0
Asal usul dan mitos 9 MANFAAT kangkung untuk kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Asal usul dan mitos 9 MANFAAT kangkung untuk kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat sayuran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Asal usul dan mitos 9 MANFAAT kangkung untuk kesehatan tubuh
link : Asal usul dan mitos 9 MANFAAT kangkung untuk kesehatan tubuh

Baca juga


Asal usul dan mitos 9 MANFAAT kangkung untuk kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat kangkung termasuk sayuran hijau yang cukup mudah di jumpai di indonesia,Mungkin bagi kita semua,kangkung salah satu sayuran favorit untuk lauk makan sehari-hari.Sayuran ini umum diolah menjadi tumisan,Teksturnya yang kranci jika di tumis menyatu dengan lidah dan menambah nafsu makan.

Mungkin sebagian orang mengenal kangkung sebagai sayur yang menyebabkan kantuk,Hal tersebut benar-benar terjadi atau hanya mitos belaka.Sampai saat ini belum ada penelitian pasti,Jika mengkonsumsi kangkung dapat menyebabkan kantuk.

Jika di lihat dari sisi lain,Kangkung mengandung tinggi mineral kalium,Yang mana jika kalium ini masuk kedalam tubuh dalam jumlah besar akan mengurangi tekanan darah,Hal tersebut yang menyebabkan efek kantuk.Namun masalah ini tidak berlaku di dalam tubuh setiap orang,Saat daya tahan tubuh kuat efek ini tidak akan terasa.

Jika kita tarik garis lurus,Kangkung merupakan sayuran yang banyak diolah menjadi bahan makanan,Hampir bisa dikatakan sayuran ini banyak penggemarnya,Mungkin efek kantuk bisa terjadi dikarenakan kita terlalu kenyang,Namun secara keseluruhan belum ada data pasti akan mitos yang satu ini.

Terlepas dari semua itu,Kangkung kaya akan vitamin dan juga mineral penting untuk tubuh,Dikarenakan jenis sayuran hijau manfaat kangkung yang ada sama halnya dengan sayur-sayuran lainnya.Sudah jelas kangkung kaya akan serat didalam nya.

manfaat kangkung untuk kesehatan
Selain itu kangkung juga mengandung unsur vitamin A, B, C, fosfor, zat besi,serat,selenium,asam amino dan kalsium,Yang menjadikan sayuran ini bermanfaat untuk tubuh,jenis vitamin yang ada bisa kita pertimbangkan sebagai menu asupan sehari-hari yang sehat.

Asal-usul kangkung

Konon kangkung sudah tumbuh di dataran asia sejak ribuan tahun yang lalu,Menyebar dengan cepat ke india,dan juga dataran asia timur dan tenggara termasuk indonesia.Kangkung yang sering kita temukan ada dua jenis,Yaitu kangkung air dan juga kangkung darat,Kedua jenis kangkung ini yang membedakan hanyalah bentuk daun nya saja,dari rasa dan manfaat sepertinya sama saja.

Agar kita tidak ragu lagi akan manfaat kangkung yang satu ini,Berikut rangkuman kesehatan yang bisa kita peroleh dari konsumsi kangkung yang dilihat dari beberapa sumber vitamin dan mineral yang ada.Berikut ini ulasan nya.

Manfaat kangkung bagi kesehatan


1. Sumber asam folat
Kangkung sama halnya dengan manfaat bayam,Sayuran yang dengan daun berwarna kegelapan,Ciri ini menandakan jika sayuran tersebut mengandung asam folat yang cuku berlimpah,Seperti kita ketahui jika folat memiliki manfaat yang begitu luas,mulai dari ibu hamil,kesehatan janin,sumber nutrisi tubuh juga pengontrol daya tahan tubuh.

2. Sebagai sumber serat
Kangkung kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh,Manfaat serat yang ada sangat beragam,Serat merupakan mineral penting yang mampu menyehatkan saluran pencernaan,Membersihkan usus besar dari kotoran juga melancarkan BAB,Serat juga berguna untuk mencegah kolesterol,Mengatur kadar gula darah,menjaga kesehatan kulit serta mencegah dari resiko diabetes tipe 2.

3. Mengandung zat besi
Sayuran kangkung sumber zat besi yang murah meriah,Sayuran ini bisa kita dapat dengan mudah di pasar-pasar tradisional.Zat besi merupakan komponen pendukung yang amat penting dalam hal pembentukan hemoglobin atau juga sel darah merah.Salah satu mineral yang berguna untu mengatasi masalah anemia gejala kurang darah.Selain mengatasi anemia zat besi juga berguna sebagai menyuplai oksigen ke seluruh tubuh,mulai dari otot hingga otak serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

4. Pencegah diabetes
Kangkung termasuk sayuran yang indek glikemik nya cukup baik untuk megontrol kadar gula di dalam darah,Jika di konsumsi dengan baik dan benar kangkung bisa bersahabat bagi penderita diabetes.

5. Kangkung mengandung kalium
Manfaat kangkung yang satu ini sebagai sumber kalium yang di perlukan oleh tubuh,Kalium berperan untuk memberi asupan cairan elektrolit di dalam tubuh juga berguna dalam hal mengontrol detak jantung yang normal hingga tekanan darah didalam tubuh.

6. Menjaga daya tahan tubuh
Komponen vitamin seperti A,C dan juga B komplek yang ada didalam sayuran kangkung menjadi kesatuan aktif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari dalam,Hal ini berkaitan dengan sistem imun tubuh sebagai pencegah dari serangan virus juga bakteri.Saat musim penghujan mengkonsumsi kangkung sangat baik,Manfaat yang ada mampu mencegah gejala flu yang berkaitan erat dengan masalah daya tahan tubuh yang menurun.

7. Menjaga fungsi saraf
Manfaat kangkung berkaitan dengan komponen vitamin B yang ada,Seperti B6 dan juga B1,B2,Yang secara keseluruhan memiliki peran untuk menjaga fungsi saraf tubuh selalu bekerja dengan baik dan normal.Hal ini berhubungan erat dengan kinerja saraf pada otak juga saraf pusat.Vitamin B kompleks yang nya mampu mempertahankan fungsi kognitif.

8. Baik untuk ibu hamil
Kangkung sayuran hijau yang baik dikonsumsi ibu hamil juga menyusui,mineral penting seperti vitamin B6,vitamin C juga A  yang ada pada kangkung merupakan sumber nutrisi yang sangat baik,Melancarkan asi pada ibu hamil juga memperkaya sumber gizi yang di butuhkan saat kehamilan berlangsung.

9. Bermanfaat untuk mata
Kangkung mengandung unsur vitamin A,Meskipun tidak sebanyak yang di temukan pada manfaat wortel,Namun kangkung cukup produktif sebagai tambahan asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata.Seperti kita ketahui jika komponen penting untuk menjaga kesehatan mata bisa kita dapat dari sayuran atau juga buahan yang kaya vitamin A.

Demikian dahulu ulasan kali ini seputar manfaat kangkung untuk kesehatan,Artikel ini bertujuan sebagai wawasan dan informasi untuk kita semua,Jika ada hal yang berkaitan dengan gejala kesehatan ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli.Tetap sehat dan terus berkarya.

Ketahui juga : kandungan gizi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top