan berbanding lurus dengan manfaat yang bisa kita dapatkan,Diketahui jika buah blewah kaya vitamin A dan betakaroten yang keduanya berguna sebagai pembentuk antioksidan yang dibutuhkan tubuh.yang mana antioksidan mampu mencegah radikal bebas untuk menjaga tubuh terhindar dari sel kanker.

Kandungan dan nilai gizi yang terdapat pada buah blewah bisa dikatakan cuckup tinggi,maka menurut para ahli mengkonsumsi buah blewah segar sangat baik untuk mejaga daya tahan tubuh.

Dipertegas lagi menurut data Journal of Food Science.Dalam 100 gram buah blewah rata-rata mengandung 12,69 mg magnesium,mangan 0,03 mg,0,05 mg tembaga,0,10 mg seng;0,003 mg kobalt, dan 0,005 mg krom.

Demikian ulasan singkat kali ini mengenai manfaat jus buah blewah untuk kesehatan tubuh.Semoga apa yang telah kita baca kali ini mampu menjadi satu informasi berguna dan bermanfaat untuk kehidupan kita.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : 7 Manfaat minum jus buah blueberry untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top