0
11 Manfaat kecipir untuk kesehatan tubuh yang luar biasa [Ketahui] - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 11 Manfaat kecipir untuk kesehatan tubuh yang luar biasa [Ketahui], kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat sayuran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : 11 Manfaat kecipir untuk kesehatan tubuh yang luar biasa [Ketahui]
link : 11 Manfaat kecipir untuk kesehatan tubuh yang luar biasa [Ketahui]

Baca juga


11 Manfaat kecipir untuk kesehatan tubuh yang luar biasa [Ketahui]

ads disini
ads disini

Manfaat kecipir dikenal sebagai tumbuhan merambat serupa polong muda yang lembut pada bagian buahnya yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan,Tumbuhan ini banyak disebut sebagai buah namun faktanya selalu dimanfaatkan sebagai sayuran.

Kecipir biasanya diolah menjadi masakan dengan cara di tumis atau sebagai campuran masakan berkuah,Tidak sedikit juga yang mengkonsumsi sayuran kecipir sebagai lalapan mentah.Teksturnya yang mirip buncis memang begitu unik jika menyentuh lidah.

Kecipir termasuk sayuran hijau yang sehat dan juga kaya manfaat,Diketahui jika sayuran ini kaya akan protein dan juga lemak,Banyak peneliti yang membandingkan dengan manfaat kedelai,Terlepas dari semua itu kecipir termasuk sayuran yang baik untuk kesehatan.

Tumbuhan kecipir konon berasal dari papua nugini juga indonesia,Tersebar luar di daratan asia,Termasuk india,Pemanfaatan nya beragam mulai dari olah sayuran hingga kecipir kering yang diolah bagian biji dalam nya.

Sayuran kecipir kaya sumber gizi,Menurut wikipedia indonesia,kecipir mengandung Energi 1,711 kJ (409 kcal),Karbohidrat 41.7 g,- Serat pangan 25.9 g,Lemak 16.3 g,lemak tak jenuh 2.3 g,lemak tak jenuh tunggal 6 g,Protein 29.65 g,Tiamin (Vit. B1) 1.03 mg (79%),Riboflavin (Vit. B2) 0.45 mg (30%),Niasin (Vit. B3) 3.09 mg (21%),Asam Pantotenat (B5) 0.795 mg (16%),Vitamin B6 0.175 mg (13%),Folat (Vit. B9) 45 μg (11%),Kalsium 440 mg (44%),Besi 13.44 mg (108%),Magnesium 179 mg (48%),Mangan 3.721 mg (186%),Fosfor 451 mg (64%),Kalium 977 mg (21%),Natrium 38 mg (2%),Zink 4.48 mg (45%).

Beberapa diantaranya mampu membatu tubuh lebih sehat,Seperti kandungan fosfor dan juga kalsium yang ada pada kecipir berguna untuk kesehatan tulang juga gigi,Serta zat besi yang ada mampu mengontrol tekanan darah dan pencegahan masalah anemia atau kurang darah.

manfaat kecipir untuk kesehatan tubuh
Di lihat dari sumber vitamin juga mineral yang ada,Tak salah jika sayuran kecipir memiliki potensi yang besar dalam hal menjaga kesehatan tubuh dari dalam,Deretan vitamin yang ada bisa menjadi sumber asupan yang baik untuk tubuh,Berikut ini manfaat sayuran kecipir secara menyeluruh untuk tubuh.

Manfaat kecipir untuk kesehatan


1. Sumber protein nabati
Seperti yang telah dijelaskan diatas,Sayuran kecipir sangat baik untuk sumber protein tubuh,Per 100 gram nya bisa di dapat protein (27,8-36,6%).Yang mana protein ini berkhasiat untuk memperbaiki sel di dalam tubuh,Yang paling utama ialah pembentukan masa otot dan juga sumber energi yang dibutuhkan tubuh,Selain itu protein juga berkemampuan untuk mempercepat metabolisme makanan yang masuk kedalam tubuh,Dalam hal kecantikan protein bermanfaat untuk kesehatan rambut secara menyeluruh.

2. Sayuran sumber antioksidan
Manfaat kecipir sebagai sumber antioksidan alami bisa diperhitungkan,Dilihat dari jumlah vitamin juga mineral yang ada bisa dikatakan sayuran ini mampu memproduksi antioksidan alami yang cukup aktif dan juga kuat untuk tubuh.Dengan fungsi utama mencegah radikal bebas juga daya tahan tubuh yang lebih baik.

