0
Manfaat buah mentimun untuk kesehatan dan kecantikan (TOP 10) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat buah mentimun untuk kesehatan dan kecantikan (TOP 10), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kecantikan, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat buah mentimun untuk kesehatan dan kecantikan (TOP 10)
link : Manfaat buah mentimun untuk kesehatan dan kecantikan (TOP 10)

Baca juga


Manfaat buah mentimun untuk kesehatan dan kecantikan (TOP 10)

ads disini
ads disini

Manfaat buah mentimun - Buah dengan bentuk panjang dan bulat ini termasuk tumbuhan musiman yang merambat,Banyak dibudidayakan untuk diambil buah nya,Kalangan masyarakat luas pasti sudah paham akan rasa dan tekstur buah ketimun yang satu ini,Keberadaan nya kerap hadir di meja makan sebagai pelengkap setia lauk pauk utama sebagai lalapan.

Melihat mitologi buah mentimun ini,Kabarnya berasal dari pegunungan himalaya di india utara,sejak itulah buah ketimun mulai menyebar cepat hingga ke seluruh dunia,Bahkan hingga saat ini buah mentimun menjadi salah satu hidangan yang ada di hampir setiap masakan diseluruh dunia,Misal saja di indonesia,Kita sering menemukan buah ini menjadi lalapan atau campuran rujak segar,Di eropa dan negara barat lain nya buah mentimun diolah menjadi salad buah yang menyehatkan.

Selain itu buah mentimun juga banyak disukai karena banyak mengandung air sama halnya dengan manfaat buah semangka.yang notabene nya kaya akan kandungan air nya,Maka buah mentimun menyegarkan sekali untuk dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu.

Kandungan gizi buah mentimun begitu berlimpah yakni hampir keseluruhan buah mentimun mengandung air,Daging nya yang renyah sarat akan vitamin C,vitamin A,vitamin K,thiamin, riboflavin, B-6, Asam folat,asam pantotenat,kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga,magnesium, kalium dan mangan.

Banyak mitos yang beredar di masyarakat luas akan buah mentimun yang satu ini,Namun dilihat dari beragam vitamin hingga gizi yang ada di dalam nya tak salah jika buah timun bermanfaat baik untuk kesehatan,Berikut manfaat buah mentimun untuk kesehatan tubuh secara  keseluruhan dilihat dari jenis-jenis vitamin dan mineral yang ada didalam nya.

Manfaat buah mentimun untuk kesehatan dan kecantikan


Kandungan nutrisi per 100 grm buah mentimun
  • Glukosa 1,67 gram
  • Karbohidrat 3,63 gram
  • Serat  0,5 gram
  • Riboflavin (Vitamin B2) 0,033 mg
  • Niacin (Vitamin B3) 0,098 mg
  • Asam Pantothenic (Vitamin B5) 0,259 mg
  • Thiamin (Vitamin B1) 0,027 mg
  • Vitamin B6 0,040 mg
  • Lemak 0,11 gram
  • Protein 0,65 gm
  • Vitamin C 2,8 mg
  • Asam Folat (Vitamin B9) 7 μg
  • Zat besi 0,28 mg
  • Calcium 16 mg
  • Magnesium 13 mg
  • Fosfor 24 mg
  • Zinc  0,20 mg
  • Potassium 147 mg

Manfaat buah mentimun untuk kesehatan bahkan kecantikan

1. Menjaga pencernaan yang sehat
Buah berwarna hijau muda ini dikaruniai kandungan air yang berlimpah,Selain itu tidak ada lemak dan kolesterol,Baik di konsumsi untuk mengatasi sembelit parah yang kerap muncul.Serat yang berlimpah memiliki kegunaan untuk mengikat lemak pada saluran pencernaan,yang bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan dari dalam.

