0
Manfaat buah buni untuk kesehatan tubuh (Ada 12 yang wajib anda tahu) - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat buah buni untuk kesehatan tubuh (Ada 12 yang wajib anda tahu), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat buah buni untuk kesehatan tubuh (Ada 12 yang wajib anda tahu)
link : Manfaat buah buni untuk kesehatan tubuh (Ada 12 yang wajib anda tahu)

Baca juga


Manfaat buah buni untuk kesehatan tubuh (Ada 12 yang wajib anda tahu)

ads disini
ads disini

Manfaat buah buni - Buah buni atau wuni ini memang tidak semua orang mengenal nya,Karena buah buni saat-saat ini sudah cukup jarang ditemukan.Buah ini mungkin pada era tahun 90an banyak dijual oleh pedagang keliling,atau juga dijadikan sebagai campuran rujak buah yang segar.Namun keberadaan buah ini cukup sulit untuk didapatkan saat ini.

Buah buni termasuk buah musiman,Dengan bentuk buah-bulat kecil merumpun yang terdiri dari 30 sampai 35 buah,Rasa nya cukup asam jika belum matang dan cukup manis jika sudah matang,Warna buah nya merah kekuningan jika matang menjadi hitam keunguan.Pohon buni terbilang rindang,Bahkan bisa tumbuh hingga 35 meter lebih.Batang nya besar dan kokoh dengan bentuk daun yang runcing.

Menurut wikipedia,Buah buni dalam arti kata ilmu pertanian adalah buah berdaging dengan bentuk kecil,tercipta dari bakal buah tunggal nya.

Manfaat buah buni beragam,Salah satunya dari pohon nya,Pohon nya besar banyak ditebang dan dijadikan bahan bangunan seperti pintu,kusen dan jendela atau furniture rumah tangga,Maka dari itu buah ini sudah jarang ditemukan ,Pemanfaatan buah nya kurang optimal.Buah buni kebanyakan tumbuh di hutan liar,pohon nya yang besar cocok untuk sarang beberapa hewan,Karena banyak tumbuh di hutan buah ini juga banyak dikonsumsi hewan,Seperti burung,kera,tupai dan sebagai nya.

Rasa buah buni yang menyegarkan memang berbeda dari buah lain nya,Pada zaman nya buah buni menjadi buah favorit untuk diolah menjadi rujak,Biji buah buni yang sedikit kelat memang menjadi ciri khas buah ini,Sehingga jika di makan dengan cara di olah menjadi rujak memang memberikan sensasi yang berbeda di lidah kita.

Buah buni konon katanya tanaman buah asli indonesia,yang di seluruh pulau di indonesia bisa dijumpai,Namun tanaman buah ini juga bisa ditemukan di daerah lain nya,seperti india dan filipina.Terlepas dari semua itu,Di balik rasa buah buni yang menyegarkan terdapat manfaat yang hebat untuk kesehatan tubuh manusia.Buah buni juga kaya akan nutrisi,yang diantara nya :

Manfaat buah buni untuk kesehatan tubuh


Kandungan nutrisi per 100 grm buah buni
  • Protein 0,75 g
  • Ash 0,57-0,78 g
  • Kalsium 0,12 mg
  • Fosfor 0,04 mg
  • Besi 0,001 mg
  • Tiamin 0.031 mg
  • Riboflavin 0,072 mg
  • Niacin 0,53 mg

Manfaat buah buni untuk kesehatan tubuh

1. Metabolisme tubuh
Buah buni dengan rasa yang menyegarkan memiliki efek farmakologis yang bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh,peluruh keringat dan membuang racun,serta mampu mencegah dehidrasi.Maka mengkonsumsi buah buni baik untuk menjaga metabolisme tubuh kita.

2. Sebagai antioksidan tubuh
Buah buni yang asam dan manis bersifat anti-oksidatif dan terdapat senyawa catechin.(catechin) adalah segolongan metabolit sekunder yang secara alami dihasilkan oleh tumbuhan dan termasuk dalam golongan flavonoid.Senyawa ini memiliki aktivitas antioksidan.Yang mana antioksidan tersebut berguna untuk mencegah radikal bebas yang berkembang di dalam tubuh.

3. Mengobati Syphilis
Buah buni banyak dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai obat herbal penyembuh penyakit syphilis.cara nya,sediakan 50 butir buah buni,50 lembar daun sabiroto,10 lembar daun pegagang,dan 10 lembar daun paria.Rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi 1 gelas air kemudian campurkan gula batu secukup nya.Ramuan ini bisa anda minum secara rutin untuk penyembuhan,Sumber herbal nenek moyang nusantara.