3. Sumber karbohidrat
Per 100 gram kecipir mengandung 41,7 g karbohidrat yang mana karbohidrat itu sendiri memiliki peran untuk sumber tenaga juga energi tambahan tubuh,dan juga membatu proses metabolisme tubuh,Adapun jenis makanan yang kaya karbohidrat seperti ubi,kentang,gandum,jagung,singkong,jenis kacang-kacangan dan juga beras.

4. Sumber asam folat
Kecipir termasuk buah sayur yang mengandung cukup asam folat,Yang pada umumnya asam folat ini selalu dikaitkan dengan kesehatan ibu hamil.Dengan tujuan untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil juga kesehatan janin dan pembentuk DNA,Folat juga sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

5. Penambah darah
Mineral yang menonjol lainnya pada manfaat kecipir ini ialah sumber zat besi,Yang mana zat besi berguna sekali untuk memproduksi sel darah merah didalam tubuh,Sehingga mampu mencegah terjadinya gejala kurang darah atau juga anemia.Memanfaatkan sayuran ini bisa jadi menu sehat yang baik untuk menambah darah secara alami.

6. Menjaga kesehatan tulang hingga gigi
Komponen kalsium juga fosfor yang ada pada kecipir di lepas kedalam tubuh sebagai mineral penting untuk meningkatkan kesehatan tulang hingga gigi.Jika diserap dengan baik oleh tubuh kalsium yang ada mampu mengatasi masalah kesehatan tulang seperti gejala osteoporosis.

7. Menjaga kesehatan mata
Umum nya vitamin mata banyak didapat dari manfaat wortel,Sama hal nya dengan manfaat kecipir yang satu ini,Komposisi karbohidrat juga vitamin dan mineral yang ada di yakini baik untuk penyerapan vitamin A yang lebih tinggi,Berkaitan langsung dengan kesehatan mata.Sedangkan ekstrak daun kecipir bayak dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan sakit mata juga mata yang bengkak akibat peradangan.

8. Baik dikonsumsi saat diet
Tumbuhan yang satu ini juga mengandung lemak sehat,Lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal,Jika di konsumsi dengan benar kecipir bisa mengontrol berat badan,Sumber protein dan karbohidrat nya mampu membuat kenyang dengan cepat dan juga sumber tenaga,Sedangkan serat yang ada mampu mengontrol berat tubuh agar ideal.

9. Mengobati bisul
Daun kecipir sudah lama dimanfaatkan nenek moyang kita sebagai obat bisul,Manfaat daun kecipir hampir sama dengan manfaat daun ketela yang berkhasiat untuk penyembuh bisul,Cara memanfaatkan nya cukup sederhana saja,Daun muda kecipir di hancurkan kemudian di balurkan di area bisul yang tumbuh,Dalam beberapa hari bisul akan pecah dengan sendirinya dan sembuh.

10. Menghilangkan ketombe
Mungkin manfaat yang satu ini masih jarang diketahui,Kecipir muda jika di hancurkan akan mengeluarkan getah dan buah yang bisa di manfaatkan untuk shampo alami,Kandungan vitamin A yang ada didalamnya diproses secara alami sebagai penghilang ketombe alami.Cara ini banyak dilakukan orang-orang di pedesaan.Selain itu vitamin yang ada juga berkemampuan untuk menghitamkan rambut juga menguatkan rambut dari akar hingga ujung.Mungkin suatu saat nanti kita juga bisa mencobanya.

11. Membersihkan radikal bebas
Komponen aktif antioksidan juga vitamin A dan C yang ada mampu menjaga tubuh tetap bersih dari radikal bebas yang berupaya masuk merusak sel tubuh,Secara tidak langsung jika radikal bebas bisa dihambat masuk kedalam tubuh dapat mencegah terjadinya pembentukan sel kanker.

Efek samping kecipir


- Sampai saat ini belum ada data yang merilis akan efek samping dari tumbuhan bernama ilmiah Psophocarpus tetragonolobus ,Karena tumbuhan ini termasuk sayuran dan juga polong-polongan,bisa dikatakan rentan dimasuki virus juga bakteri sehingga untuk mengolahnya kita harus pastikan terlebih dahulu sayuran yang kita gunakan benar-benar bersih.Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

- Secara keseluruhan manfaat kecipir memang luar biasa,Dilihat dari sumber vitamin juga mineral yang ada cukup berlimpah,Sangat membantu untuk tambahan asupan vitamin juga kebutuhan gizi tubuh secara menyeluruh.

Demikian artikel kali ini mengenai manfaat kecipir untuk kesehatan,Semoga bisa menjadi satu informasi yang berguna juga bermanfaat untuk kita semua.Tetap sehat dan terus berkarya.

Ketahui juga : Manfaat kecambah untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top