0
Manfaat jus mengkudu dan cara membuat jus mengkudu tidak bau - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat jus mengkudu dan cara membuat jus mengkudu tidak bau, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat jus mengkudu dan cara membuat jus mengkudu tidak bau
link : Manfaat jus mengkudu dan cara membuat jus mengkudu tidak bau

Baca juga


Manfaat jus mengkudu dan cara membuat jus mengkudu tidak bau

ads disini
ads disini

Manfaat jus mengkudu - Buah mengkudu dengan nama ilmiah Morinda citrifolia atau juga pace sudah lama diketahui akan manfaatnya yang begitu beragam untuk kesehatan,Sebagian dari kita mungkin tidak sadar jika buah mengkudu banyak tumbuh liar di sekitar tempat tinggal kita.

Buah ini kadang bisa kita jumpai di semak-semak atau perkebunan liar yang ada di dekat rumah,Karena tidak banyak di manfaatkan,kebanyakan dari buah mengkudu matang di pohon menjadi santapan kalong atau kelelawar.

Yang paling populer saat ini dari olahan buah mengkudu ialah noni juice atau jus noni yang dibuat dari ekstrak sari buah mengkudu itu dendiri,Khasiat nya sudah tidak diragukan lagi.Sangat bermanfaat untuk penyembuh berbagai penyakit atau hanya untuk menjaga daya tahan tubuh saja.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah mengkudu ini,tidak hanya dari ekstrak buah nya saja,Kita juga bisa mengolah buah mengkudu menjadi jus yang enak diminum dan tidak berbau.Karena pada dasarnya buah mengkudu memang memiliki aroma yang cukup menyengat dan cukup mengganggu.

Tips nya jika kita ingin membuat jus mengkudu agar tidak bau,Pilihlah buah mengkudu yang sudah benar-benar matang,Namun belum terlalu lembek.Pilih yang masih empuk saja.Ciri buah mengkudu yang sudah matang bisa dilihat dari warna buahnya,Umum nya buah mengkudu yang masih mentah akan berwarna hijau muda,Namun jika sudah matang akan berwarna ke kuningan dan daging buah akan terasa lebih empuk mirip seperti nanas.

Jika sudah menemukan buah mengkudu matang seperti ciri-ciri diatas maka kita sudah siap membuat jus mengkudu yang enak untuk diminum dan tidak berbau menyengat,Tentunya sangat menyehatkan untuk tubuh kita.Berikut resep jus mengkudu yang bisa anda praktekkan dirumah.

Resep membuat jus mengkudu yang enak dan tidak bau


1. Jus mengkudu original

Bahan-bahan jus mengkudu :
  • 4 buah mengkudu matang sudah kita cuci bersih
  • 1 lembar daun pandan,ikat simpul
  • 1 batang kayu manis ukuran jari
  • 500 ml air
  • 3 sdm gula pasir (kalau ada gula batu lebih bagus)
Cara membuat jus :

1. Langkah pertama cuci bersih buah mengkudu yang sudah masak.Lalu potong-potong.Ingat gunakan buah mengkudu matang agar tidak bau nya.

2. Sediakan blender,Kemudian kita haluskan mengunakan blender dengan batuan air.

3. Setelah halus,Kita saring jus mengkudu yang kita haluskan tadi,Gunakan saringan,ambil sari nya saja.

4. Tahap berikutnya,Sediakan panci dan kita rebus sari jus mengkudu tadi,dengan campuran daun pandan,kayu manis dan gula batu atau gula pasir.

5. Gunakan api kecil saja,sambil di aduk-aduk,Jika sudah mendidih jus buah mengkudu original bisa kita sajikan.Minuman jus ini bisa kita simpan di lemari pendingin jika ingin diminum saat dingin,Bisa tahan hingga 4 hari.

2. Jus mengkudu mix buah apel

Bahan-bahan :
  • 2 buah mengkudu matang
  • 1 buah apel
  • 1/2 jeruk lemon
  • Madu secukupnya untuk pemanis
  • Air secukupnya
Cara membuat jus mengkudu buah apel :

1. Kupas mengkudu kemudian buang bijinya dan kita potong-potong.

2. Buah apel kita cuci bersih dan potong-potong juga.

3. Jeruk lemon kita peras ,ambil air nya saja,Sisihkan dahulu.

4. Sediakan blender,Kemudian kita haluskan sampai benar-benar halus halus bersama buah apel dengan batuan air secukupnya.