4. Mencegah saluran kemih
Buah buni bersifat disinfektan jika sudah masuk dalam tubuh yang berperan penting untuk mencegah dari penyakit diare dan mencegah munculnya batu ginjal hingga batu empedu,Mengkonsumsi buah buni segar bermanfaat pula mengurangi gejala saluran kemih.

5. Menjaga tekanan darah
Buah buni berpotensi baik untuk menekan tekanan darah karena index glycaemix nya,Maka baik untuk pencegahan hipertensi.Karena buah buni berefek farmakologis yang bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh,Hingga menjaga jantung tetap sehat.

6. Vaksin alami dari gigitan ular
Sejak lama daun buah buni dikenal masyarakat asia dapat mengeluarkan racun bisa dari gigitan ular,Dengan cara daun nya di haluskan kemudian diletakkan di tempat gigitan ular tersebut,Selain itu buah dan daun nya bisa di minum untuk menekan peredaran bisa menyebar di dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan tulang
Mineral kalsium yang ada pada buah buni mampu menjaga struktur kepadatan tulang di dalam tubuh,Sehingga memberikan efek baik pada tulang,Menguatkan nya dari dalam mencegah tulang cepat keropos sehingga terhindar dari gejala osteoporosis.Di asia buah buni dan daun nya diolah menjadi teh herbal yang diperuntukkan untuk manula/lansia yang mengidap osteoporosis.

9. Mengatasi sembelit
Serat yang tinggi pada buah buni bermanfaat dan berkhasiat mengatasi sembelit,Mengkonsumsi buah buni secara berkala mampu melancarkan proses BAB rutin di pagi hari.Hingga menjaga kesehatan saluran pencernaan.

10. Mencegah berbagai penyakit kronis
Selain buah nya daun buah buni juga banyak dimanfaatkan penduduk lokal setempat sebagai media pengobatan herbal,Daun buah buni mengandung senyawa friedelin yang bermanfaat mencegah hipertensi,mencegah batuk,mengobati anemia hingga gangguan pencernaan.

11. Zat ASH (mineralisasi)
Fungsi ASH pada tubuh yakni menutrisi makanan seperti karbohidrat,protein dan lemak.mengoptimalkan mineral sisa pembakaran makanan yang disebut dengan ASH.Proses tersebut berperan juga dalam pembakaran lemak dalam tubuh.Meningkatkan anti body hingga sistem imun tubuh dan proses metabolisme tubuh lain nya.Zat Ash Tersebut terdapat di dalam buah buni.Per 100 grm buah buni terdapat ASH 0,57-0,78 g konsumsi dari 10 persen yang dibutuhkan tubuh.

12. Mencegah diabetes
Selain itu mineral niasin yang ada didalam buah buni dikenal untuk mengobati diabetes dan mengontrol kadar gula darah yang tinggi.Penderita diabetes dapat secara efektif mengontrol kadar HbA1c dengan bantuan mineral niacin tersebut. (vitamin B-3).

Apakah buah buni baik untuk ibu hamil .?

Belum ada penelitian yang pasti akan manfaat buah ini untuk ibu hamil namun dilihat dari beberapa vitamin dan mineral nya seperti Beta-karoten (vitamin A ) yang terkandung didalam buah buni,Vitamin ini diolah tubuh menjadi antioksidan dan bermanfaat untuk menguatkan embrio janin pada ibu hamil,Selain itu Beta-karoten juga bermanfaat untuk pengembangan berbagai sistem tubuh seperti sistem pernapasan,sistem jantung dan sistem saraf pusat.Juga baik untuk daya tahan tubuh ibu hamil.

Namun perlu diperhatikan,Akar pohon buah ini juga bersifat racun menjadi tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil atau siapa saja.Untuk buah nya dirasa aman,Karena pada dasar nya manfaat buah buni ini banyak dijadikan rujak,Notabene nya makanan yang banyak digemari ibu-ibu hamil.Asalkan dalam batas wajar tidak berlebihan.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat buah buni untuk kesehatan kali ini.semoga memberikan manfaat nyata untuk pembaca sekalian serta memberikan wawasan baru untuk kita.

Baca juga : 16 Manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan (paling top)

ads disini

Posting Komentar

 
Top