2. Membasmi racun dalam tubuh
Buah mentimun bersifat dingin,air yang ada didalam nya berlimpah membantu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urin,Sedangkan buah mentimun bersifat diuretik ringan.Sehingga mampu melancarkan urin dan membasmi racun.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Adanya kandungan vitamin C pada buah timun memberikan peran antioksidan yang berguna meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebuh tahan dari berbagai serangan penyakit ringan seperti flu,demam dan batuk,Buah mentimun juga bersifat anti inflamasi yang berguna mencegah radang pada tenggorokan.

4. Mencegah dehidrasi
Masalah dehidrasi emang terlihat sepele namun dibalik itu tersimpan dampak yang yang menyeramkan,Di ketahui jika tubuh terlalu lama dehidrasi dapat menyebabkan kerusakan pada otak bahkan kematian,Tubuh manusia terdiri dari 75 persen cairan tubuh,atau dikenal cairan elektrolit.Buah mentimun yang kaya vitamin hingga air nya mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang.sehingga mampu mencegah dehidrasi.

5. Menjaga kesehatan mata
Selain dikonsumsi buah mentimun kerap dijadikan oleh sebagian kaum hawa sebagai masker pada bagian mata,untuk menghilangkan keriput,menyegarkan mata,hingga menghilangkan kantong hitam di bawah mata.Di tambah lagi vitamin A yang ada dilam nya,Sehingga buah timun setara manfaat nya untuk mata sama halnya dengan sayuran wortel.

6. Peremajaan kulit tubuh
Buah mentimun yang kaya vitamin ini dipercaya mampu meremajakan kulit tubuh,Tak sedikit pula salon-salon kecantikan wanita yang menawarkan treatment ini,Mengolah buah timun menjadi masker atau lulur untuk merawat kulit.senyawa asam askorbat di dalam nya bersinergi dengan vitamin E mampu merevitalisasi kulit secara alami.

7. Baik dikonsumsi ibu hamil
Folat pada buah mentimun salah satu sumber mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil.Yang bermanfaat untuk kesehatan janin di dalam kandungan.serta membantu metabolisme tubuh ibu hamil,Karena pada dasar nya ibu hamil membutuhkan banyak asupan gizi.Selain itu di dalam buah ketimun terdapat kandungan vitamin C yang dapat membantu penyerap sel darah merah lebih optimal yang berkhasiat mencegah anemia.

8. Menjaga kesehatan kulit wajah
Buah mentimun jika dimanfaatkan lebih optimal lagi untuk kecantikan bayak manfaat nya,Salah satunya baik untuk kesehatan wajah,Kita dapat mengolah buah mentimun menjadi masker wajah,yang mana masker tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi kadar minyak pada wajah,mengatasi keriput halus pada dahi,hingga menghilangkan komedo dan jerawat yang membandel.Maka tak salah jika banyak kaum wanita yang memanfaatkan buah mentimun ini sebagai media kecantikan alami mereka.

9. Menjaga kesehatan otot dan persendian
Dalam buah mentimun terdapat mineral yang disebut silikat yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan jaringan seperti otot,tendon,ligamen,tulang rawan dan tulang keras.Maka buah mentimun banyak dianjurkan dikonsumsi untuk pemulihan yang lebih cepat pasca cidera otot. (Rekomendasi banget buat para atlet)

10. Menjaga kesehatan tulang
Kalsium yang terdapat pada mentimun sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tulang,kepadatan tulang hingga syaraf.Di dukung lagi oleh vitamin K yang ada di dalam nya,Sehingga mampu mencegah penyakit osteoporosis dan mencegah resiko berbagai penyakit syaraf seperti Alzheimer.

Semua manfaat diatas tampa pernah kita sadari akan kita peroleh jika rutin mengkonsumsi buah mentimun tersebut,Pastinya di imbangi pula dengan berbagai asupan makanan sehat lain nya.Demikian ulasan singkat kali ini mengenai manfaat buah mentimun,Semoga bisa menjadi informasi hingga wawasan baru bagi kita semua.

Baca juga : Manfaat buah terong ungu untuk kesehatan hingga kecantikan wanita

ads disini

Posting Komentar

 
Top