5. Setelah benar-benar halus dan rata,Kita saring mengunakan saringan jus,Kemudia tuang ke dalam gelas dan tambahkan madu untuk pemanis jus dan sedikit perasan air jeruk lemon yang kita sediakan tadi untuk penambah rasa serta aroma.

6. Jus mengkudu mix aple sudah bisa langsung kita minum.


Manfaat jus mengkudu dan cara membuat jus mengkudu tidak bau

Manfaat jus mengkudu


1. Menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan
Manfaat kedua jus mengkudu di atas sangat beragam,Diantara nya baik untuk menjaga daya tahan hingga stamina tubuh,Cocok juga untuk anak-anak.Konsumsi jus mengkudu dengan rutin di musim hujan sangat baik dan bermanfaat,Karena antioksidan yang begitu tinggi pada jus ini mampu menjaga sistem kekebalan tubuh anak 3 kali lebih kuat,Bagus juga untuk mengobati batuk,pilek dan penambah nafsu makan.

2. Mengoabati penyakit kuning hingga malaria
Selain itu jus mengkudu ini juga mampu mengobati penyakit kuning karena peradangan pada organ hati,Mengobati serangan malaria dan membantu membuang cairan empedu serta kolesterol berlebih.
menurunkan hipertensi, asam urat.

3. Mengobati alergi
Konsumsi jus mengkudu  secara berkala juga mampu mengobati alergi,Yang mana alergi biasa nya disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menurun atau bermasalah,Penyebab alergi beragam,Mulai dari makanan,polusi asap,debu hingga radiasi.mengkudu mengandung senyawa scolopetin,Yang mana jenis senyawa tersebut sangat efektif mengatasi peradangan pada kulit hingga mengobati alergi.

4. Mengobati diabetes
Senyawa penting yang ada seperti proxeronine pada mengkudu sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes kering maupun basah.Berikut ramuan alami untuk mengobati diabetes mengunakan buah mengkudu.

1.Siapkan 3 buah mengkudu mentah,yang warnanya masih hijau
2.Rebus buah mengkudu dengan air secukupnya.Setelah matang sisihkan dan pisahkan dari airnya terlebih dahulu.
3.Haluskan buah mengkudu dengan blender,dan campurkan air bekas rebusan buah mengkudu yang telah kita sisihkan tadi.Campurkan hingga merata.
4.Beri sedikit garam.Dan haluskan lagi hingga rata.
5.Ramuan herbal buah mengkudu sudah siap anda konsumsi.Lakukan cara ini sehari 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatasi insomnia
Konsumsi rutin jus mengkudu di sore hari di yakini mampu memperbaiki siklus tidur,senyawa melatonin dan serotonin yang ada memberikan efek tenang pada syaraf hingga mampu memperbaiki kualitas tidur yang lebih baik,Cocok untuk anda para penderita insomnia atau gejala gangguan tidur malam.

6. Sumber kalium alami
Jus mengkudu tinggi kandungan kalium,Yang mana kalium tersebut sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh,Jus mengkudu sering dimanfaatkan untuk mengobati tekanan darah tinggi,Cobalah konsumsi jus mengkudu secara teratur untuk menjaga tekanan darah anda di ambang normal.

7. Baik untuk pencernaan
Jus mengkudu juga kaya serat dan memiliki sifat seperti pencahar,Sehingga sangat efektif untuk mengatasi sembelit dengan cepat.

8. Pencegah kanker dan sumber antioksidan
Ini dia salah satu manfaat jus mengkudu paling penting dari mengkonsumsi nya,Jus mengkudu sangat kaya akan komponen antioksidan.Senyawa dan vitamin yang ada didalam nya berperan aktif sebagai pembentuk antioksidan alami yang kuat,Mengurangi stres oksidatif untuk melawan radikal bebas serta melawan sel kanker di dalam tubuh.

Baca juga : Cara membuat jus buah manggis dan kulitnya serta manfaatnya

ads disini

Posting Komentar

 
Top