0
Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh diet hingga bayi - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh diet hingga bayi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat kacang, Artikel manfaat sayuran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh diet hingga bayi
link : Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh diet hingga bayi

Baca juga


Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh diet hingga bayi

ads disini
ads disini

Kacang merah salah satu jenis kacang-kacangan yang ada,Memang keberadaan nya tidak sepopuler manfaat kacang hijau juga kacang kedelai,Kacang dengan jenis polong-polongan ini bisa didapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional juga swalayan.

Bagi masyarakat melayu,Khususnya daerah sumatra,kacang merah ini tidak asing lagi,Biasa diolah menjadi masakan berkuah dengan santan,Atau juga diolah menjadi sup dan campuran makanan dari bahan daging sapi.Tekstur dan rasanya yang gurih cocok dipadukan dengan masakan bersantan.

Manfaat kacang merah sama halnya dengan kacang-kacangan jenis lain,Kaya akan serat juga sumber nutrisi baik untuk tubuh,Dikenal juga sebagai sumber protein hewani yang cukup baik sebagai pengganti daging atau tekur dan ikan.

Di indonesia keberadaan kacang merah memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi,Tak jarang di buru sebagai bahan makanan sehari-hari oleh masyarakat,harga yang relatif murah namun kaya akan zat gizi yang mampu menopang kesehatan tubuh.

Kacang merah mengandung tinggi senyawa antioksidan didalam nya,komponen penting untuk kesehatan tubuh yang berhubungan dengan daya tahan tubuh juga pencegah radikal bebas,Selain itu kaya mineral seperti magnesium, fosfor, zat besi, selenium, seng, serat dan kalium.

Kacang merah juga mengandung sejumlah vitamin B kompleks,vitamin C,vitamin E dan vitamin K.Sehingga sangat baik jika dikonsumsi,Dalam hal ini konsumsi kacang merah pada anak-anak sangat disarankan,Terutama bagi bayi,Mineral yang beragam membatu proses tumbuh kembang bayi sejak mulai belajar konsumsi makanan.

Tak jarang juga para orang tua mengolah kacang merah ini menjadi bubur bayi atau nasi tim,Dilihat dari kandungan yang ada memang cukup bermanfaat untuk kesehatan bayi juga perkembangan fungsi otak.Dan juga membatu proses metabolisme tubuh bayi dan anak-anak.

Komponen yang bisa diperoleh dari 100 grm kacang merah sebagai berikut,Mulai dari Kalori 336 kal protein 23,1 g,Lemak 1,7 g,Karbohidrat 59,5 g,Kalsium 80 mg,Fosfor 400 mg,Besi 5,0 mg,Vitamin B1 0,6 mg,Air 12 g.

Masing-masing komponen pendukung tersebut memiliki perannya tersendiri,Seperti protein yang mampu mempercepat metabolisme tubuh,menjaga masa otot juga sumber energi yang dibutuhkan tubuh orang dewasa juga anak-anak.

Dalam prosesnya,Kacang merah yang kaya akan serat banyak disarankan para pelaku diet sebagai menu sarapan,Serat yang ada memang benar membatu mengontrol berat badan,Jenis kacang merah juga cukup padat,jika dikunyah seperti ada unsur tepung nya,Sehingga dapat mengenyangkan dengan cepat.Di tambah lagi vitamin juga mineral yang berlimpah sangat mendukung tubuh saat diet,Menjaga tubuh tetap bugar,dan juga tidak mudah lemas.


Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh diet hingga bayi
Dalam jangka yang panjang jika dikonsumsi dengan baik dan takaran yang wajar,Kacang merah memiliki khasiat mengatasi beberapa penyakit berbahaya tertentu yang berpotensi menyerang tubuh.

Berikut ini rangkuman singkat manfaat kacang merah yang dilihat dari kandungan vitamin juga mineral yang ada.

Manfaat kacang merah


1. Menu MPASI untuk bayi.
Pengolahan kacang merah sebagai menu MPASI bayi bukan tanpa alasan,Dikarenakan kacang-kacangan jenis ini kaya serat juga sumber protein yang sangat baik,Serat yang anda membatu kesehatan pencernaan bayi sedangkan protein yang ada mempercepat metabolisme tubuh juga tumbuh kembang fungsi kognitif bayi.Mineral dan senyawa lainnya mempercepat respon pada bayi sehingga bayi menjadi lebih aktif.

Untuk mengolah kacang merah menjadi menu MPASI cukup sederhana saja.Berikut resep dan caranya :

7 sdm beras,kita cuci hingga bersih.
70 gr kacang merah segar.
1,5 sdm daging sapi cincang.
750 ml air.
1 sdm bawang bombai yang sudah kita cincang halus

Cara membuat nasi tim kacang merah:

- Masak terlebih dahulu beras dan kacang merah dengan hingga air terserap habis dan cukup empuk.
- Lalu kita bisa masukkan daging sapi cincang dan bawang bombai sambil di aduk-aduk.Masak hingga daging matang dan empuk.
-Setelah empuk angkat dan tuang nasi ke dalam wadah,kita kukus atau tim selama 30 menit,Dirasa sudah cukup lembut segera sajikan.

