0
Manfaat buah sukun untuk kesehatan yang banyak dicari orang - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat buah sukun untuk kesehatan yang banyak dicari orang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat buah sukun untuk kesehatan yang banyak dicari orang
link : Manfaat buah sukun untuk kesehatan yang banyak dicari orang

Baca juga


Manfaat buah sukun untuk kesehatan yang banyak dicari orang

ads disini
ads disini

Manfaat buah sukun - Tahukah kamu apa itu buah sukun,Buah sukun termasuk tanaman buah dengan bentuk bulat dan kulit bersisik halus di bagian luar nya,sekilas mirip dengan buah nangka namun sangat berbeda jauh sekali.Buah sukun tidak memiliki biji,daging buah nya cenderung empuk seperti ubi.Dengan tekstur serat halus di dalam nya.

Di indonesia buah sukun mudah kita jumpai di beberapa daerah bahkan menjadi salah satu makanan konsumsi yang enak,Buah sukun bisa diolah dengan cara di goreng atau direbus hingga menjadi bahan campuran kue seperti cake dan bahan dasar pembuatan es krim.Tekstur buah sukun yang khas memberikan cita rasa tersendiri jika masuk menyentuh lidah kita.

Buah sukun pada zaman dahulu dimanfaatkan sebagai makanan utama,karena tekstur nya mirip seperti roti jika sudah digoreng,Maka di daerah eropa buah ini banyak juga di panggil sebagai buah roti,Konon buah sukun berasal dari kepulauan nusantara hingga papua,Sejak bangsa eropa masuk ke nusantara buah ini dibawa dan menyebar hingga kesana.

Di balik semua itu,Menurut sumber usda nutrient database buah dengan nama ilmiah Artocarpus altilis ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang beragam yang bagus untuk sumber nutrisi tubuh,diantara nya sebagai berikut :

Kandungan nutrisi buah sukun per 100 grm


  • Air, g, 59.30
  • Energi, kkal, 168
  • Protein, g, 5.30
  • Total lipid (lemak), g, 2.30
  • Karbohidrat, oleh perbedaan, g, 32.00
  • Serat, jumlah makanan, g, 4.8
  • Kalsium, Ca, mg, 61,17
  • Besi, Fe, mg, 0.60
  • Magnesium, Mg,50,14
  • Fosfor, P, mg, 124,35
  • Kalium, K, mg, 875
  • Sodium, Na, mg, 23,7
  • Seng, Zn, mg, 0.83
  • Vitamin C, asam askorbat total, mg, 6.1
  • Thiamin, mg, 0.290
  • Riboflavin, mg, 0.170
  • Niacin, mg, 5.300
  • Vitamin B-6, mg, 0.298
  • Folat, DFE, ug, 49
  • Vitamin B-12, ug, 0.00
  • Vitamin A, RAE, ug, 12,3
  • Vitamin A, IU 238


Bisa kita lihat diatas,Betapa berlimpah nya vitamin hingga mineral yang ada pada buah sukun tersebut,Maka tak salah jika buah sukun banyak disukai,Selain karena rasa nya yang enak juga manfaat nya untuk tubuh yang berpotensi baik untuk kesehatan.Adapun manfaat lain nya dari buah sukun tersebut dibawah ini.

Manfaat buah sukun untuk kesehatan


Manfaat buah sukun untuk kesehatan tubuh

1. Manfaat buah sukun untuk penderita diabetes
Apa itu diabetes ?.Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis menahun dalam jangka yang lama yang terjadi jika fungsi pankreas tidak lagi memproduksi cukup insulin yang dibutuhkan tubuh atau ketika tubuh tidak lagi efektif menggunakan insulin sebaik mungkin.Penyakit diabetes sering ditandai dengan gejala awal kadar gula darah tidak stabil atau diambang batas normal yang dibutuhkan tubuh.

Dalam buah sukun setidak nya terdapat Magnesium Mg,50,14.Yang mana magnesium tersebut mampu merangsang reaksi kimia dalam tubuh dan membantu meningkatkan insulin yang berdampak kadar gua darah dalam tubuh dapat dikontrol.Selain itu vitamin C,vitamin E dan vitamin D didalam buah sukun memiliki peran antioksidan alami yang diperuntukkan memperbaiki neuropati diabetes.

