0
Alamak!! ini Dia manfaat bawang merah untuk kesehatan (Mengejutkan) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Alamak!! ini Dia manfaat bawang merah untuk kesehatan (Mengejutkan), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat sayuran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Alamak!! ini Dia manfaat bawang merah untuk kesehatan (Mengejutkan)
link : Alamak!! ini Dia manfaat bawang merah untuk kesehatan (Mengejutkan)

Baca juga


Alamak!! ini Dia manfaat bawang merah untuk kesehatan (Mengejutkan)

ads disini
ads disini

Manfaat bawang merah - Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan,Bagi siapa saja yang suka memasak pasti tidak akan asing lagi.Aroma dan rasa yang di timbulkan dari bawang merah ini cukup khas dan unik tentunya memberi aroma tersendiri bagi masakan kita.

Selain untuk bumbu masakan,manfaat bawang merah juga sudah diketahui sejak lama untuk kesehatan tubuh,Mineral dan senyawa penting yang ada disalam bawang tersebut berpotensi baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Sekilas tentang bawang merah.Bawang dengan nama ilmiah Allium cepa di ketahui sejak aman mesir kuno sudah dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan juga obat-obatan herbal,sama halnya dengan manfaat bawang putih.Bawang merah kaya akan vitamin C, kalium, serat, dan asam folat.

Percaya atau tidak aroma yang khas dari bawang merah ini di beberapa negara dijadikan sebagai bahan aroma terapi.Di percaya manfaatnya mampu mengendurkan otot saraf yang tegang akibat stres dan juga memberi efek relaksasi pada pikiran.

Selain kaya vitamin C,Bawang merah juga memiliki sifat anti-inflamasi,anti-alergi dan juga antioksidan,Semua itu berkaitan erat untuk melawan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.Bawang merah juga kaya vitamin A, B6, B-kompleks serta zat besi yang berguna mengatasi anemia.

Tak salah jika bawang merah disebut sebagai tumbuhan herbal.Di balik aroma nya yang khas tersimpan vitamin dan mineral yang berlimpah untuk kesehatan tubuh.Berikut manfaat bawang merah secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh,Diantaranya cukup mengejutkan kita.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan


1. Melawan diabetes
Di dalam bawang merah di temukan zat kromium dan biotin,yang diketahui mampu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh dan juga mengatur resistensi insulin yang ada,Sehingga berkaitan langsung dengan pencegahan diabetes.Zat kromium yang dihasilkan bawang merah mampu mempercepat metabolisme lemak,protein dan karbohidrat dari berbagai makanan yang kita konsumsi.

manfaat bawang merah untuk kesehatan
2. Mengatasi berbagai masalah saluran pernafasan
Bawang merah bersifat anti inflamasi,memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai masalah saluran pernafasan,seperti batuk,infeksi tenggorokan dikarenakan bakteri dan juga virus.

3. Mengobati sembelit
Orang zaman dahulu biasa mengkonsumsi bawang merah mentah jika mengalami masalah dengan saluran pencernaan mereka,Bawang merah jika dikonsumsi akan menimbulkan rasa hangat di dalam perut,Juga kaya serat yang membantu mengatasi masalah sembelit dan melancarkan BAB.

4. Mencegah kanker
Manfaat bawang merah sudah di kait-kaitkan dengan masalah pencegahan kanker,Senyawa yang ada di dalam bawang merah seperti Fenolik dan kandungan flavonoid nya menjadi sumber antioksidan paling aktif yang berkhasiat mencegah penyebaran sel kanker juga mengatasi masalah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.

5. Mengobati maag
Zat tertentu yang ada di dalam bawang merah diyakini mampu menetralisir asam di dalam lambung,Hal ini berkaitan dengan masalah penyakit maag,Dalam takaran tertentu bawang merah bisa menjadi salah satu obat maag alami dan juga mengatasi gejala asam lambung,keram lambung.

6. Peningkat imunitas tubuh
Vitamin dan mineral penting seperti C dan fitokimia yang ada di bawang merah sangat efektif untuk menjaga daya tahan tubuh lebih kuat.Hal ini berkaitan langsung dengan sistem anti bodi tubuh yang terlindungi secara baik,dikarenakan bawang merah bersifat anti bakteri dan anti virus.

7. Mencegah penyakit jantung
Konsumsi bawang merah dengan takaran yang benar sangat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah di dalam dinding arteri dan mencegahnya dari pembekuan,Dalam hal ini berkaitan langsung dengan kinerja jantung yang lebih sehat.Penelitian dari American Society for Nutrition menunjukkan bahwa senyawa quercetin pada bawang merah berkaitan langsung dengan tekanan darah juga kinerja jantung.

8. Mempercepat metabolisme tubuh
Dalam hal ini bawang merah sangat berperan aktif dalam hal metabolisme lemak,protein dan juga karbohidrat yang diperoleh dari asupan makanan sehari-hari,Metabolisme yang cepat di rasa baik untuk mengontrol berat badan,selain itu lemak dan karbohidrat yang ada dengan cepat di olah menjadi asupan energi tambahan untuk tubuh sebagai sumber tenaga.

9. Mengobati masuk angin anak
Bawang merah mentah bersifat hangat jika masuk kedalam tubuh dan juga menyentuh kulit,Dalam hal ini orang-orang zaman dahulu sering memanfaatkan bawang merah untuk mengobati masuk angin,Terutama untuk anak-anak.Bawang merah yang di iris tipis kemudian di beri campuran minyak kelapa,Lalu di oleskan kebagian perut,dada,leher dan punggung anak.Cara ini sangat alami dan untuk mengobati masuk angin pada anak-anak.

10. Menjaga kesehatan kulit
Konsumsi bawang merah sangat bermanfaat untuk menjaga sirkulasi darah ke seluruh tubuh terutama pada bagian bawah kulit,Selai itu vitamin C yang ada juga berguna untuk membentuk jaringan kolagen dasar kulit,Yang nantinya akan berdampak langsung terhadap kesehatan kulit tubuh dari dalam,

11. Menjaga kesehatan tulang
Baru-baru ini Journal of Agriculture and Food Chemistry mengatakan,telah ditemukan senyawa kondrosit di dalam bawang merah,Yang berkaitan langsung terhadap kesehatan tulang rawan dan juga pencegah masalah osteoporosis.Dengan rutin mengkonsumsi bawang merah ini artinya kita sudah membantu menjaga kesehatan tulang kita agar tidak mudah terserang masalah yang berkaitan dengan tulang di masa tua nanti.

12. Mengobati sakit gigi
Bawang merah mentah yang kita kunyah mampu membunuh kuman dan bakteri yang ada pada mulut,bakteri seperti ini biasanya akan merusak gigi secara perlahan,Dengan mengunyah bawang merah 3 sampai 5 menit kita dapat membasmi bakteri yang ada dan juga mampu mengobati sakit gigi secara alami.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan begitu berlimpah,selain digunakan sebagai bumbu masakan dan penyedap bawang merah juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal alami.Di cina khasiat bawang merah sudah di kenal luas,biasanya digunakan untuk mengobati alergi,batuk,pilek,flu dan juga demam.Demikian ulasan kali ini ,semoga bisa menjadi informasi dan manfaat untuk kita semua,Tetap sehat dan terus berkarya.

Ketahui juga : manfaat bawang bombay untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top