2. Menu diet sehat
Jika ingin memanfaatkan kacang merah sebagai menu diet kita bisa mengolah kacang tersebut menjadi jus yang menyehatkan,Atau juga disajikan sebagai menu makanan utama.Berikut ini resep nya.

Resep diet kacang merah

  • 5 sdm kacang merah
  • 1 potong jagung manis
  • Satu genggam bayam
  • 1 potong mentimun
Bahan yang ada bisa kita kukus atau juga direbus saja,Jangan di campur perasa,seperti garam atau juga gula.biarkan rasa alami dari bahan yang ada saja,Cara ini banyak diadaptasi para pelaku diet mayo,Menu ini efektif menurunkan berat badan 5 hingga 7 kg.

Manfaat kacang merah bukan hanya untuk diet juga bayi,Potensi kebaikan yang bisa kita peroleh dari mineral juga vitamin yang ada sangat luar biasa berlimpah untuk tubuh,Berikut beberapa manfaat nya untuk kesehatan secara menyeluruh.

1. Mencegah diabetes
Kacang merah mengandung tinggi asam folat,karbohidrat komplek dan juga kalium yang secara keseluruhan mempengaruhi indeks glikemik di dalam tubuh,Manfaatnya mengontrol kadar gula darah didalam tubuh secara tidak langsung,Hal ini merupakan satu keuntungan besar bagi para penderita diabetes.

2. Baik untuk jantung
Sumber mineral yang menonjol pada manfaat kacang merah ini ialah unsur potasium nya,Hal ini telah diteliti beberapa ahli yang berhubungan dengan jantung,Meski potasium tidak memberikan efek penyembuh pada jantung setidaknya potasium mampu menjaga detak jantung selalu optimal dan juga normal.

3. Menurunkan resiko kanker
Kacang merah gudangnya vitamin dan juga mineral penting yang diperlukan tubuh untuk metabolisme yang lebih baik,Vitamin yang ada menjadi komponen dasar untuk membentuk antioksidan yang kuat yang mampu mencegah dan mengurangi resiko kanker.Studi kasus yang ada serat juga berperan aktif dalam pencegahan kanker.

4. Sumber energi tubuh
Kacang dengan nama ilmiah Phaseolus vulgaris L sumber karbohidrat,protein juga zat besi,Yang keseluruhan nya jika diserap oleh tubuh akan menjadi energi tambahan yang baik.Zat besi juga bermanfaat dalam mengatasi gejala anemia yang menyebabkan tubuh lemas dan hilangnya nafsu makan.

5. Baik untuk saraf dan otak
Komponen vitamin B kompleks pada manfaat kacang merah berguna untuk perkembangan kognitif dan juga fungsi saraf,Jika dikonsumsi anak-anak sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak,juga daya ingat anak.Mempertahankan memori ingatan jangka panjang juga jangka pendek.

6. Menjaga kesehatan tulang
Selain sumber dari protein nabati,Kacang merah juga tinggi kalsium dan posfor,Yang secara tidak langsung meningkatkan kepadatan tulang dari dalam,menjaga tulang tetap kuat dan menjauhkan dari gejala osteoporosis.

7. Regenerasi sel darah merah
Kandungan zat besi juga komponen penting dari vitamin B yang ada merupakan unsur penting dalam produksi hemoglobin didalam tubuh.Sumber nutrisi yang dihasilkan membantu sintesis DNA dan RNA,Yang juga berkaitan dengan resiko kesehatan jantung,Dalam hal ini tngkat homocysteine dalam arteri mampu ditekan.

Cara mengolah kacang merah


- Kacang merah termasuk kacang-kacangan yang tinggi kandungan gas didalamnya,Untuk mengolahnya ada baiknya kacang merah di rendam terlebih dahulu selama 1 malam setelah itu air rendaman di ganti dan rendam lagi selama 12 jam agar kandung gas yang ada menyusut.

-.Usahakan memasak kacang merah hingga lembut dan empuk jangan setengah matang untuk menghilangkan kadar gas yang ada.

Demikian ulasan manfaat kacang merah untuk kesehatan kali ini,Semoga artikel ini bisa menjadi informasi juga manfaat untuk pembaca yang datang,Jangan lupa bagikan artikel ini agar semua tahu kan manfaat yang ada dari kacang jenis ini.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Manfaat kacang polong untuk kesehatan Ibu hamil juga bayi

ads disini

Posting Komentar

 
Top