Apa yang harus dilakukan jika tubuh mulai terserang diabetes,Hal yang wajib dilakukan ialah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli,Agar kita mengetahui dan dapat mengontrol pola makan,agar mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan apa saja yang baik untuk penderita diabetes.Makanan yang terbuat dari biji-bijian yang kaya karbohidrat kompleks seperti nasi merah,kentang,roti dan sereal.Sayuran yang baik dikonsumsi ialah brokoli dan bayam.Buah-buahan segar seperti buah sukun,kawista,aprikot,kiwi dan apel.

2. Khasiat buah sukun untuk ginjal
Buah sukun mengandung senyawa saponin,polifenol, asam hidrosianat, kalium,Fungsi kalium mampu melebur membuat batu ginjal larut hingga keluar bersama urin.Selain itu Buah sukun bersifat Diuretik yang mampu meningkatkan produksi urin.

3. Manfaat buah sukun untuk ibu hamil
Selain manfaat yang telah disebutkan diatas,buah sukun jika mengandung berbagi vitamin dan mineral yang diantara nya ialah vitamin C,Vitamin A dan sejumlah Asam folat.Ketiga jenis vitamin tersebut memiliki peran masing untuk ibu hamil yakni:

Manfaat vitamin C pada buah suku untuk ibu hamil : Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang paling banyak ditemukan pada buah,Manfaat nya untuk ibu hamil yaitu Vitamin C membantu perkembangan fungsi kognitif pada janin selain itu vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi,yang mana zat besi sangat penting untuk ibu hamil mampu mengatasi anemia,Gejala umum pada masa kehamilan.Vitamin C juga memiliki peran dalam pembentuk jaringan tulang,Sehingga menghidarkan ibu hamil dari gejala sakit tulang belakang.

Manfaat vitamin A pada buah sukun untuk ibu hamil : Vitamin A yang ada pada buah sukun selain baik untuk indera penglihatan juga memiliki peran meningkatkan kinerja otak bayi,yang paling utama dari manfaat vitamin A ialah membantu dalam pertumbuhan embrio janin,Yang berdampak janin akan lebih kuat dan sehat,Selain itu Vitamin A juga membantu mengembangkan sistem tubuh seperti pernapasan,jantung dan sistem saraf pusat.

Manfaat asam folat pada buah sukun untuk ibu hamil : Selain vitamin C dan A,Buah sukun juga kaya asam folat nya,Asam folat sendiri sangat penting untuk menunjang masa kehamilan.Yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin nya,Asam folat yang tercukupi saat masa kehamilan berlangsung,Mampu mencegah bayi lahir cacat mental hingga fisik.

4. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Serat yang tinggi pada buah sukun,Membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat,Karena serat mampu mengikat lemak pada dinding arteri serta melancarkan sistem pembuangan sehingga berimbas pada BAB yang menjadi rutin dan teratur.Cocok untuk anda yang sedang menjalankan program diet.Buah sukun bisa menjadi alternatif asupan makanan sehat yang dibutuhkan.

5. Mencegah radikal bebas
Kombinasi vitamin dan mineral di dalam buah sukun mampu mengaktifkan antioksidan dalam tubuh manusia sehingga keberadaan antioksidan tersebut berperan mencegah serangan radikal bebas dari luar yang disebabkan oleh polusi udara,sinar ultraviolet (UV) hingga radiasi sinyal elektronik.Yang berdampak merusak struktur jaringan sel tubuh,Yang berpotensi terjadinya berbagai penyakit,seperti kanker dan tumor.

Demikian sekilas ulasan kali ini mengenai manfaat buah sukun untuk kesehatan tubuh manusia,Semoga dapat menjadi informasi menarik dan memberi wawasan untuk kita semua.

Baca juga : Manfaat buah strawberry untuk kecantikan

ads disini

Posting Komentar

 
Top